Portal Music

Dream Theater

Dream Theater Akan Rilis Album Live Anyar: Padukan Materi Musik Lawas dan Terkini

  • By:
  • Jumat, 30 October 2020
  • 361 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Kabar baik datang dari unit veteran metal progresif Amerika Serikat, Dream Theater, yang akan segera merilis album live terbaru mereka di pengujung tahun 2020. Karya ini akan menjadi rilisan album live kesembilan mereka sekaligus menandai perjalanan 35 tahun Dream Theater.

Album live ini bertajuk Distant Memories - Live In London yang rencananya bakal rilis pada 27 November 2020. Lagu-lagu dari album ini direkam saat Dream Theater konser di London Hammersmith Apollo, Inggris, pada Februari 2020.

Materi lagu yang ada di album live Distant Memories dikabarkan berasal dari album-album Dream Theater Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory (1999) dan Distance over Time (2019). Di Distant Memories ada lebih dari dua setengah jam musik dengan hampir semuanya terdiri dari karya mereka selama dua dekade terakhir.

Dream Theater yang saat ini digawangi James LaBrie (vokal), John Petrucci (gitar), John Myung (bass), Jordan Rudess (keyboard), dan Mike Mangini (drum), menyebut album live yang mereka rilis tahun ini punya arti besar. Bagi Dream Theater, Distant Memories adalah gambaran bagaimana mereka membangun karier.

"Apakah Anda memiliki kesempatan untuk melihat tur ini secara langsung dan ingin menghidupkan kembali pengalaman konser yang luar biasa atau menikmati penampilan di video ini untuk pertama kalinya. Distant Memories - Live In London dengan sangat akurat dan sangat indah menangkap energi dan kegembiraan kami semua merasa bersama di Apollo Februari lalu," ujar Petrucci.

Distant Memories sendiri merupakan album live pertama Dream Theater sejak terakhir mengeluarkan karya serupa pada 2014 dengan tajuk Breaking The Fourth Wall yang direkam selama konser di The Boston Opera House, Amerika Serikat. Untuk album live Distant Memories, Dream Theater menyediakannya dalam bentuk paket multibox berisi 3 CD dan 2 DVD, digipik 3 CD dan 2 Blu-Ray, deluxe 3 CD + 2 Blu-Ray + 2 DVD Artbook dan 4 LP terbatas, dan box set berisi 3 CD.

Dalam komponen video pada album tersebut juga akan menampilkan behind the scenes saat Dream Theater bersiap sebelum melakukan pertunjukan. Semua format album live Distant Memories sudah tersedia untuk pre-order.

Lebih lanjut, Petrucci menjabarkan perasaan dan pengalaman para personel Dream Theater saat proses penggarapan album live ini. Hal pertama yang membuat mereka puas adalah antusias para penggemar terhadap konsep perpaduan album terbaru Dream Theater, Distance over Time, dengan materi album 20 tahun lalu, Scenes From a Memory.

"Rasanya luar biasa karena desain dari tur (di London) membuat para penggemar sangat bersemangat. Pertama, Distance over Time mendapat respons bagus ketika dirilis, jadi kami sudah mengantisipasi bagaimana membawakannya secara langsung," tutur Petrucci.

"Kemudian Scenes From a Memory adalah salah satu album favorit para penggemar, tapi membawakannya kembali dan menyajikannya ke dalam video merupakan pengalaman yang benar-benar baru. Bahkan jika seseorang melihat konser itu langsung, mereka merasakan sesuatu yang berbeda kali ini."

Di mana ada keinginan, selalu ada tantangan yang menyertai. Hal tersebut dialami Dream Theater selama proses konser terlebih ketika membawakan kembali lagu-lagu lawas yang sangat jarang dimainkan saat mereka manggung. Namun, keinginan keras mereka untuk belajar kembali dan meresapi kembali lagu-lagu itu membawa kesuksesan dalam bentuk album live terbaru ini.

"Hal paling menantang adalah membawakan kembali materi lagu-lagu lama kami. Karena beberapa lagu dari Scenes From a Memory seperti The Spirit Carries On sudah biasa kami bawakan secara langsung. Tapi, beberapa lagu di antaranya sudah lama tidak kami mainkan. Kami harus kembali mempelajari dan membiasakan diri. Namun, ketika kami melakukan tur, semua menjadi terbiasa kembali. Hanya saja memang banyak persiapan yang dilakukan untuk membawakan kembali lagu-lagu lama yang tak bisa diabaikan," jelas sang gitaris Dream Theater.

Selain dijadwalkan merilis album live anyar, pada April lalu Dream Theater juga dikabarkan sedang mempersiapkan penggarapan album studio baru. Petrucci tak menjawab secara rinci kebenaran kabar tersebut, namun ia menyebut Dream Theater telah membangun studio rekaman sendiri di markas mereka.

"Jadi yang ini (album baru) cukup berbeda. Sejak rekaman album terakhir, kami telah membangun markas Dream Theater yang menampung studio rekaman kami sendiri. Di sana saya merekam Terminal Velocity (album solo kedua Petrucci)," tuturnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Thank you Zurich! ???????????? ???? by @nidhal_marzouk_pro #dreamtheater #distanceovertimetour

A post shared by Dream Theater (@dreamtheaterofficial) on

Konser Dream Theater di Jakarta Masih Menggantung

Bukan cuma album live baru, Dream Theater pun harusnya disibukkan dengan sederet jadwal konser di berbagai negara yang salah satunya ada di Jakarta, Indonesia. Namun, pandemi COVID-19 membuat jadwal konser Dream Theater di tanah air menggantung.

Awalnya konser Dream Theater di Jakarta dijadwalkan berlangsung pada 16 April 2020 di Allianz Ecopark Ancol. Namun, pandemi yang belum reda di Jakarta membuat jadwal konser tersebut ditunda ke Oktober atau November 2020.

Akan tetapi, Rajawali Indonesia selaku promotor yang mengakomodasi konser Dream Theater di Jakarta belum bisa memastikan waktu berlangsungnya pertunjukan. Pasalnya, pandemi COVID-19 di Jakarta khususnya belum teratasi sepenuhnya.

"Sehubungan dengan penjadwalan ulang DREAM THEATER The ‘Distance Over Time’ Tour 2020, Rajawali Indonesia selaku Promotor bersama pihak Dream Theater mengumumkan tanggal baru penyelenggaraan konser yaitu pada tanggal 8 November 2020 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta, Indonesia," bunyi pernyataan Rajawali Indonesia di Instagram resmi mereka.

0 COMMENTS