CRAIG GILL: Drummer Inspiral Carpets Tutup Usia, Liam Gallagher Berbela Sungkawa

  • By: OGP
  • Kamis, 24 November 2016
  • 1410 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Awan duka menyelimuti ranah musik Britania Raya. Kali ini jalur musik alternatif kembali kehilangan salah satu figur berbakat di bidangnya, Craig Gill. Sebagai drummer band Inspiral Carpets, Gill meninggal di usia yang cukup muda yaitu 44 tahun. Lewat pernyataan resmi di kanal media sosial Twitter, unit yang dikomandoi Clint Boon ini mengumumkan berita duka untuk sang personel. Belum ada kabar atas penyebab kematian sang musisi yang akrab disapa ‘Gilly’ tersebut, selain kabar duka.

Kematian Gill memunculkan berbagai reaksi dari kolega maupun kerabat terdekat. Pria kelahiran Salford yang piawai dalam menggebuk drum ini dikenal sebagai figur teman yang baik. Di media sosial, sosok tenar macam Liam Gallagher turut menyatakan rasa bela sungkawa kepada sahabat yang telah lama ia kenal itu. Sebelum OASIS terbentuk, Gallagher sempat bekerja menjadi roadie untuk kelompok Inspiral Carpets. Pengalaman bermusiknya mulai ditempa ketika sering menghabiskan waktu bersama Craig Gill dan Clint Boon.

Kiprah Gill bersama Inspiral Carpets mulai melambung ketika dataran Inggris sedang dilanda demam era ‘Madchester’ di penghujung tahun 80’an. Bersama The Stone Roses, Happy Mondays, James hingga The Charlatans, Carpets sukses melanjutkan tradisi menjaga nama baik skena alternatif di Kota Manchester. Single “This Is How It Feels” menjadi tembang wajib kawula muda saat itu. Maka tak heran band yang dinaungi oleh Gill ini menjadi katalisator pemicu terbentuknya invasi britpop yang sempat heboh pada masa itu. Buat kamu yang belum pernah mendengar Inspiral Carpets, sekarang waktunya untuk kamu mulai mencari tahu track-track andalan mereka yang menjadi inspirasi di balik band sebesar OASIS.

0 COMMENTS