The Smashing Pumpkins

The Smashing Pumpkins Rilis Double Album “CYR”

  • By:
  • Jumat, 2 October 2020
  • 769 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Tua-tua keladi mungkin adalah istilah yang pas dalam menggambarkan The Smashing Pumpkins. Bagaimana tidak? Di umur para personelnya yang tidak lagi muda, The Smashing Pumpkins masih punya semangat dalam menghadirkan karya-karya untuk para penggemar setianya. Band rock asal Chicago, Amerika Serikat yang kerap gonta-ganti member tersebut kini diisi oleh Billy Corgan (vokal, gitar), James Iha, Jeff Schroeder (gitar), dan Billy Chamberlin (drum). 

Berhasil mengulik rasa penasaran para fans dengan dua single terbarunya, yakni “Cyr” dan “The Colour of Love” beberapa bulan lalu. Kini, The Smashing Pumpkins resmi akan merilis album ke-11 bertajuk “CYR” dalam format double album. Kabar tentang rilisan single dan album terbaru The Smashing Pumpkins jadi penanda berakhirnya masa puasa The Smashing Pumpkins dalam berkarya, setelah terakhir merilis album “Shiny and Oh So Bright, Vol. 1 / LP: No Past. No Future. No Sun.”dua tahun silam.

https://smashingpumpkins.com/

Proses rekaman album “CYR” dilakukan di kota kelahiran The Smashing Pumpkins, Chicago dan diproduseri langsung oleh sang frontman, Billy Corgan. Double album “CYR” milik The Smashing Pumpkins yang rencananya akan dirilis pada November mendatang ini berisikan 20 lagu melalui record label Sumerian Records. 

Nuansa berbeda tersaji untuk album baru

Jika dibandingkan dengan karya-karya The Smashing Pumpkins sebelumnya, terutama yang populer seperti “1979”, “Bullet With Butterfly Wings”, “Tonight Tonight”, serta “Today” yang memiliki nuansa “rock” kental. Berdasarkan, maxi single “CYR”dan “The Colour of Love” yang telah rilis, kedua lagu ini membawa warna yang berbeda dari karya-karya The Smashing Pumpkins sebelumnya. Pada kedua single tersebut, band ini melakukan eksplorasi dan pendekatan yang eksentrik dengan memadukan sintesisasi pada keyboard dan dentuman drumnya, layaknya musik-musik dalam genre synth-pop.

Pendekatan baru yang dilakukan oleh The Smashing Pumpkins untuk karya-karya terbarunya ini membuat lagunya terkesan penuh dan terdengar cocok untuk diputar di suatu pesta karena beat-nya yang easy to follow. Mungkin banyak yang tidak menyangka, tapi warna musik baru mereka terdengar cocok dengan karakteristik vokal Billy Corgan yang sengau dan melankolis. Dari dua single ini para pendengar setia The Smashing Pumpkins mungkin dapat menebak nuansa album terbaru mereka secara keseluruhan. 

Selebrasi 25 Tahun Album Mellon Collie and the Infinite Sadness

Pertama kali dirilis pada tahun 1995, album “Mellon Collie and the Infinite Sadness” bisa jadi penanda bagi The Smashing Pumpkins untuk dapat menyentuh kelompok audiens yang lebih besar dan beragam. Pasalnya cukup banyak hits yang sempat diputar di berbagai media mainstream, seperti radio dan televisi pada zamannya dan pada akhir September lalu, band asal Chicago ini baru saja merayakan anniversary ke-25 untuk album ini.

Merayakan anniversary dari “Mellon Collie and the Infinite Sadness”, The Smashing Pumpkins mempersiapkan merchandise eksklusif untuk para penggemarnya. Berkolaborasi bersama skatewear brand, HUF, band tersebut merilis t-shirt, kemeja, jaket, kaus kaki, tote bag, hingga pick gitar dan papan skateboard dengan tema yang menandakan perjalanan awal karir The Smashing Pumpkins hingga kepopuleran yang dicapai berkat album ketiga mereka.

Pada tahun 2018, Billy Corgan sempat menyatakan bahwa ada kemungkinan The Smashing Pumpkins mengadakan konser perayaan 25 tahun “Mellon Collie and the Infinite Sadness”. Namun, mengingat kondisi pandemi Covid-19 di global saat ini, kemungkinan itu nihil rasanya akan terealisasi.

Proyek Serial Animasi Frontman The Smashing Pumpkins

Tidak berhenti di situ, Billy Corgan sebagai frontman The Smashing Pumpkins juga telah mempersiapkan sebuah serial animasi berjudul “In Ashes” hasil kolaborasi bersama studio animasi, Deep Sky. Serial animasi ini juga berperan sebagai medium promosi untuk album terbaru The Smashing Pumpkins yang akan datang. Terbagi dalam 5 bagian, episode 1 dan 2 sudah dirilis pada 25 September lalu. Lagu-lagu yang ada di album “CYR” juga berperan sebagai soundtrack pada serial tersebut.

Smashing Pumpkins Telah Siapkan Jadwal Tur CYR

Meskipun dunia sedang berada di ambang ketakutan akan pandemi Covid-19, The Smashing Pumpkins cukup visioner dengan mempersiapkan rencana untuk kembali menghadirkan kebahagiaan bagi para pendengar setianya. Diumumkan melalui situs resmi The Smashing Pumpkins, mereka akan membuka rangkaian tur konsernya di tahun 2021. Hingga saat ini, band tersebut baru mengumumkan dua tanggal yang akan terselenggara di bulan September 2021. Dengan harapan kondisi dunia lebih baik dari hari ini, akan bertambah pula jadwal yang akan diumumkan. Bisa jadi Indonesia pun masuk ke dalam daftarnya. Berikut detail mengenai lokasi dan tanggal tur “CYR” dari The Smashing Pumpkins:

Jadwal Tur Album “CYR” dari The Smashing Pumpkins di tahun 2021

17/9 Riot Fest, Chicago

18/9 Sea Hear Now Festival, New Jersey

0 COMMENTS