Hindia X Sal Priadi

Duet Hindia-Sal Priadi Siap Jadi Teman Kesendirian di Tengah Malam

  • By: NND
  • Kamis, 11 July 2019
  • 131 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Untuk rilisan keempatnya, projek solo frontman .Feast, Hindia, kembali melepas single terbarunya tepat di bulan keempat semenjak pertama kali mengudaranya Hindia. Kali ini, Baskara—sosok dibalik Hindia—turut serta merangkul seorang solois yang juga pandai bermain kata.

“Belum Tidur”, single terbarunya, merupakan lagu yang ia tulis bersama Sal Priadi, dibawakannya pun juga bersama. Dan sekali lagi, Petra Sihombing dipercaya untuk duduk di bangku produser.

“Awalnya, tidak ada rencana untuk mengeluarkan lagu ini sebagai sebuah singel, karena sifatnya lebih merupakan sebuah interlude di dalam album Hindia yang akan datang,” ujar Baskara Putra. “Namun, setelah melakukan brainstorming yang kilat dengan Petra dan Sal, ternyata ide dari lagu ini berkecambah menjadi ke mana-mana dan lahirnya versi ‘Belum Tidur’ yang sekarang ini teman-teman bisa dengar di berbagai layanan musik,” lanjutnya.

Melalui “Belum Tidur”, Bas dan Sal membidik emosi-emosi mentah yang keluar disaat orang-orang terpaku sadar di jam-jam larut, di jam-jam yang sudah tidak sewajarnya untuk terjaga. Jujur, usaha untuk menjaring perasaan tersebut terasa otentik; “Belum Tidur” menjadi sebuah perspektif yang cukup mewakili jiwa-jiwa tidak bisa tidur itu.

“Ini kami peruntukkan untuk orang-orang dengan lingkaran waktunya sendiri, yang berusaha menyelesaikan segala sesuatunya sendiri, meskipun di tempat yang berbeda, perbolehkan aku dan Bas menemani waktu-waktu tersebut,” tambah Sal Priadi, yang sendirinya baru saja mengeluarkan singel berjudul “Amin Paling Serius” bersama Nadin Amizah beberapa waktu lalu.

“Satu jam sebelum rekaman, muncul ide dari Petra untuk memisah suara vokal saya dan Sal di earphone/headphone kiri dan kanan. Jika yang kiri dilepas, suara Hindia akan hilang, dan sebaliknya. Sama rasanya seperti mendengarkan isi kepala sendiri di malam hari; berantakan, tak terarah, dan hilang-timbul,” jawab Baskara ketika ditanya perihal proses produksi “Belum Tidur”.

Menilik single baru ini; betul saja, detail-detail yang diangkat seakan menjadi hidangan utama yang disajikan sepanjang tiga menit 36 detik. Suara-suara glitch, efek vokal yang ditimbun-timbun, serta saut-menyautnya vokal Bas dan Sal—itu semua seakan memberikan gambaran yang akurat terkait bagaimana umpan silang anggan-anggan kita saat tidak bisa tidur.

Keteracakan yang, dalam sudut pandang tertentu, cukup indah; terutama dengan lantunan piano yang menjadi penuntun paling kuat di sepanjang trek tersebut—yang bisa juga dikaji sebagai si “malam” tempat kita tersiksa pikiran-pikiran tersebut.

Seminggu sebelum perilisan, Hindia mengajak teman-teman di internet untuk mengirimkan video aktivitas tengah malam masing-masing yang semuanya terkumpul dalam video lagu ini yang dapat disimak di kanal YouTube milik Sun Eater.

Simak single terbaru Hindia bersama Sal Priadi, “Belum Tidur”, melalui video di bawah ini:

0 COMMENTS