EÄZZ

EAZZ Menyelami Mimpi Lewat Karya Terbarunya yang Mengawang

  • By: NND
  • Minggu, 30 June 2019
  • 459 Views
  • 5 Likes
  • 0 Shares

Rasanya tidak ada padanan kata yang bisa lebih serasi selain "Mengawang", yang bisa digunakan untuk menilik suasana hati dan pikiran seseorang ketika mendengar single terbaru dari EÄZZ. Ya, EÄZZ--yang merupakan sebuah proyek solo musisi asal Bandung ini—baru saja meluncurkan single terbarunya yang bertajuk "Unsaid Things". Dengarkan di bawah!

Terhitung semenjak 23 Juni 2019 kemarin, single dari EÄZZ sudah bisa diperdengarkan melalui kanal layanan streaming musik digital macam Spotify, Apple Music Deezer, dan lain sebagainya.

Ketika alunan nada tersebut mulai bermain, "Unsaid Things" seakan berhasil membawa pendengarnya untuk sejenak berdelusi seputar hal-hal yang belum terselesaikan di masa lalu. Tidak sampai disitu, mendengarnya juga mampu mengubah delusi tersebut menjadi sesuatu yang mempu menciptakan sebuah kondisi baru untuk menyikapi masa depan.

Namun dibalik itu semua, mendengarkannya seperti diajak menyelami sisi lain dari EÄZZ yang mungkin tak banyak diketahui oleh publik.

Alfi Fisrifan—nama asli dibalik moniker EÄZZ—mengaku bahwa one-man project yang ia kerjakan ini bersifat lebih personal ketimbang projek-projek musik lain yang sedang ia garap. "Unsaid Things" hadir untuk menyampaikan kata-kata yang selama ini tak sempat, atau bahkan, tak bisa ia utarakan; menjadikannya sebuah ruang personal yang darinya, muncul sisi-sisi Alfi yang lebih mendetail dan lebih mendalam.

Sejalan dengan ide cerita di dalam lagu tersebut, aransemen musik "Unsaid Things" dikemas dengan mencampurkan berbagai genre musik yang kesemuanya bermuara kepada sound yang dreamy atau yang berkiblat alternative rock.

“Saya enggak suka mengotak-kotakkan lagu berdasarkan genre-nya, tapi jika ditanya soal lagu ini, menurut saya benang merahnya bisa jadi dream pop, dreamy rock, alternative rock, bahkan shoegaze,” ujar Alfi.

Ingat unsur kata "mengawang" yang membuka tulisan ini? Rasanya hal tersebut diperkuat jelas dengan ruang sonik yang dihadirkan dari vokal yang deras dengan reverb—vokal yang "basah" yang berpadu manis dengan kocokan gitar nan mencakar dan menyeret.

Dalam meramunya, EÄZZ pun menjajarkan sederet nama yang turut serta membantu dalam segi menyuplai ilham—Ilham yang kemudian membentuk embrio krusial dari terusungnya "Unsaid Things". Beberapa musisi di antaranya adalah Fazerdaze, Alvvays, turnover, DIIV, hingga band asal Yogyakarta, Grrrl Gang.

Menilik proses kreatif di balik singlenya itu; aransemen single "Unsaid Things" dikerjakan sepenuhnya oleh Alfi di kamar pribadinya. Meski demikian, ia mengaku bahwa projek ini digarap secara serius hingga memakan waktu yang cukup lama.

“Ya, bisa dibilang saya bedroom musician, tapi bukan berarti lagu ini dibuat asal-asalan. Malahan saya belajar banyak ketika membuat lagu ini,” ungkapnya.

Proses pembuatan lagu ini dimulai pada bulan November tahun 2018, bersamaan dengan proses pembuatan EP yang digadang-gadang akan dilepas pada Juli 2019 mendatang. Dapat dikatakan, bahwa single "Unsaid Things" menjadi pintu gerbang atas masuknya EP tersebut nanti ke pasaran.

Menyoal proses rekaman, mixing, hingga mastering; semuanya dilakukan di The Pandora Labs milik Alikbal Rustiyad aka Opung, Brigade of Crow. Sedang, cover single merupakan footage pribadi milik Azura Fajrilira.

Alfi Fisrifan adalah seorang penyanyi-pencipta lagu yang juga dikenal sebagai gitaris dari grup musik progressive hardcore asal Bandung, Ametis. Sekaligus, gitaris dari band post-hardcore, Wreck. Sedang, EÄZZ merupakan karya alter-ego dari dirinya.

Berbicara alter-ego, tentu pemilihan nama EÄZZ sendiri mengemban makna dibaliknya. Menyitir rilisan pers yang diedarkan, "Kata EÄZZ sendiri diambil dari serapan kata ‘east’, atau ‘timur’ dalam Bahasa Indonesia-nya. Nama tersebut dipilih sebagai analogi dari daerah tempat tinggal Alfi, yakni kawasan Bandung Timur.

Melalui single ini, Alfi pun turut menanam harapannya sendiri; yakni agar EÄZZ dapat menjadi pelengkap, sekaligus meramaikan skena musik tanah air.

Dengarkan "Unsaid Things" di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
335 views
superbuzz
630 views
supershow
6373 views

Bersiap Menyambut HELLPRINT 2019!

superbuzz
615 views
superbuzz
420 views