Echo Wind Suguhkan “Dimension” di Tengah Waktu yang Tak Menentu

Echo Wind Suguhkan “Dimension” di Tengah Waktu yang Tak Menentu

  • By:
  • Minggu, 28 February 2021
  • 167 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tetap produktif bermusik di masa pandemi Covid-19 bukanlah perihal yang mudah. Namun pandemi tidak dapat memadamkan api semangat yang membara di dalam benak Echo Wind. Hal tersebut dibuktikan oleh Echo Wind dengan merilis single baru di tahun 2021 bertajuk Dimension. Dimension merupakan single keempat yang dirilis oleh Echo Wind semenjak berdirinya band indie rock asal Jakarta tersebut pada tahun 2010. 

Single Dimension karya Echo Wind ini mencoba untuk menghadirkan pesan-pesan positif sebagai tema utamanya. Pesan positif tersebut disampaikan untuk seluruh makhluk di berbagai dimensi yang ada agar tetap dapat menjalankan hidupnya dengan bahagia meskipun berada di tengah situasi yang tidak menentu. Echo Wind yang beranggotakan William Mulyadi (vokal), Hendry Halim (gitar), Rheza Franklyn (bass) dan Hendrix Punch (drum) ini juga menginginkan agar para penikmat musiknya selalu menjalani hidup dengan harapan demi bisa meraih kebahagiaan sesuai dengan sudut pandang mereka masing-masing.

Melalui siaran pers, William Mulyadi mencoba untuk memberikan penjelasan terkait pesan positif yang tersaji pada lagu Dimension karya Echo Wind ini. "Jadi kita sebagai manusia tidak perlu pesimis dalam menghadapi hidup. Segala kemungkinan itu bisa terjadi, tetapi realitalah yang merupakan kebenaran tersebut. Bahwa sesungguhnya harapan itu ada dan tujuan hidup adalah kebahagiaan," ungkap William Mulyadi. Dalam proses penulisan materinya, Echo Wind juga kembali melakukan eksperimen yang kerap kali dilakukan dalam proses penggarapan karya-karya sebelumnya. Hal ini dilakukan oleh Echo Wind agar band asal Jakarta tersebut mampu membuat Dimension menjadi karya dengan konsep yang sesuai dengan apa yang ada di dalam benak dan pikiran mereka. 

Eksperimen yang dilakukan oleh Echo Wind terkait penulisan lagu Dimension ini juga berguna agar mereka dapat memproyeksikan karakteristik atau cara bermusik mereka melalui lagu tersebut. "Dalam proses produksi setiap single, termasuk single baru Dimension ini kami berusaha menjadi jati diri kami sendiri dalam mengekspresikan emosi bermusik masing-masing personil dan tidak takut untuk meluapkannya dalam bentuk karya seni musik, karena target yang ingin kami capai adalah memberikan kebahagiaan untuk para pendengar kami dan karya kami dapat diapresiasi oleh penikmat musik Tanah Air," tambah para personel Echo Wind terkait nuansa musik yang dihadirkan lewat Dimension..

Memiliki pesan positif di dalam lagu Dimension, nyatanya tidak serta merta membuat Echo Wind memiliki perjalanan yang mulus dalam menyelesaikan proses produksi single keempatnya ini. Mengingat proses produksi lagu Dimension yang dilakukan di masa pandemi, Echo Wind harus mematuhi protokol demi menjaga kondisi kesehatan setiap anggota beserta seluruh pihak yang tergabung di dalam band tersebut. Untuk itu, Echo Wind akhirnya memutuskan untuk melanjutkan proses produksi secara virtual. Sejak awal masa PSBB diberlakukan, seluruh anggota Echo Wind mengakui bahwa mereka sudah sangat jarang sekali berkumpul. Namun, demi tujuan yang sama, akhirnya Echo Wind harus memanfaatkan fasilitas internet yang ada demi tetap menghasilkan karya yang mereka inginkan. Proses produksi yang dilakukan secara virtual ini tidak hanya dilakukan untuk menjaga komunikasi saja. Echo Wind juga berbagi data sekaligus saling bersinergi untuk membangun mood yang sesuai dengan warna musik yang ingin dihadirkan melalui Dimension.

Dimension karya Echo Wind ini sudah bisa dinikmati di berbagai layanan musik streaming sejak awal bulan Februari lalu. Selain itu, Echo Wind juga sempat merilis EP berjudul To All My Friend di tahun 2020 lalu.

 

Image courtesy of Echo Wind

0 COMMENTS