Damon Albarn, Africa Express

Eksotika Afrika di Album Africa Express Besutan Damon Albarn

  • By: NND
  • Senin, 13 May 2019
  • 291 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di awal tahun 2019 ini, musisi veteran kepunyaan Inggris, Damon Albarn telah disinyalir menghidupkan kembali Africa Express, kolektif musik miliknya yang didedikasikan khusus untuk mempromosikan musik Afrika serta musisi-musisinya.

Africa Express baru-baru ini merilis EP bertajuk MOLO. Album pendek ini membungkus empat buah lagu yang disusun dari kolaborasi antara musisi barat dengan Afrika.

Sekarang, mereka berhasil melangkah lebih jauh. Grup besutan Albarn ini telah secara resmi mengumumkan album penuh mereka, EGOLI yang akan dirilis pada 12 Juli.

EGOLI merupakan sebuah album yang padat, lantaran berisi 18 lagu sekaligus, album ini digarap di Afrika Selatan ketika mereka berkunjung di awal tahun, tepatnya bulan Januari.

Sesi rekaman album 18 lagu ini bertempat di Johannesburg, dan atas dasar ini pihak grup memilih nama EGOLI—yang merupakan bahasa Xhosa untuk nama kota tersebut, yang terjemahannya di Bahasa Inggris menjadi “City Of Gold”.

Kolaborasi yang dipadukan oleh personil di balik Gorillaz ini melibatkan musisi-musisi barat seperti Gruff Rhys (Super Furry Animals), Nick Zinner (Yeah Yeah Yeahs), Ghetts, Mr Jukes, Georgia, dan lainnya.

Sahabat-sahabat mereka dari Afrika juga ikut turun ke dalam proses produksi EGOLI. Pendatang baru yang menjanjikan macam Blk Jks, Infamous Boiz, Morena Leraba dan legenda gitar dari Maskandi—Phuzekhemisi, serta sejumlah musisi lainnya.

Untuk lebih melantangkan suara-suara album ini, Africa Express telah mengedepankan single album terbaru mereka, EGOLI. Lagu berjudul “Johannesburg”, yang melibatkan Gruff Rhys, Morena Leraba, Radio 123 dan Sibot, sudah bisa kalian dengarkan melalui video di bawah ini.

Pantau juga artwork, dan juga trailer dari album baru tersebut:

0 COMMENTS

Info Terkait