radiologi hambar

Ekspresi Rasa 'Hambar' di Single Baru RDLG

  • By: NND
  • Selasa, 5 November 2019
  • 73 Views
  • 1 Likes
  • 2 Shares

Setelah mengalami cukup banyak pergantian personil, Radikal Ideologi—atau RDLG—berhasil merilis single pertama bertajuk “Hambar”.

Single tersebut mereka angkat sebagai pengkapan emosi nan ekspresif yang kerap dirasakan banyak orang. Apa perasaan itu? Keresahan—baik itu keresahan terkait ajaran, nasehat, ilmu, atau prinsip.

Ketika segala macam hal tersebut terasa berbenturan dengan pemikiran pribadi, emosi cenderung tersulut. Fakta ini kemudian diangkat menjadi dasar dari lahirnya asumsi, kesimpulan, dan, dalam konteks ekstrimnya, sebuah stigma. Bermuara dari pemahaman ini pula lagu “Hambar” ditulis.

Trek anyar itu menjadi bagian dari EP mereka yang akan datang, Judi. Tiap personil dari RDLG menyusun lagunya masing-masing, sehingga tersusunlah empat trek sebagai repertoarnya.

Segala prosesnya, baik itu penulisan lirik, komposisi, hingga aransemen lagu menjadi kebijakan tiap penulisnya. Satu lagi twist-nya: tiap personil diperbolehkan untuk tidak mendengarkan masukan dari yang lain dalam proses kreatifnya.

Kembali membahas “Hambar”, lagu pertama yang dirilis dalam Judi ini merupakan lagu guratan Armando selaku vokalis. Ia menyatakan, “Di saat nulis (“Hambar”) gue masih bertanya-tanya, sekarang sepertinya gue sudah menemukan jawabannya.”

Tapi, ada yang bilang menemukan kebenaran itu lebih bahaya daripada mencari kebenaran,” tutup Armando.

Pendekatan rock mentah yang ditampilkan lagu ini, sama halnya dengan sifat eksplosif yang juga tampak di aksi panggung RDLG. Semuanya bak sebuah ode untuk era-era awal mereka di tahun 2010.

Di balik layar, “Hambar” diproduseri oleh RDLG. Penulisan lirik ditulis oleh Armando dan Irsyad, kemudian ditambah dengan aransemen dari Getza. Rekaman, mixing, dan mastering dilakukan oleh Irsyad di Poldung Residence.

Adapula keterlibatan dari Milandi Amirulloh (Creative Director dan Designer), Syahada Esfahanne (Creative Director dan Editor), Greg Soegono (Art Director), dan Domikakdo (Director of Photography) yang bertanggung jawab atas segala artwork single dan EP Judi. Nantikan tiga lagu lainnya dan selagi itu, dengarkan “Hambar” di bawah ini:

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
28 views
superbuzz
38 views
superbuzz
35 views

5 Sutradara Video Klip Terkeren

superbuzz
184 views