Frei Cotton Candy

Enggan Dibatasi Genre, Frei Rilis Single Debut ‘Cotton Candy’

  • By: NND
  • Rabu, 18 September 2019
  • 251 Views
  • 10 Likes
  • 4 Shares

Frei adalah moniker Reffi Anggakara—gitaris dan produser yang sebelumnya telah terlibat di “Mattress My Time Machine” dari Sippy Straw Greg, “Before It Was Weird” dari Rayrocc, dan kompilasi SpaceKidz X COMPOUND.

Matang bermusik solo, Reffi memutuskan untuk mendorong musiknya lebih jauh ke arah yang serius. Frei sudah siap berkarya secara lepas. ia tak ingin merasa terlimitasi oleh batasan genre.

Frei berkarya dengan aturan main yang lebih asbtrak: merancang musik melalui kenangan masa kecil, pemandangan urban tempat tinggalnya, dan hiruk-pikuknya Jakarta. Itulah gudang inspirasinya, bukan fokus pada struktur dan karakter musik serta pengotakan genre.

Mengaku banyak mendengarkan musik jazz, R&B, soul, elektronika, hip-hop dan masih banyak lagi; tak berlebihan jika menyebut Frei memiliki ruang luas untuk menjelajah. Genre ada untuk membantu pengorganisasian musik, dan Frei menyadari betul hal tersebut.

Nama panggungnya: “Frei” ditemukan secara tidak sengaja sewaktu ia tengah mencari-cari moniker yang pas. Usaha itu berujung dari pengacakan kata-kata yang terdapat dalam namanya sendiri: Reffi.

Sekarang, ia hadir dengan karya debutnya. Sambutlah single “Cotton Candy”, trek yang turut serta menggaet Jarakarta, Pempi, dan Sippy Straw Greg di dalamnya.

Di single debutnya ini, Frei menyatakan bahwa ia ingin mencampurkan seluruh karakter kolaboratornya—menciptakan sebuah proyek luas dan mengemasnya bak vakansi musim panas, seraya membebaskan diri dari belenggu rutinitas.

Melalui trek baru ini, Frei juga menambahkan berbagai “bumbu-bumbu” favoritnya dalam bermusik. Meski begitu, relevansi tetap dijaga. Terasa apa yang memang dikejar Frei dalam “Cotton Candy” menjadi relevan dalam gelombang industri musik yang tak pernah statis.

Dengarkan debut dari Frei, “Cotton Candy”, melalui video di bawah ini:

1 COMMENTS
  • Christianseanl

    Artikel menambah wawasan

Info Terkait

superbuzz
125 views
superbuzz
182 views
supergears
224 views
superbuzz
177 views