State Champs

Exclusive Interview: Siang Santai Bareng State Champs

  • By: NND
  • Kamis, 12 September 2019
  • 198 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Pada 1 September 2019, State Champs memainkan set energetik di panggung SUPERMUSIC—bermain lepas membawakan pop-punk yang menghentak Allianz Eco Park, Ancol dengan nuansa girang.

Alhasil? Semua melompat-lompat dan bernanyi bersama. Hodgepodge Superfest 2019 hari kedua berhasil membuka panggung untuk mereka, dan penantian para fans mereka seperti menemukan pelepasannya, State Champs akhirnya bermain di Indonesia!

Namun, sebelum malam yang kelewat seru itu, SUPERMUSIC sempat ngobrol santai bersama band asal New York, Amerika ini. Digawangi oleh Derek, Tyer, Ryan, Tony dan Evan; mereka menyapa dan berbicara dengan SUPERMUSIC dengan ramah dan ringan. Penasaran apa saja yang kami bicarakan?

Menapaki ke dalam salah satu ruang wawancara di hotel tempat State Champs, terlihat wajah-wajah segar—tidak terlihat letih di muka mereka, meski telah menempuh perjalanan yang sangat jauh. Ketika ditanyakan bagaimana rasanya berkunjung ke Indonesia, mereka tampak antusias.

“Kami sangat senang bisa berada di sini, ini keren! Kami tak sabar untuk bermain dan melihat respons para fans, ” tutur Derek (vokal).

“Betul,” sambung Ryan.

“(Indonesia) cukup berbeda, namun berbeda dalam konteks yang baik, tentunya. Selalu menjadi sebuah hal yang menarik ketika mengunjungi tempat baru—dan seperti kata derek, kita tidak sabar untuk melihat bagaimana para fans nanti di festival.”

Sang vokalis kembali angkat bicara, “Kita tahu butuh waktu lama untuk State Champs bermain di Indonesia, tapi sekarang kita telah hadir dan kita sangat tidak sabar untuk bermain.”

Mengupas soal tur panjang mereka, State Champs justru berharap memiliki waktu lebih untuk jalan-jalan di Ibukota.

“Ya, kami justru berharap memiliki waktu lebih di sini, dan bukan hanya untuk manggung di Hodgepodge. Akan sangat senang rasanya bisa jika berlibur disini. Kita suka itu, kita suka menjadi turis,” ungkap Derek.

“Ya, kita juga habis bermain di Manila, Filipina; namun hanya itulah negara di Asia Tenggara yang sudah kami kunjungi. Kita ingin mengamankan tur ke daerah ini, tapi hanya belum ketemu waktunya,” papar Tyler, lead guitarist dari State Champs.

Derek kemudian kembali menimpali, “Sehabis (Hodgepodge Superfest 2019) kita akan kembali dan membereskan perilisan materi terbaru kita. Sehabis itu—mungkin tahun depan, kita akan coba menjadwalkan tur Asia Tenggara dan kembali ke Indonesia!”

“—Jika para fans menyukai kita,” potong Evan (drum) yang kemudian disusul tawa serempak.

Agaknya, kita tak perlu meunggu terlalu lama untuk menikmati materi terbaru State Champs. Tahun depan mereka akan kembali tur, dan pastinya merilis album baru sebelum angkat koper.

Tak lupa, Neck Deep—salah satu band yang akrab dengan mereka—juga sudah sempat bermain di Indonesia. Ternyata State Champs sudah membahas Indonesia dengan mereka dan menanyakan rasanya tampil di Nusantara.

“Semua teman kami yang bermain ke sini selalu menyatakan hal yang positif tentang Indonesia. Turnover, beberapa bulan lalu juga demikian.

Sama halnya dengan All Time Low (lineup Hodgepodge Superfest 2018), dan Simple Plan,” ucap Derek.

Tony akhirnya angkat bicara, ia menyatakan, “Ya, teman-teman kami—Turnover, contohnya—bukan hanya band pop-punk, kok!”

“Kami berteman dengan segala macam musisi, tak peduli genre-nya. Kami suka mendengar berbagai macam genre. Makanya kita juga suka bermain di Hodgepodge Superfest! Festival kalian keren, banyak genre-genre yang berbeda. Kita selalu senang bermain di dalam festival seperti ini,” terangnya.

Ngobrol santai kami di siang itu juga sempat membahas tentang selera fashion State Champs. Mereka semua cukup menyukai streetwear. Mereka bahkan, sampai menanyakan tempat-tempat membeli outft-outfit bagus.

“Kami suka berbelanja, dan kami juga suka fashion. Tapi cukup sulit mencari ukuran yang pas dan muat dengan badan saya di sini. Hahahaha!” ungkap Tyler yang memang berbadan besar.

Kami kemudian menanyakan setlist yang akan mereka mainkan malam di Hodgepodge Superfest 2019. Tanpa pikir panjang, Derek langsung menjelaskan panjang lebar.

“Akan ada 15-16 lagu yang diambil dari ketiga album kami. Saat ini kami sudah punya tiga album, jadi sedikit susah untuk memilih lagu mana yang akan dimainkan, terutama untuk mengisi set satu jam, tapi saya rasa kita sudah memikirkannya dengan matang. Semua sudah aman!” jelas Derek.

Mereka sadar atas tingginya permintaan akustik dari penonton, tapi dalam gelaran festival, mereka ingin menjaga energi dan tempo agar tetap semangat. Itulah sebabnya tidak ada tritmen akustik di set mereka di Hodgpodge Superfest 2019 lalu.

“Saya sadar banyak orang yang ingin mendengarkan lagu akustik, namun kita saja tidak bawa gitar akustik... jadi, kami mohon maaf, ya!” sambungnya.

Ryan menyatakan bahwa nanti saat kali kedua mereka berkunjung, mungkin akan ada set akustiknya.

“Lain kali, saat kami kembali dan bermain dengan proper dalam sebuah konser di Indonesia, kami akan memberikan kalian set akustik. Tapi untuk sekarang, kita hanya ingin lihat crowdsurfing, sing-a-long, dan non-stop energy!,” imbuh Ryan.

Sesi wawancara pun ditutup guyonan Derek. Ia menyatakan sudah tahu Bahasa Indonesia-nya orang kulit putih, tapi lupa sebutannya.

“Orang-orang melihat saya dan berteriak sebuah kata yang berawalan dengan huruf ‘B’. Sekarang saya tahu itu artinya orang kulit putih!” tuturnya.

Kami pun mengklarifikasi, “Bule!”. Lantas mereka semua terbahak. “Ya, betul; ‘Bule’!” tutup Derek sembari tertawa.

Merangkumnya, pembicaraan siang itu berlangsung sangat ramah. State Champs sangat bersahabat dan terlihat tidak sabar untuk bermain malam harinya.

Benar saja, set mereka pun benar-benar mampu memacu energi penonton. Di atas panggung SUPERMUSIC, State Champs membawakan set padat dan kencang, semua bernyanyi bersama dengan energi maksimal.

Penampilan mereka menjadi salah satu jajaran aksi internasional Hodgepodge Superfest 2019 yang paling meriah. Musik kencang dan suasana gembira: cukup itu sudah.

Terima kasih, State Champs! Ditunggu kedatangan kalian ke Indonesia. Untuk para fans State Champs: Jangan lupa menagih janji akustiknya, ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
237 views
superbuzz
133 views
superbuzz
188 views
supershow
221 views
superbuzz
218 views
superbuzz
277 views