Fear Inoculum

'Fear Inoculum', Jawaban Ketiadaan Materi Baru Tool Selama 13 Tahun

  • By: NND
  • Jumat, 9 August 2019
  • 455 Views
  • 5 Likes
  • 1 Shares

Kuartet progressive rock yang menjadi perbincangan hangat sepanjang tahun 2019, Tool akhirnya benar-benar mengeluarkan lagu baru. “Fear Inoculum” menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan penggemar mereka seputar ketiadaan karya baru dalam 13 tahun belakangan.

Single berdurasi sepuluh menit ini dilepas Tool sebagai pemanasan menuju album kelima mereka, Fear Inoculum.

Baru-baru ini, Danny Carey (drum), Maynard James Keenan (vokal), Adam Jones (gitar) dan Justin Chancellor (bass) juga telah mengunggah empat album terdahulunya, Undertow (1993), Ænima (1996), Lateralus (2001) dan 10.000 Days (2006) ke berbagai layanan streaming dan musik digital.

Langkah ini mereka tempuh setelah penggemar mereka mengeluh dan merasa kesulitan mendengarkan musik Tool apabila tidak memiliki rilisan fisiknya.

“Saya mengambil beberapa gambar dan membentuknya menjadi angka tujuh saat kami rekaman, dan beberapa riff dari saya dan Justin, muncul dari sana. Tanpa perlu terlalu deskriptif soal konsep album, beat-beat di ketukan ketujuh selalu datang dan muncul, bagi saya ini sangat aneh.

Lalu Maynard menjelaskan soal konsep album ini seputar angka tujuh. Kami semua sepakat bahwa hal ini aneh sekali. Dan Alex, desainer Tool, mengungkapkan konsep yang akan ia keluarkan di video musik kami,” ungkap Adam Jones.

Sementara, menyoal lambatnya produksi Fear Inoculum, Maynard James Keenan mengatakan di podcast Joe Rogan Experience bahwa keempat personil Tool sangatlah sibuk. Keenan menambahkan bahwa setiap pertemuan soal album akan berhenti begitu saja.

“Hambatan terbesarnya adalah kesuksesan, saat kita merasa sukses maka kita akan selalu merasa benar soal semua hal. Kita merasa ‘Saya benar karena saya sukses dan kamu salah karena saya sukses, kita sukses karena saya dan bukan karena kamu’.

Memang Tool tidak sampai seperti itu, tapi cukup terasa bahwa ‘Ini yang saya mau, saya selalu dituruti, maka kita bisa sukses karena saya tidak berkompromi’. Saya pun merasa demikian, saya tipe orang seperti itu,” jelas Keenan.

Bila tak ada perubahan jadwal, mereka akan merilis album ini tepat di 30 Agustus mendatang. Pada beberapa penampilan terakhir di Amerika dan Eropa, Tool juga sempat memainkan dua lagu baru berjudul “Descending” dan “Invincible” dari album Fear Inoculum.

0 COMMENTS
  • M. Yasin

    haaa???!!

Info Terkait

superbuzz
72 views

NIKI Mendayu di EP Akustik Terbaru

superbuzz
67 views
superbuzz
147 views
superbuzz
78 views
superbuzz
91 views
superbuzz
292 views