Film Dokumenter Tentang Vokalis Can, Damo Suzuki Siap Dilepas

  • By: NTP
  • Rabu, 27 June 2018
  • 1191 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kampanye penggalangan dana untuk dokumenter vokalis grup krautrock/avant garde legendaris CAN, Damo Suzuki sudah mencapai targetnya di situs Indiegogo. Dokumenter berjudul Energy ini disutradarai oleh Michelle Heighway.

Dokumenter terakhir Heighway sebelum proyek ini adalah Jake Mangel-Wurzel, seorang seniman eksentrik asal Huddersfield. Heighway mengaku tertarik pada Suzuki lantaran pembawaannya yang unik serta bakat musiknya.

“Di tataran psikis, saya selalu tertarik pada mereka yang tidak takut untuk menyimpang dari norma. Ada kutipan keren dari Frank Zappa yang saya suka, yaitu ‘Kemajuan tidak akan mungkin terjadi tanpa melenceng dari norma’, itulah alasannya mengapa saya mengerjakan dokumenter secara mandiri.”

“Walau butuh waktu lama, bagi saya proses tersebut turut membangun naratif yang indah, dan saya yakin kisah Damo memiliki hal tersebut,” jelas Heighway.

Sutradara asal Inggris ini melacak hidup Suzuki dari kampung halamannya di Jepang hingga masa-masa remajanya di berbagai komune di Swedia dan Jerman. Saat itulah Suzuki bertemu dengan personil CAN, yaitu Michael Karoli, Irmin Schmidt, Holger Czukay dan Jaki Liebezeit.

Selain itu, Heighway juga memfokuskan dokumenternya pada kondisi Suzuki di akhir hidupnya saat mengidap kanker usus besar pada 2014. Heighway berhasil menggalang dana dari kampanye Indiegogo sebesar 13.566 poundsterling.

0 COMMENTS