FINAL AUDITION ROCKIN’ BATTLE: Ajang Pembuktian Generasi Baru Rock Indonesia

  • By: GP
  • Kamis, 4 May 2017
  • 3332 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perjuangan para calon regenerasi rock Indonesia di SuperMusic.ID ROCKIN’ BATTLE 2017 akhirnya segera mencapai puncaknya. Delapan finalis yang tergabung dalam The Mighty 8 akan bertarung di panggung final untuk memperebutkan siapa yang pantas menjadi juara. Mereka yang akan beraksi di final nanti adalah Meet After The Storm (Palembang), GHO$$ (Jakarta), Jakarta Blues Factory (Jakarta), Kasino Brothers (Yogyakarta), Equaliz (Medan), The GRGTZ (Bekasi), Killa The Phia (Aceh), dan Radioaktif (Bandung).

[bacajuga]

Kedelepan finalis memang sudah pantas diacungi jempol, karena mereka telah melewati proses seleksi yang ketat hingga berhasil menyisihkan ribuan band cadas dari seantero nusantara. Tentunya mereka juga telah sukses mencuri perhatian para juri yang terdiri dari Ian Antono (God Bless), Stevi Item (Andra & The Backbone, Deadsquad), Stephan Santoso (Musikimia), dan Imanine (J-Rocks).

Di ajang final nanti yang diselenggarakan di Summarecon Mall Serpong pada Sabtu, 6 Mei 2017, para finalis harus memperlihatkan aksi mereka dalam membawakan dua buah lagu. Yang pertama adalah karya jagoan dari masing-masing band, sementara lagu kedua merupakan lagu populer saat ini yang wajib diaransemen ulang dengan karakter rock yang kental. Acara ini juga turut dihebohkan oleh Koil dan Scaller.

“Pemenangnya akan ditentukan dari bagaimana aksi mereka di atas panggung final audition SuperMusic.ID Rockin’ Battle. Mampukah mereka menunjukan performance dan musikalitas yang paling cadas. Para juri akan melihat dari semua aspek dan karakter yang diharapkan dari sebuah band rock generasi baru,” ujar Gege Dhirgantara, selaku perwakilan SuperMusic.ID saat jumpa pers di Brewerkz Cafe, Senayan, Jakarta (4/5).

Gege juga menuturkan, band pemenang Rockin’ Battle bakal mendapatkan semua kesempatan untuk mewujudkan impiannya menjadi band rock papan atas Indonesia. Tidak hanya dibuatkan album kompilasi, tapi band pemenang juga akan berkesempatan rekaman di Studios 301 Sidney, Australia pada Juli 2017, dengan diproduseri Stephan Santoso.

Band pemenang juga akan tampil di berbagai konser musik garapan SuperMusic.ID dalam dua tahun kedepan. Mereka juga akan bergabung dalam manajemen artis Megapro Communications untuk mempromosikan karya-karyanya ke telinga pecinta musik Indonesia.

“Jadi tidak hanya berhenti sampai menghasilkan band rock pemenang saja. Tapi kami juga berkomitmen agar para juara Rockin’ Battle ini bisa eksis di industri musik nasional dengan cara memberikan kesempatan manggung di berbagai konser musik bergengsi di dalam negeri dan bahkan sampai ke luar negeri. Tahap pertama, mereka bakal manggung di Australia,” jelas Gege.

Sementara itu, juri yang juga legenda musik rock Indonesia, Ian Antono, mengungkapkan antusiasme akan munculnya generasi baru musik rock Indonesia. Menurutnya, semua band yang lolos ke fase final memiliki semua kriteria sebagai sebuah band rock yang berkualitas. Ia optimis scene musik rock bakal kembali bangkit dan mendapatkan ruang di industri musik nasional.

“Ini fenomena yang menarik menurut saya. Ternyata antusiasme publik terhadap musik rock masih sangat luar biasa. Terbukti para band rock yang mendaftar ke SuperMusic.ID Rockin’ Battle banyak sekali hingga ribuan dan berasal dari berbagai daerah. Bahkan dari 8 band finalis ini juga ada yang berasal dari Aceh, Palembang, dan Medan,” kata Ian

Pendapat senada diungkap Imanine (J-Rocks). Ia mengatakan proses seleksi berlangsung ketat lantaran juri sepakat untuk mencari band yang memiliki karakter kuat sehingga bisa eksis di industri musik nasional. Menurut musisi yang pernah merasakan rekaman di studio legendaris Abbey Road ini, band yang berkualitas harus memiliki orisinalitas dalam bermusik. “Bukan hanya kemampuan menciptakan karya yang bagus saja, tapi juga bagaimana performance mereka di atas panggung. Jadi sangat layak kita tunggu bagaimana aksi mereka nanti,” ujar Imanine.   

 

0 COMMENTS