Flea Acid for the Children

Flea Kemas Kisah Hidupnya di Otobiografi ‘Acid for the Children’

  • By: NND
  • Rabu, 14 August 2019
  • 417 Views
  • 5 Likes
  • 58 Shares

Bassist Red Hot Chili Peppers, Flea tengah mempersiapkan peluncuran memoarnya yang akan segera beredar. Memoar berjudul Acid for the Children yang digarap sejak 2014 ini akan diterbitkan pada 4 November dan menampilkan kata pengantar dari Patti Smith.

“Buku ini akan menjadi sebuah otobiografi yang mampu membawa pembacanya masuk dan meresapi secara personal kisah Flea, baik di tahun-tahun awalnya saat pindah dari Australia ke New York, hingga kehidupannya di Los Angeles.

Dikemas dengan anekdot-anekdot lucu, renungan puitis, hingga penggalan-penggalan penuh fantasi; Flea mengisahkan secara apik pengalaman-pengalaman yang ia tempuh, yang kemudian menempanya menjadi seorang seniman, musisi, dan seorang remaja,” jelas siaran pers Acid for the Children.

Sekarang, sebuah sinopsis resmi baru turut serta menambahkan: “Prosa-prosa mengawang dalam aksen jazz milik Flea mampu merekam kehidupan Los Angeles era 1970 dan 80-an secara berani dan apik, menampilkan bumbu yang segar, seru, berbahaya, dan rusuh—bahkan penuh inspirasi.

Di sinilah bagaimana seorang Flea muda ingin melarikan diri dari rumahnya yang pilu, menemukan sebuah keluarga baru dalam komunitas musisi, seniman, dan pemadat sekalipun, yang hidup tepian masyarakat.

Ia menghabiskan banyak waktu di hidupnya untuk berpesta dan melakukan tindakan kriminal. Tapi di musiklah ia menemukan makna yang lebih tinggi—sebuah tempat untuk melampiaskan seluruh amarah, kesepian, dan cintanya.

Hal ini membuka ruang bagi momen krusial dalam hidupnya dan juga para sahabat sejatinya, untuk menghidupkan ide kreatif mereka dan memulai sebuah band, yang kemudian hari dikenal dengan nama Red Hot Chili Peppers,” papar sinopsisnya.

Melansir wawancara terkait buku barunya dengan pihak Publisher’s Weekly, Flea menyatakan tidak ingin menulis memoar ala “rockstar”. Ia justru ingin menulis sesuatu di luar RCHP yang dapat berdiri sendiri sebagai karya literasi.

“(Dengan begitu) ini menjadi lebih menarik untuk saya pribadi, dan menjadi sesuatu yang dapat saya perlakukan secara objektif. Mungkin karena masa remaja saya sudah lewat, tapi band saya masih aktif, saya jadi sering diminta menulis memoar.

Namun, saya tidak pernah mau melakukannya karena saya tidak suka menulis sebuah buku selebritis, dan saya tidak suka menyewa penulis hantu. Saya tidak ingin menulis buku apapun, kecuali saya memang benar-benar ingin menulisnya, dan menumpahkan semua tentang saya di dalamnya,” ujar Flea.

Menyikapi proses menulis sebuah buku, Flea kemudian menambahkan:

“Saya jatuh cinta dengan proses menulis. Setiap kali saya menundukan kepala saya untuk menulis selama beberapa jam, saya merasa terpuaskan. Rasanya seperti bermain dalam sebuah ruang kreativitas di dalam diri saya yang tidak pernah saya sentuh sebelumnya.”

 

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    RHCP

Info Terkait