rub of rub

Formula Dub/Reggae Mengawang Ala Rub of Rub

  • By: NND
  • Jumat, 19 June 2020
  • 512 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Adalah Rub of Rub (ROR), sebuah unit musik post reggae/eksperimental dub yang menggoyangkan getaran duniawinya dari Bandung, Indonesia. Setelah berhasil melepas EP Ruang Waktu sebagai debutnya di tahun 2018, bersama Lamunai Records mereka kembali menghidangkan lagu baru.

Pada tangal 19 Juni 2020, Rub of Rub merilis single anyar bertitel “Oriental Eksotik”. “(Lagu ini) sebagai bentuk salam perkenalan mereka memasuki tatanan kehidupan yang baru,” terang mereka, dikutip dari siaran pers.

“Oriental Eksotik” bercerita tentang pasang surut kehidupan pribadi para personil Rub of Rub selama menggarap album penuh perdana yang diagendakan mendarat di akhir tahun 2020 mendatang.

Jika wajah musik Rub of Rub di Ruang Waktu mengupas narasi-narasi kehidupan “haus bebas” para remaja dengan balutan aransemen dub-psikadelia ritme acak; “Oriental Eksotik” menawarkan pengalaman yang agaknya digiring lebih mapan dieksekusi--lebih mendewasa.

Mereka menyatakan bahwa, “(Lagu barunya) mencoba untuk menyuguhkan suatu materi yang (lebih) listanable; lebih eksploratif dengan kualitas sound yang lebih matang. Eksperimen bunyi perangkat analog dari pre-amp hardware hingga space echo dilebur untuk mendapatkan kualitas dan pengalaman dalam mendengarkan lagu ini,”

“Secara garis besar ‘Oriental Eksotik’ diambil dari pengalaman romantika pribadi,” ungkap Rizwan Sukarna selaku vokal/gitar dan penulis liriknya. “Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang sempat hadir, pergi, lantas kembali lagi. Namun perasaan yang dulu sempat diyakini tak selamanya akan sama; seakan mengajak pendengar sedikit menengok masa lalu tanpa harus menghakiminya.

 

 

Waktu yang telah berlalu dengan sendirinya akan membentuk kenangan, baik atau buruk, dan waktu yang akan datang adalah angan-angan atau harapan baru,” tutupnya.

Masuk dan menyerapi durasi tiga menit 57 detik dari lagu baru ini, terasa struktur dub yang kokoh membuka jalan lebar bagi kocokan-kocokan dan bebunyian syahdu yang  mampu menggetarkan vibrasi laid back dengan halus tanpa perlu terlalu menarik urat.

Singkat kata, lagu baru dari Rizwan, Akbar (gitar-synth), Atma (bass), dan Zona (dram) ini memberikan kita gambaran terkait Rub of Rub yang kembali mencoba memperkenalkan musik mereka melalui aransemen yang terkesan lebih “injak rem”. Seusai judulnya, hasil akhirpun masuk predikat “eksotis”.

Suka dengan musik-musik Rub of Rub atau dari genre reggae dan dub lainnya? Ikuti terus update-nya, hanya di SUPERMUSIC!

0 COMMENTS