Edane

Gandeng Bagus NTRL, Edane Rilis Single ‘Si Bangsat (Sesuka Lo)’

  • By:
  • Sabtu, 3 October 2020
  • 714 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Edane kembali mengguncang dunia musik Indonesia dengan menggaet salah satu musisi rock ternama yaitu vokalis NTRL, Bagus Dhanar Dhana.

Pada 3 Agustus 2020, Edane merilis singel terbaru berjudul 'Si Bangsat (Sesuka Lo)' bersama Bagus. Langkah ini menunjukkan bahwa band rock legendaris Tanah Air ini belum kehilangan taringnya di kancah permusikan lokal.

Apa yang dilakukan band Edane yang beranggotakan Eet Sjahranie (gitar), Fajar Satritama (drum), Ervin Nanzabakri (vokal), Hendra Zamzami (gitar), dan Daeng Oktav (bass) terbilang mengejutkan dan langka.

Pasalnya, sepanjang berkarier hampir 30 tahun lamanya Edane tak pernah sekalipun berkolaborasi dengan musisi rock besar. Untuk hal ini, Bagus pun memulai penjelasannya.

"Gue sebenarnya udah lama ngobrolin kolaborasi ini sama Eet (Sjahranie). Dia sempet minta lagu sama gue. Waktu itu gue agak kaget dan bingung. Secara Edane itu 'kan idola gue sejak SMA. Ya, masa minta lagu sama gue,” kata Bagus NTRL dalam konferensi virtual.

Eet Edane mengaku menyukai karya-karya Bagus bersama NTRL dan sudah menantikan kolaborasi ini. "Gue langsung kontek Oktav dan gue bilang; 'Tav, gue dikasih lagu nih sama Bagus. Mau kita apain?' Soalnya gue juga belum punya gambaran harus diapain," ujar Eet Edane.

Ketika sesi pengerjaan dilakukan, Bayu Randu selaku co-producer mengaku tertantang ketika bekerja sama dengan Eet Edane. Mantan gitaris God Bless era album Raksasa (1988) itu berandil penuh dalam pengerjaan komposisi musik, kualitas sound, hingga pembuatan video clip.

"Jadi, ketika lagu ini pertama kali direkam dan vokal Ervin tidak sesuai, mas Eet langsung merombaknya dari awal. Dan itu butuh waktu sekitar sebulan sampai dapet yang benar-benar fix. Pada saat pembuatan video klip juga begitu. Mas Eet sangat detail jika ada yang tidak sinkron barang sepersekian detik pun," jelas Bayu.

Konsep dasar dari lagu Si Bangsat (Sesuka Lo) ini langsung disambut positif oleh Eet Sjahranie. Akan tetapi, sempat terdapat kendala ketika mereka mengaransemen lagu tersebut karena Ervin Edane mengalami kendala dengan nada dasar yang dibuat oleh Bagus.

"Buat vokalis, menyanyi itu harus nyaman. Memang ada kendala karena karakter vokal gue dan Bagus kan beda. Akhirnya setelah nada dasarnya diganti lagu ini jadi asik dan gue nyaman nyanyinya," kisah Ervin Edane.

Dari segi lirik, judul lagu Si Bangsat (Sesuka Lo) dari kolaborasi Edane dan Bagus NTRL ini terlihat kasar dan keras. Namun, Bagus menjelaskan bahwa lagu ini berkisah tentang kebebasan yang bertanggung jawab.

"Liriknya tentang orang yang bebas namun bertanggung jawab. Lagu ini berpesan apapun yang dikatakan orang lain sama lo itu biarin aja, selama lo enggak ganggu mereka dan lo masih ada di aturan yang berlaku sekarang, so what, go ahead," papar Bagus.

Sementara itu, Eet Edane menyebut lirik-lirik yang tersaji di lagu Edane dan Bagus NTRL ini memiliki pesan bagi orang-orang untuk menghargai perbedaan pendapat dan tetap melangkah maju ketika meyakini sesuatu.

Bobot Musik Kolaborasi Edane dan Bagus NTRL di Lagu Si Bangsat (Sesuka Lo)

Dari sisi musik, lagu yang bergenre heavy metal ini memang terdengar keras seperti lagu-lagu dari album Edane sebelumnya. Namun, tentu saja karena ada sisi kolaborasi membuat lagu Si Bangsat (Sesuka Lo) terdapat hal yang berbeda.

Sound dan skill gitar Eet Sjahranie tetap ditonjolkan karena memang menjadi kekuatan dari setiap lagu Edane. Namun, mereka membuat perbedaan dari segi sound drum. Kali ini tone snare Fajar terdengar lebih mid low seolah menunjukkan Edane ingin beradaptasi dengan tren musik masa kiwari.

"Mau tidak mau memang harus beda dan menyesuaikan dengan karakter lagu ini, ya. Karena tidak mungkin gaya dan sound drum saya di sini sama dengan di lagu Living Dead (Edane, 2005) misalnya," ungkap Fajar.

Rilisnya lagu Si Bangsat (Sesuka Lo) bersama Bagus NTRL yang didistribusikan oleh label Greenland Indonesia ini menjadi langkah maju bagi Edane untuk mengeluarkan album selanjutnya.

Sejauh ini Edane telah memiliki lima album yakni The Beast (1992), Jabril (1994), Borneo (1996), 170 Volt (2002) dan Edan (2010). Namun, Eet tak memberikan informasi lebih jauh kapan Edane akan merilis album terbaru mereka.

Di lain sisi, Edane bukan satu-satunya musisi yang berkolaborasi dengan Bagus dan NTRL. Pada 14 Agustus 2020, mereka berkolaborasi dengan musisi hip-hop beken Indonesia, Tuan Tigabelas.

NTRL dan Tuan Tigabelas memadukan musik punk rock dan hip-hop ke dalam lagu berjudul 'BACOT". Lagu ini memadukan riff renyah dan rima hip-hop berkaliber tinggi bersama chorus danceable yang bertransisi manis.

Dalam penjelasan yang ada di deskripsi klip musik ini di YouTube. Lagu tersebut menjabarkan tentang kondisi saat ini yang begitu mudah merekam dan mengunggah apa pun di media sosial.

"Tentang era sosial media generasi milenial saat ini sering mencuit, mem-posting, merekam, sesuatu kegiatan atau apapun itu di sosial media mereka, untuk berbagai macam kepentingan yang menyebabkan interaksi beragam sudut pandang dari para followers-nya,” tulis mereka.

“Ini adalah era baru dimana semua orang bisa merasa saling terkoneksi dan merasa lebih dekat dengan siapa saja baik Pemimpin negara, Pemerintahnya, Idolanya, Teman, dan Brand yang mereka suka."

Kolaborasi antara NTRL dan Tuantiga belas ternyata berawal dari festival musik Synchronise Fest 2019, ketika NTRL mengajak sang rapper naik ke atas panggung.

Tak hanya dengan NTRL, Tuan Tigabelas juga sudah sempat melakukan kolaborasi lintas genre sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah dengan grup pop-punk kenamaan lokal, Pee Wee Gaskins, unit dub High Therapy, produser drum n bass Muztang, serta grup hardcore dari Surabaya, US Dollar.

0 COMMENTS