GAUNG: Rilis Single Terbaru Dari Album Perdana

  • By: NTP
  • Jumat, 21 April 2017
  • 2411 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Duo instrumental/post-metal asal Bandung, Gaung telah merilis single terbaru berjudul “Summa Injuria” melalui laman Soundcloud dan Bandcamp label mereka, Orange Cliff Records, pada 15 April lalu.

Setelah merilis single “Killing with Virtue” dan “Global Problem Listening Class” dalam format kaset single C10 beberapa waktu lalu, duo Raden Rama Saputra (bass/gitar/synth) dan Rendy Pandit (drum/vokal) merilis “Summa Injuria” lewat Orange Cliff Records sebagai single dari album debut mereka, Opus Contra Naturam yang dijadwalkan rilis pada tanggal 15 Mei mendatang dalam format CD dan kaset.

[bacajuga]

“Summa Injuria” juga akan dilepas lewat layanan streaming musik digital lainnya dalam waktu dekat. Menurut siaran pers yang diterima SuperMusic.ID, single tersebut juga akan diterjemahkan ke dalam format video klip.

Musikalitas “Summa Injuria” masih memperdengarkan kemahiran Gaung menyusun berbagai spektrum musik rock dan metal seperti stoner, math, juga progressive ke dalam hibrida musik yang padat. Seperti dua single Gaung sebelumnya, “Summa Injuria” menukar presisi dengan dinamisme komposisi dan penjelajahan sound.

Menurut Rama, judul lagu “Summa Injuria” adalah titik utama penafisran makna lagu. Komposisi tanpa lirik ini memuat narasi dan mood lewat siratan progresi ritme, pemilihan chord, dan tekstur bunyi. Istilah Summum jus,summa injuria sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Keadilan ekstrem adalah ketidakadilan yang ekstrem.”

Menurut Rama, judul “Summa Injuria” adalah penggambaran “pencarian keadilan dan kasih lewat komposisi berawalan lugas, layaknya perintah dan larangan dalam kamusmu, undang-undangmu, serta aturanmu yang (entah mengapa) ditegakkan secara harfiah,” menurut pengantar singkat Rama dalam siaran pers single tersebut.

“Sang ahli lantas merancang keadaan atas nama kebenaran yang maha eksak, ditengahi nuansa gamang, diakhiri penolakan dari pemberontak paling mutakhir: perasaan. Seperti sebuah maxim, 'summa injuria', kebenaran mutlak melahirkan kesalahan mutlak. Mungkin adil dan kasih tidak ada dalam salah satu sumbu benar atau salah, tapi di antara perbedaan,” tulis Rama.

Dengarkan single terbaru Gaung, "Summa Injuria", di bawah ini:

 

0 COMMENTS