virtual

Geliat Pertunjukan Musik Virtual Selama Tahun 2020

  • By: NND
  • Senin, 7 September 2020
  • 180 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Barangkali jika nanti menengok kembali ke tahun 2020, kita semua dapat mengenang masa-masa tanpa panggung musik. Kehadiran pandemi di awal tahun tentu sangat berdampak pada kelangsungan industri musik global, membuat banyak sekali gelaran terpaksa ditunda atau dibatalkan, apapun itu bentuknya juga seberapa besar skalanya. Namun, situasi tersebut juga mendorong para aktor industri musik untuk bersiasat, dan darinya, muncul sejumlah alternatif baru guna menyikapi batasan-batasan masa pandemi.   

Berbincang soal alternatif, salah satu terobosan kancah musik di tahun 2020 ini adalah maraknya gelaran virtual. Di saat social distancing menjadi hukum yang mutlak, gelaran musik pun pindah ke dimensi daring. Dengan maraknya gelaran virtual yang dihelat sepanjang tahun, rasanya kita sudah tidak perlu mengantre lalu berdesakan di venue (meski kita pun rindu hal itu) untuk menikmati aksi-aksi favorit.

Gelaran musik virtual pun hadir dalam wujud dan bentuk yang bervariasi sebagai bentuk dari kreatifitas para penyelenggaranya, juga sebagai usaha untuk tetap menjaga semarak keseruan kancah musik dan merayakan karya-karya yang dirasa pantas. Berikut kami jabarkan beberapa diantaranya.

Pertama, kita dihadapkan dengan festival musik virtual. Berkunjung ke festival selalu jadi hal yang menarik–di saat kita diberikan banyak pilihan dan dapat menjelajahi panggung demi panggung untuk menyimak aksi yang juga beragam. Didalangkan oleh coronavirus, sekarang festival musik pun dapat dikunjungi melalui layar kaca gadget masing-masing. Contoh saja festival metal Slay at Home, ataupun Asia Rising yang digelar oleh 88rising; keduanya jadi sample festival musik virtual yang mampu menampilkan barisan musisi secara sukses di tahun 2020 ini.

Turun ke skala yang lebih mikro, pandemi tentu tidak jadi halangan bagi beberapa band untuk tetap merilis album baru. Melepas album baru tanpa dapat memainkannya secara langsung tentu terasa tidak pas–para fans butuh hal tersebut, dan pandemi seakan menjadi kendala besar bagi mereka yang baru saja merilis album. Itu sebabnya ada beberapa grup yang memutuskan untuk tetap menggelar panggung showcase album mereka secara virtual. Jika kalian penasaran atau bahkan butuh referensi untuk menggelar showcase kalian sendiri, coba cek apa yang dilakukan oleh HAIM dan Code Orange–keduanya berhasil menggarap showcase dengan apik di tengah masa karantina.

Jika membahas macam-macam pagelaran musik virtual, mungkin yang paling unik dan kreatif adalah kehadirannya dalam jagad gaming. Ya, in-game concert jadi gelaran yang kerap dijumpai di tahun 2020 ini, menjadi sorotan bahwa dua aspek itu dapat digabungkan untuk memberikan pengalaman hiburan yang apik. Tidak percaya? Dunia game itu cukup fleksibel, ia bisa merumahi bermacam-macam gelaran musik, tergantung apa game-nya, dan bagaimana gelaran tersebut direncanakan. Tur dan kosner tunggal? Coba cek pesta “raksasa” Travis Scott di melalui game Fortnite. Festival musik? Ada Nether Meant Fest dan Block By Blockwest yang digelar dalam jagad Minecraft. Jadi, game dan musik? Keduanya memang cocok.

Masa-masa karantina yang memaksa kita untuk tetap dirumah barangkali jadi dorongan besar terkait menayangkan musik melalui streaming secara serial. Berdiam diri di rumah tentu memerluka hiburan agar tidak merasa bosan, dan streaming series bisa jadi obat manjur dalam situasi ini. Jagoan thrash Metallica punya #MetallicaMonday yang menayangkan konser-konser mereka tiap hari senin, ada juga Knotfest Weekly gagasan Slipknot. Di kancah musik dansa, Boiler Room pun terus beroperasi seperti biasa, namun kali ini maju dengan serial Streaming from Isolation.

Atas itu semua, kancah musik lokal pun tidak ketinggalan zaman. Di Indonesia, gelaran virtual juga sudah menjadi alternatif yang laku dipakai oleh para aktor. SUPERMUSIC sendiri pun juga ambil andil dalam ketersediaan aksi-aksi musik secara virtual. Untuk terus menyalurkan kerinduan menyimak musik secara live, kita punya serial konser This Is My Wave Concert yang menampilkan musisi-musisi lokal yang tentunya berkualitas, yang hadir dan memainkan musik mereka secara intim dan ekslusif.

Serial This Is My Wave Concert sudah diisi oleh sejumlah nama-nama keren dalam pentas musik nasional; termasuk diantaranya, The Upstairs, Hellcrust, The SIGIT, dan yang akan datang, Jason Ranti. Penasaran seputar serial This Is My Wave Concert? Coba pantau medsos kita untuk info lengkapnya, ya!

 
0 COMMENTS