Gitar Camp 2016 Jadi Personil Sekaligus Produser Band Sendiri, Why Not?

  • By: LS
  • Rabu, 13 January 2016
  • 5210 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Entah itu kharisma, kemampuan aransemen ataupun aksi panggung memukau, setiap gitaris pasti punya kelebihan lain di samping skill. Hal itu bisa saja merupakan bakat natural ataupun sesuatu yang bisa diasah. Sebagai seorang gitaris, Eben dari band metal asal Bandung Burgerkill juga memiliki hal tersebut. Disamping kemampuan bermain gitar dan menciptakan rhytm yang khas, Eben mencurahkan kemampuannya sebagai produser dalam Burgerkill.

Hal ini Eben bagi kepada 20 gitaris peserta Guitar Camp 2016, Selasa (12/1), di Alfa Resort, Cisarua, Jawa Barat. Pada hari pertama salah satu rangkaian dari Supergitar Competition 2015 ini, Eben menyampaikan proses kreatif yang ia jalani sebagai gitaris sekaligus produser, dalam membuat karya bersama Burgerkill.

“Biasanya di BK (Burgerkill) gue bikin riff mentah, lalu gue bawa ke studio. Setelah itu biasanya lanjut proses ke drum dan instrumen lain,” cetus Eben. Proses kreatif Burgerkill sendiri seringkali dimulai oleh Eben yang berangkat dari riff mentah. Bukan sekadar pengusung aransemen awal, Eben juga mengarahkan aransemen lanjutan yang akhirnya dieksekusi oleh personil lain. Arahan-arahan ini secara tidak langsung membuat Eben berperan sebagai produser dalam Burgerkill.

Sebisa mungkin, Eben dengan Burgerkill membuat anatomi lagu yang tidak terpatok pada pola konvensional. Bukan sekadar intro, verse, reff dan kembali ke verse. Pola-pola tertentu yang mereka usung ini merupakan bentuk kreativitas yang menurut Eben patut dikembangkan oleh para peserta Guitar Camp 2016.

Meskipun tidak menggunakan pola konvensional, Eben tidak melupakan kesederhanaan dalam aransemen gitar. “Saat pertama nulis lagu, gue pengen bikin lagu yang breakdown dengan vokal seperti itu dan gitar yang simpel. Gue berpikir sederhana, band itu kan whole package, ada gitar, bass, drum dan vokal,” tutur Eben.

Foto: LS

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
19 views
superbuzz
19 views
superbuzz
19 views
superbuzz
19 views
superbuzz
19 views
superbuzz
19 views