Gitaris Terbaik Dunia Menurut Industri Musik Mancanegara

Gitaris Terbaik Dunia Menurut Industri Musik Mancanegara

  • By:
  • Senin, 5 April 2021
  • 629 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setiap tahunnya, berbagai macam pihak di industri musik kerap kali mengeluarkan informasi terkait musisi terbaik, dalam bentuk artikel maupun informasi lainnya. Pihak di industri tersebut biasanya datang dari media musik internasional maupun kritikus musik yang terus memperluas pengetahuannya di ranah yang mereka geluti. Tidak jarang juga pihak-pihak tersebut merilis informasi tentang musisi terbaik dunia sepanjang masa. Kali ini, mari berbicara mengenai gitaris terbaik dunia.

Daftar terkait gitaris terbaik dunia ini merupakan rangkuman yang disusun dari berbagai macam sumber. Klasifikasi utama yang menjadi penentuan gitaris terbaik dunia ini tentu saja terkait penampilan serta kualitas bermusiknya yang mampu menjadi ikon dan juga inspirasi pada musisi lainnya. Terutama bagi musisi di generasi-generasi berikutnya. Oleh karena itu, mari lihat siapa saja yang masuk ke dalam daftar gitaris terbaik dunia dari berbagai sudut pandang industri musik mancanegara. 

  1. Jimi Hendrix


    Dok. Stefano Chiacchiarini / Shutterstock

    Siapa yang tidak kenal Jimi Hendrix. Selain permainan musiknya yang memukau, salah satu gitaris terbaik dunia ini juga memiliki penampilan yang ikonis. Berambut kribo dan memainkan gitar dengan konfigurasi kidal, merupakan identitas yang mudah dikenali dari sosok Jimi Hendrix. Sering kali melakukan eksplorasi ide dalam mendobrak batas musik rock merupakan salah satu kualitas yang dimiliki oleh gitaris terbaik dunia satu ini. Jimi Hendrix kerap kali menghadirkan pendekatan kreatif yang berbeda untuk setiap karya-karyanya. 

    Selain itu, gitaris terbaik dunia satu ini juga merupakan salah satu sosok yang mempopulerkan versatilitas dari sebuah whammy bar pada gitar. Hasil eksplorasi musik tersebut bisa didengar dari lagu-lagu Jimi Hendrix yang berjudul Machine Gun or Voodoo Chile. Dalam kedua lagu tersebut, permainan gitaris terbaik dunia ini dianggap layaknya gemuruh petir yang cukup menggelegar dan menjadi focal point yang menggerakan nuansa dari keseluruhan musiknya sendiri.

  2. Eric Clapton


    Dok. guitar.com 

    Permainan yang simpel namun mampu menghadirkan harmonisasi musik yang kuat adalah salah satu kekuatan yang dimiliki Eric Clapton yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu gitaris terbaik dunia di industri musik dunia. Gitaris terbaik dunia yang populer di tahun 1970-an ini bahkan tidak hanya dikenal dengan permainan blues-nya saja. Eric Clapton juga cukup sering melakukan eksplorasi musik di luar genre yang diusungnya. Salah satu kesempatan tersebut hadir saat gitaris terbaik dunia satu ini berhasil merekam versi cover dari lagu I Shot The Sheriff milik Bob Marley.

    Sepanjang sejarah kariernya sebagai seorang musisi, gitaris terbaik dunia satu ini telah berhasil meraih 18 penghargaan untuk Grammy Awards. Selain itu, Eric Clapton juga mendapatkan penghargaan khusus di Brit Awards sebagai salah satu musisi yang memiliki kontribusi besar di industri musik. Berkat pencapaian yang besar di ranah yang digelutinya, gitaris terbaik dunia ini juga dinobatkan sebagai Commander of the Most Excellent Order of the British Empire dari kerajaan Inggris di tahun 2004.

  3. Jimmy Page


    Dok. guitar.com

    Bagi kalian yang menggemari musik rock, tentu saja tidak asing dengan nama Jimmy Page. Salah satu gitaris terbaik dunia ini merupakan salah satu motor di balik kesuksesan Led Zeppelin. Banyak karya-karya populer milik Led Zeppelin tercipta dari tangan dingin gitaris terbaik dunia satu ini. Pengalaman dalam bermusik sedari muda merupakan salah satu kunci mengapa Jimmy Page dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik dunia oleh beberapa pihak di industri musik mancanegara.

    Saat gitaris terbaik dunia satu ini menjadi pilar yang mendirikan Led Zeppelin, Jimmy Page sudah mengetahui segala konsep musik apa saja yang dirinya inginkan sesaat masuk dapur rekaman. Visioner merupakan kata yang dapat mewakili karakteristik bermusik dari gitaris terbaik dunia satu ini. Jimmy Page juga cukup sering memainkan tempo dan atmosfer dari lagu-lagu Led Zeppelin dengan komando yang berasal dari permainan gitarnya. 

  4. Keith Richards


    Dok. udiscovermusic

    Di balik kuatnya sosok Mick Jagger di The Rolling Stones, ada Keith Richards yang mampu terus mendorong progresi musik dari band rock legendaris tersebut. Permainan musiknya dikenal cukup dinamis, sehingga mampu menghadirkan kesan lagu yang penuh. Kesan lagu penuh tersebut nyatanya tidak membuat permainan musik dari gitaris terbaik dunia ini jadi dominan. Keith Richards mampu menghadirkan permainan gitar yang fleksibel agar membuat lagu menjadi kesatuan yang harmonis.

  5. Jeff Beck


    Dok. guitar world

    Keberuntungan mungkin terksesan sebagai sebuah understatement jika membicarakan Jeff Beck sebagai salah satu gitaris terbaik dunia. Dirinya berada di dalam waktu dan tempat yang tepat saat berkarier sebagai gitaris muda. Jeff Beck pernah tergabung di dalam band bernama Yardbirds. Band tersebut juga dulunya sempat diisi oleh Eric Clapton dan Jimmy Page. Untuk melepas dari bayang-bayang kedua gitaris sebelumnya, Jeff Beck pun menghadirkan permainan musik yang berbeda dan kini menjadi signature-nya dan pantas memegang title sebagai salah satu gitaris terbaik dunia.

    Karakteristik permainan musik Jeff Beck dinilai cukup progresif. Sebagai salah satu gitaris terbaik dunia, Jeff Beck kerap kali mengaburkan batasan-batasan permainan musik dari genre tertentu, yang kini lebih dikenal dengan istilah fusion. Kala itu, Jeff Beck juga sering berbagi pengalaman dengan musisi blues dan jazz. Pergaulan yang luas menjadi sebuah amunisi bagi peluru kreatif Jeff Beck saat bermain musik. Bahkan, Jeff Beck sendiri pernah menggabungkan musik rock dan electronica saat masih belum populer seperti sekarang ini.

Image courtesy of Guitar World

0 COMMENTS