Glenn Branca, Musisi Eksperimental Berpengaruh, Meninggal Dunia

  • By: OGP
  • Selasa, 15 May 2018
  • 299 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kabar duka kembali menyelimuti lanskap rock. Musisi kancah eksperimental, Glenn Branca telah meninggal dunia pada Minggu (13/5) waktu setempat. Gitaris handal itu meninggal di usia 69 tahun karena kanker tenggorokan yang telah menggerogotinya selama beberapa tahun terakhir ini.

Berita tentang kematian Branca diumumkan langsung oleh sang istri, Reg Bloor melalui akun media sosial miliknya. “Glenn Branca telah meninggal dunia dalam tidurnya tadi malam karena kanker tenggorokan,” tulis Reg Bloor via Twitter miliknya.

“Aku merasa bersyukur telah hidup bersama dan bekerja dengan pabrik ide dan kreativitas yang hebat selama 18 ½ tahun terakhir. Hasil dari musikalitasnya adalah sebagian kecil dari ide-ide yang ia tuangkan pada hari tertentu. Pengaruhnya dalam dunia musik tak terhitung.”

“Terlepas dari perangainya yang kasar, dia adalah pria yang sangat peduli dan begitu setia. Kami tinggal di dunia kecil milik kami berdua bersama. Aku sangat mencintainya. Hatiku benar-benar hancur. Dia menjalani kehidupan yang begitu memiliki makna dan takkan pernah menyesal. Terima kasih kepada semua fans dan semua musisi yang telah mendukung yang memungkinkan semua hal terjadi,” terangnya.

Sepanjang karier bermusiknya, Branca cukup dikenal lewat karyanya berjudul The Ascension (1981). Lewat album bernuansa instrumental ini, Branca cukup mempengaruhi sound-sound gitar bising milik dedengkot alternative rock seperti Sonic Youth dan Swans. Bahkan sosok David Bowie pun mengakui jika The Ascension merupakan salah satu album favoritnya.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
9 views
superbuzz
36 views
superbuzz
44 views
superbuzz
130 views