Glenn Danzig Misfits: Musik Punk Zaman Sekarang Dihadang “Cancel Culture”

Glenn Danzig Misfits: Musik Punk Zaman Sekarang Dihadang “Cancel Culture”

  • By:
  • Minggu, 30 May 2021
  • 224 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Vokalis Misfits, Glenn Danzig, angkat suara soal kondisi musik punk di era kiwari. Sosok berusia 65 tahun tersebut beranggapan bahwa ikon-ikon punk di seluruh dunia tidak akan mendapatkan perlakuan yang sama dan adil di zaman modern seperti di era-era sebelum sekarang.

Pernyataan ini bukan tanpa alasan, Glenn Danzig menyebut bahwa kultur "woke bulls**t" (kesadaran masalah terkait keadilan sosial dan rasial) dan "cancel culture" (budaya pembatalan seperti pemboikotan sosial) sering dilakukan di zaman modern khususnya di media sosial.

Kultur seperti itu yang berkembang di zaman sekarang dinilai membuat ruang gerak dari musik punk, termasuk para punk rocker, jadi terbatas. Kondisi tersebut dinilai Glenn Danzig membuat ledakan musik punk di era jadul tak akan mungkin terulang di zaman sekarang.

Pernyataan ini disampaikan Glenn Danzig pada wawancaranya bersama Rolling Stone belakangan waktu. Dalam obrolan itu, pembahasan lebih banyak soal film horor yang akan digarap Glenn berjudul Death Rider in the House of Vampires. Namun pada satu titik, pembahasan berlanjut soal rilisan lawas Misfits yaitu "Last Caress".

Baca juga: Formasi Asli The Misfits Siap Rayakan Halloween

Glenn mengomentari lirik-lirik lagu yang provokatif di lagu Misfits tersebut tidak akan mudah untuk ditemukan di band-band zaman sekarang. Glenn jelas menyayangkan kondisi ini karena sekarang orang-orang cenderung lebih "sensitif" dalam melihat sebuah karya, khususnya musik punk, yang punya reputasi sebagai musik perlawanan.

"Itu (‘Last Caress’) hanyalah sebuah lagu yang gila, kami akan melakukan hal-hal yang hanya akan membuat orang kesal. Bagian dari (pendekatan penulisan lagu gue) seperti, ‘Fuck everybody. Fuck you, fuck you, fuck you, fuck the world’. Dan itulah gelagatnya. Itu seperti, ‘Fuck your system, fuck all this bullshit’. Itu adalah luar biasa," kata Glenn Danzig.

"Menurut saya orang-orang tidak akan bisa melihat hal seperti itu lagi sekarang. Tidak akan ada lagu band baru yang keluar dengan (pendekatan musik dan lirik) seperti itu. Sekarang band-band seperti itu mungkin akan dibatalkan atau diboikot," jelas sang vokalis Misfits.

“Orang-orang tidak mengerti, karena sekarang semuanya begitu "cancel culture", dan "woke culture" yang omong kosong, sehingga kalian tidak akan pernah mengalami ledakan budaya punk di zaman sekarang."

"Kalian tidak akan pernah menyaksikan lagi band punk dengan energi yang sama dengan dulu. Itu nggak akan pernah terjadi. Kami beruntung pernah mengalami semua itu, karena itu tidak akan pernah terjadi lagi. Semua orang saat ini sangat tegang dan politically correct (berusaha bersikap benar secara politis)," ujarnya.

Selain mengomentari soal kondisi musik punk di zaman sekarang, Glenn Danzig juga memberi kabar soal konser reuni Misfits dengan formasi personel orisinal. Glenn membuka kemungkinan hal ini terjadi, namun pandemi COVID-19 membuat segala rencana bisa saja berubah saat ini.

"Saya tak menutup kemungkinan, tapi saat ini konser seperti Misfits harus diadakan di tempat yang lebih besar dan saya tak tahu tempat seperti itu sudah dibuka atau belum. Jadi kita lihat saja nanti," jelasnya.

"Maksud saya, pintu kami terbuka. Jika kami melakukannya, saya ingin bermain di beberapa tempat yang belum kami kami datangi seperti Texas atau Florida atau tempat-tempat seperti itu."

Pada 2016 silam, untuk pertama kalinya selama 33 tahun, Misfits tampil dengan formasi orisinal berisikan Danzig, Only, dan Doyle yang tampil di Riot Fest dengan nama The Original Misfits. Drummer Slayer, Dave Lombardo turut didapuk jadi penabuh drum di saat reuni akbar berlangsung.

Sejak saat itu, beberapa kali Misfits kembali manggung dengan formasi orisinil seperti pada 2017 dalam konser di MGM Grand Garden Arena, California. Misfits juga menyertakan Alkaline Trio dan FEAR sebagai band tamu pembuka.

 

Image source: Instagram/Glenn Danzig

0 COMMENTS