GOJIRA DALAM SESI REKAMAN ALBUM BARU YANG IBARAT KITAB SUCI

  • By: SS
  • Rabu, 6 January 2016
  • 2190 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Unit metal progresif asal Perancis, Gojira, tampaknya sedang menyiapkan album baru saat mereka merilis video sesi rekamannya melalui kanal You Tube baru-baru ini. Terakhir kali Gojira merilis album adalah L'Enfant Sauvage, empat tahun silam.

Dalam wawancaranya dengan Rocksverige, dedengkot Gojira, Joseph Duplantier, sempat menjelaskan proses produksi bakal album mereka, "Kami telah merekam beberapa demo lagu. Kami juga sering jamming di studio. Kami bekerja sangat keras sekali untuk menyiapkan lagu-lagu ini. Kami ingin mengeluarkan kemampuan terbaik di album nanti. Kami menghasilkan banyak riff yang belum pernah kami bikin sebelumnya."

"Kalau dulu kami hanya menyiapkan 12 lagu, masuk studio, lalu merekamnya sesuai versi demo. Kali ini tidak. Kami menyiapkan banyak lagu, dan menyeleksinya terlebih dahulu. Kalau ada lagu yang buruk, langsung kami buang, dan bikin yang baru lagi hingga memuaskan," ungkap Joseph Duplantier. "Saat ini sedikitnya sudah ada stok 20 lagu yang sedang dikerjakan. Ini cara yang sangat menantang bagi kami. Mungkin ada beberapa riff yang terdengar seperti Pantera, atau sesuatu yang baru di telinga kami. Itu yang kami ulik terus untuk mencari formula riff yang sesekali bisa menonjok pendengar."

[bacajuga]

Untuk memotong stok 20 lagu menjadi 12 atau 13 lagu di albumnya nanti juga menjadi pemikiran bagi Joseph Duplantier, "Tidak masalah, bahkan kurang dari itu sekalipun. Saya sendiri menyukai tipikal album yang pendek dan dinamis. Faktanya kami memang memiliki banyak stok lagu – yang mungkin bisa dibagi jadi tiga album sekaligus. Namun kami akan tetap pakai cara yang sederhana.”

Saat merilis album rekaman, kami melakukannya dengan cara-cara yang old-school. Kita bisa saja melepas satu demi satu lagu single, secara bertahap, layaknya yang dilakukan oleh band-band jaman sekarang. Oke, format album memang dibilang agak sekarat saat ini. Band biasanya menjalani tur, rilis lagu single, lalu melanjutkan tur lagi. Tapi sikap kami sangat old-school untuk hal seperti itu. Kami masih mendambakan gambaran yang besar dari karir kami, makanya sebuah album itu adalah sesuatu yang penting. Sebab, merilis karya musik berformat album itu ibarat kitab suci bagi kami," imbuhnya kemudian.

Foto: Matalship / Blabbermouth / Rocksverige

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
13 views
superbuzz
13 views
superbuzz
13 views
superbuzz
13 views
superbuzz
13 views
superbuzz
13 views