Gojira Menuju Album Baru Rilis Single Pembuka Born For One Thing

Gojira Menuju Album Baru: Rilis Single Pembuka “Born For One Thing”

  • By:
  • Jumat, 26 March 2021
  • 122 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Butuh lima tahun bagi Gojira untuk merilis album baru. Unit metal asal Prancis itu mengumumkan bakal melepas album baru atau album studio ketujuh mereka pada 2021 ini.

Pengumuman album baru Gojira ini disampaikan pada 17 Februari lalu. Band yang kini beranggotakan Joe Duplantier (lead vocal), Mario Duplantier (drum), Christian Andreu (lead gitar), dan Jean-Michel Labadie (bass) itu mengumumkan tajuk album terbaru Gojira adalah Fortitude.

Disebutkan bahwa album baru itu akan dilepas oleh Gojira pada 30 April mendatang via Roadrunner Records. Sebagai permulaan, Gojira juga merilis single pembuka dari album barunya nanti berjudul Born For One Thing.

Single pembuka ini bertemakan tentang keberanian untuk mengahdapi ketakutan yang terpinspirasi oleh filsuf Tibet dan Thailand yang dibaca oleh Joe Duplantier selama masa mudanya.

"Kita harus berlatih melepaskan diri dari segalanya, dimulai dengan hal-hal yang terkini. Kurangi tentang rasa mengekang, dan lepaskan yang tidak diperlukan karena suatu hari kita harus melepaskan semuanya. Jika tidak, kita hanya akan menjadi hantu yang terjebak di antara dimensi," ujar Joe dalam sebuah keterangan dilansir Pitchfork.

Gojira pun sekaligus merilis video musik dari Born For One Thing. Video untuk trek tersebut berlangsung di museum sejarah alam di mana seorang pria mengambil pil dan berubah menjadi seorang gadis sebelum melarikan diri dari seorang penjaga keamanan. Di ruang lain museum, Gojira membawakan lagu tersebut dengan permainan yang memukau.

Joe Duplantier memproduseri dan merekam album Gojira di studionya di Ridgewood, Queens, dan Andy Wallace (Nirvana, Rage Against the Machine) bertindak untuk mixing. Gojira sebelumnya sudah menunjukkan bahwa mereka akan kembali membuat karya baru setelah melepas lagu berjudul Another World pada 2020.

Mendarat pada Agustus 2020, single tersebut menjadi lagu baru pertama dari Gojira selama empat tahun terakhir. Gojira juga merilis bersamaan video musik dari lagu tersebut yang merupakan sebuah video musik animasi.

 

 

Video animasi tersebut memperlihatkan anggota Gojira yang menggambarkan para ilmuwan terkurung di laboratorium di dalam dunia yang dilanda virus. Mereka bertukar pikiran tentang beberapa metode untuk melarikan diri dari dunia ini - termasuk membangun lubang cacing - sebelum membangun pesawat luar angkasa dan meluncur keluar dari sini. Pada akhirnya, seperti di Planet of the Apes, mereka kembali ke Bumi milenium di masa depan.

Sebagai karya yang cukup lama dinantikan, single Another World terbilang banjir pujian dan mendapat respons positif. Ini dibuktikan dengan munculnya single ini sebagai lagu pertama Gojira yang pertama kali masuk ke tangga lagu Billboard dengan debut di posisi ke-12 Hard Rock Digital Song Sales dan nomor 25 di Hot Hard Rock Songs chart.

“Dengan kegembiraan yang luar biasa kami mempersembahkan lagu baru kami 'Another World. “Ferdinand Magellan pernah berkata: ‘Barulah dengan jiwa yang kuat kita akan menempuh perjalanan yang paling berbahaya, untuk bertemu dengan masa depan yang penuh bayangan tanpa rasa takut, dan menaklukan hal-hal yang tidak kita ketahui," kata Joe Duplantier dilansir Rolling Stone.

"Apakah umat manusia hancur, atau akankah kita bertahan dari amukan alam? Coba intip ‘masa depan penuh bayangan’ kita dengan menyimak versi Planet of the Apes (1968) kami dalam lagu baru ‘Another World’ 'Another World'," jelasnya.

Untuk mendukung promosi dari album Fortitude nantinya, Gojira berharap bisa melakukan tur di akhir tahun 2021 bersama Deftones. Gojira sudah mengumumkan jadwal turnya di Amerika Serikat pada bulan Agustus dan September 2021, mereka juga berencana melakukan tur di Eropa pada akhir Mei nanti.

Namun, belum bisa dipastikan apakah tur ini bisa dilakukan oleh Gojira atau tidak mengingat penyebaran vaksin untuk mengatasi pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Tracklist dari Album Fortitude milik Gojira:

  1. “Born for One Thing”
  2. “Amazonia”
  3. “Another World”
  4. “Hold On”
  5. “New Found”
  6. “Fortitude”
  7. “The Chant”
  8. “Sphinx”
  9. “Into the Storm”
  10. “The Trails”
  11. “Grind”
0 COMMENTS