GORILLAZ: Sisipkan Sarkasme Anti-Trump di Klip Teranyar

  • By: OGP
  • Sabtu, 21 January 2017
  • 5315 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tinggal menuju hitungan jam, obor estafet kepemimpinan Barack Obama akan segera berpindah ke figur kontroversial Donald Trump. Menjelang detik-detik inagurasi digelar, kicauan pro-kontra dari publik seakan tak habis-habis ditujukan ke sang calon presiden ke-45 itu. Segelintir orang memilih kontra melawan Trump, namun di sisi berseberangan sebagian masyarakat memilih jalan pro dengan keputusan yang telah ketuk palu.

Di lingkup musik pun tak kalah berbeda, para pelaku musik banyak mengklaim diri mereka sebagai anti Trump. Hal ini berlaku juga untuk unit virtual Gorillaz. Band proyekan duo Damon Albarn dan Jamie Hewlett itu baru saja kembali dengan lagu dan videoklip baru bertitel “Hallelulah Money.” Lagu tersebut menjadi rilisan terbarunya setelah enam tahun tak kunjung melepas album baru.

Videoklip berdurasi empat setengah menit itu dieksekusi langsung oleh sutradara handal Giogio Testi dan Gorillaz sendiri. “Hallelulah Money” menampilkan sosok penyanyi sekaligus seniman Inggris, Benjamin Clementine, sebagai penyanyi tamu. Nama Clementine di belantika musik mulai dikenal luas ketika ia memenangkan nominasi album terbaik di Mercury Prize yang dihelat tahun 2015 lalu. Maka tak salah pilih jika pasukan Gorillaz mengundang secara terhormat penyanyi potensial keturunan Ghana itu.

Lewat karya video yang diluncurkan jelang pengukuhan jabatan paling prestisius milik negeri Paman Sam itu, Gorillaz secara lihai menyentil sosok Trump dengan lugas. Di awal tayangan videoklip, tampak Clementine disorot sembari bernyanyi di areal gedung Trump Tower. Berbagai potongan klip klasik, random nan absurd melatari sang penyanyi di kala bersenandung. Pecahan-pecahan video itu kemudian terhubung jadi kesatuan makna layaknya sebuah kolase. Seolah-olah merepresentasikan sisi ‘buruk’ personal Trump yang terangkum di dalam bentuk visual imajiner.

Simak videoklip terbaru bernuansa sarkas milik Gorillaz di bawah ini.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1446 views

G-Shock Ajak Kolaborasi Gorillaz

superbuzz
1131 views
superbuzz
1737 views
superbuzz
981 views