ep baru a curious voynich

Unit Post-Hardcore Bogor, A Curious Voynich, Kembali dengan EP Kedua

  • By: NND
  • Sabtu, 11 January 2020
  • 489 Views
  • 9 Likes
  • 11 Shares

A Curious Voynich, kuintet post-hardcore yang berdiri pada 2013 di Bogor, sebelumnya sempat aktif di blantika musik lokal dengan merilis EP The Encryption of Secret Messages pada 2014. Hidup kembali usai hiatus empat tahun, mereka melepas sebuah maxi-single berisi dua lagu, bertajuk Orbis Alius: Season One.

Di akhir Desember lalu, formasi Helmy (vokal), Dito (gitar/vokal), Indra (gitar), Rifal (bass), dan Adith (drum) kembali dengan melepas EP nomor dua. Hadirlah Orbis Alius: Season Two, sebuah EP yang berfungsi sebagai penutup dwilogi mereka.

Berjeda tujuh bulan dari Season One, Season Two terdengar masih sangat mewakili warna musik A Curious Voynich sedari awal terbentuk.

“Agresivitas di mini album pertama masih kami terapkan seperti di lagu “Evil Come, Eil Go”, tapi dari segi warna dan pemilihan sound akan semakin meluas” tutur Dito.

Terkait penyusunan aransemennya, gitaris band pembuka Kids on the Move asal Malaysia ini juga menyatakan bahwa, “Transisinya lumayan cepat, karena kita lebih banyak melakukan sesi jamming, jadi prosesnya tidak begitu rumit."

Gustmar kemudian menambahkan bahwa kebaruan dan semangat untuk eksplorasi merupakan formula A Curious Voynich saat ini untuk menghasilkan karya yang lebih relevan.

“Memang akan terdengar melenceng, tapi kita memang sudah bersepakat untuk memperluas wilayah musikal dari ACV,” ujar Gustmar.

Tak berbeda jauh dari Orbis Alius: Season One yang rilis tujuh bulan sebelumnya, EP tiga lagu ini menguatkan sound post-hardcore bercorak indie rock 90-an yang mereka usung, berpadu dengan agresivitas alt-metal dan penjiwaan hardcore/punk.

Sektor liriknya mengupas seputar perasaan yang cukup mendalam. Lirik-lirik mereka berbicara soal kehilangan dan juga pertanyaan atas rasa yang dibidik terhadap diri sendiri.

Di balik layar, Yos Bonar (vokal/gitar Life Cicla dan Good Enough) didapuk sebagai produsernya. Proses rekaman digarap di Amplop Records, Bogor pada bulan Agustus hingga November 2019, digandeng pula kolektif Gerakan Seni Rupa Bogor dan Nonplussed untuk pengerjaan artwork EP ini. Bahkan, Sosok Rian Pelor (Rimauaman Music, Detention) dan Pramedya Nataprawira (Agordi Club) pun turut berkontribusi dan menuangkan liner notes untuk EP kedua ini.

"Walaupun bisa didengarkan secara terpisah dengan Orbis Alius: Season One, Orbis Alius: Season Two tetap menjadi potongan puzzle terakhir yang menjadi transisi menuju perilisan album perdana," tulis mereka, dilansir dari siaran pers.

Perilisan EP kedua A Curious Voynich ini diluncurkan oleh Hujan! Rekords bertepatan dengan perayaan natal (25/12) kemarin. Kalian sudah dapat mendengarkan keutuhannya melalui platform streaming musik pada umumnya. Mudahnya, dengarkan kelengkapan Orbius Alius: Season Two, di bawah ini:

2 COMMENTS
  • rkswx

    Keren

  • cimoloriginal@gmail.com

    Yeahhhhh ????

Info Terkait

superbuzz
39 views
superbuzz
46 views
superbuzz
156 views
superbuzz
128 views
superbuzz
207 views
superbuzz
260 views