Khruangbin

'Hasta El Cielo', Eksperimentasi Dub dari Khruangbin

  • By: NTP
  • Jumat, 14 June 2019
  • 385 Views
  • 6 Likes
  • 1 Shares

Trio funk/psychedelic Khruangbin bersiap merilis album baru, berjudul Hasta El Cielo. Walau berjudul baru, tapi album ini memuat materi mereka di Con Todo El Mundo (2018) yang telah diinterpretasi dan di-mix ulang dalam format dub oleh audio engineer/produser dub legendaris asal Jamaika, Scientist.

Ini bukan pertama kalinya mereka bereksperimentasi dengan sound dub. Sebelumnya, mereka menggunakan mix dub di piringan B-side.

Beberapa lagu dengan mix dub muncul di album perdana edisi piringan hitam terbatas Universe Smiles Upon You (2015) untuk perayaan Record Store Day 2016, yaitu “People Everywhere”, dan piringan hitam 12 inci “Zionsville” yang remix-nya digarap oleh BoogieFuturo.

Kali ini, Khruangbin merombak total album Con Todo El Mundo dengan mix dub menjadi versi baru yang sama sekali berbeda.

“Bagi kami, dub rasanya seperti sebuah doa. Meditatif, luas dan mampu mengirim pendengarnya ke alam lain. Album-album dub yang pertama kali kami dengarkan di-mix oleh Scientist dengan musik karya Roots Radics.

Laura Lee belajar memainkan bass dengan cara mendengarkan Scientist Wins the World Cup. Gaya mix uniknya, dengan penekanan khusus di ruang dan tekstur dapat menciptakan sensasi pembekuan waktu. Terobosan ini sangat memengaruhi kami sebagai sebuah band.

Suatu kehormatan bagi kami dapat kesempatan kolaborasi bersama Scientist, seorang legenda dub. Ini adalah versi dub dari Con Todo El Mundo,” tulis mereka dalam siaran pers.

Kabar tersebut mereka rilis berbarengan dengan single instrumental pertama, yaitu remix dub “Maria También” yang berganti judul menjadi "Mary Always”.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
304 views
superbuzz
296 views
superbuzz
404 views