Health Ajak Nine Inch Nails Berkolaborasi untuk Single Baru

Health Ajak Nine Inch Nails Berkolaborasi untuk Single Baru

  • By:
  • Selasa, 1 June 2021
  • 54 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Band experimental rock asal Amerika Serikat satu ini, Health, nyatanya semakin menunjukkan taringnya untuk serius mengolah musik sesuai dengan keinginan mereka. Namun untuk karya barunya ini, Health rasanya membutuhkan sosok yang terbilang besar di skena eksperimental untuk menyempurnakan konsep yang ada di dalam kepala setiap anggota mereka. Kali ini Health mengumumkan bahwa mereka baru saja bekerja sama dengan Nine Inch Nails untuk single terbaru mereka berjudul Isn’t Everyone. Single terbaru hasil kolaborasi antara Health dan Nine Inch Nails ini merupakan karya orisinal pertama yang dirilis oleh Health tahun ini, semenjak tahun lalu merilis album kelima yang berjudul Disco4:Part 1.

Kolaborasi antara Health dan Nine Inch Nails ini merupakan kolaborasi yang pertama dilakukan dalam sejarah kedua unit tersebut. Health pada saat mengungkapkan kabar ini cukup berbahagia karena Nine Inch Nails mau membantunya dalam menghadirkan karya kolaborasi terbaru di tahun 2021. Trent Reznor selaku motor di balik Nine Inch Nails berperan sebagai produser dan teknisi mixing untuk track berjudul Isn’t Everyone ini. Jake Duzsik selaku frontman bagi Health pun secara personal mengucapkan terima kasih terhadap kesediaan Trent Reznor untuk ikut bagian sebagai kolaborator untuk proyek musik terbaru dari band experimental rock ini. Pentolan di dalam tubuh Health tersebut menyatakan karena terlalu sering bekerja dan membuat lagu secara mandiri, dirinya lupa betapa begitu menarik dan magisnya untuk menulis musik bersama orang lain.

Health sempat mengungkapkan bahwa hubungan mereka dengan Nine Inch Nails sebetulnya sudah terjalin sejak band experimental rock tersebut dibentuk pertama kali. Health mengakui bahwa Nine Inch Nails adalah sosok yang cukup berjasa menjadi inspirasi dari lahirnya Health sendiri. Terutama untuk karya-karya awal dari Health di tahun 2005. Health juga sempat mengungkapkan kepada salah seorang jurnalis dan sineas, David Farrier, bahwa lagu Isn’t Everyone ini sebetulnya sudah lebih dulu lahir idenya sebelum album kelima mereka mulai dikerjakan di tahun lalu. Namun, Health mengakui bahwa mereka menginginkan untuk melakukan hal yang berbeda. Maka lagu Isn’t Everyone diproduksi secara terpisah dengan album kelima mereka. 

Meskipun Isn’t Everyone menjadi lagu orisinal pertama yang dirilis oleh Health di tahun 2021, tapi band yang dimotori oleh Benjamin Jared Miller, Jake Duzsik, dan John Famiglietti ini juga sempat merilis sebuah lagu remix pada bulan Februari lalu. Band yang dibentuk di tahun 2005 ini baru saja merilis sebuah lagu remix. Lagu remix olahan Health ini berasal dari sebuah band punk rock kawakan, yaitu Rise Against. Bukan mencoba untuk melakukan remix lagu lawas, Health memilih lagu terbaru dari Rise Against yang diperkenalkan pada bulan September lalu berjudul Broken Dreams Inc. untuk keperluan proyek remix band experimental rock tersebut. Meskipun Rise Against tidak memiliki peran dalam proses produksi dari single remix yang baru saja dirilis oleh Health, namun Tim McIlrath, selaku frontman dari band punk rock tersebut mengaku cukup terkesan dengan hasil akhir dari lagu yang digubah tersebut.

Dalam proyek remix dari lagu Broken Dreams Inc. ini, Health terkesan mengubah hampir seluruh aspek dari lagu Rise Against tersebut. Pertama yang cukup kentara adalah perubahan dinamika lagu sebelumnya yang memiliki tempo cepat, menjadi lagu dengan beat yang mengayun seakan menghadirkan kesan hipnotis bagi para pendengarnya. Karakteristik beat yang mengayun memang salah satu ciri khas yang identik dengan musik electronic body music atau EBM yang juga merupakan langgap yang ada di dalam tubuh Health. Tim McIlrath juga menyatakan bahwa proyek remix yang dilakukan oleh Health ini seperti sebuah proses rekonstruksi tubuh. Pasalnya, dari musik yang dirilis, Health tidak hanya terdengar mencoba untuk mengubah tatanan musiknya, tapi juga menambahkan elemen-elemen lain yang menjadikan lagu Broken Dreams Inc. ini jadi sebuah entitas baru. 

Sedikit sejarah tentang band experimental rock asal Amerika Serikat ini, dibentuk oleh Benjamin Jared Miller, Jake Duzsik, John Famiglietti, dan Jupiter Keyes, keempat personel tersebut menginginkan sebuah nama band yang diambil dari kata sehari-hari. Oleh karena itu, kata “health” yang berarti kesehatan dalam bahasa Indonesia dipilih menjadi nama band ini sejak tahun 2005 hingga saat ini. Meskipun telah berdiri dan bermusik sejak tahun 2005, nyatanya Health baru berhasil mendapatkan pengakuan secara popularitas di tahun 2007. Pencapaian tersebut lahir berkat Health yang baru saja merilis sebuah single berjudul Crimewave.

Selain merilis proyek musik baru, Health juga kerap kali hadir mengisi beberapa soundtrack untuk keperluan video game. Di tahun 2020, Health juga terpilih menjadi salah satu musisi yang diperkenankan untuk menyumbangkan musiknya untuk jadi soundtrack Cyberpunk 2077. Selain Health, musisi yang juga ikut serta dalam proyek soundtrack tersebut di antaranya adalah Grimes, Sophie, Shygirl, Nina Kraviz, Rosa Walton, hingga Run The Jewels. Sejarah terkait kolaborasi Health dengan soundtrack video game sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2012. Kala itu, Health ikut serta untuk mengisi soundtrack game Max Payne 3 garapan Rockstar Games. Dalam proyek untuk Max Payne 3, penata musik untuk game tersebut, Ivan Pavlovich secara personal menginginkan Health untuk ikut bagian dalam proyek tersebut. Ivan Pavlovich merasa bahwa karya-karya eksperimental yang dilakukan oleh Health mampu menghadirkan kesan suspense dan thriller yang ideal untuk instalasi ketiga dari franchise Max Payne dalam ranah video game tersebut. 

Image courtesy of Health

0 COMMENTS