Hindia

Hindia Tumpahkan Kejujuran Bersama Rara Sekar Di “Membasuh”

  • By: NND
  • Senin, 22 July 2019
  • 809 Views
  • 4 Likes
  • 3 Shares

Hanya lepas seminggu setelah melepas kolaborasinya bersama Sal Priadi, “Belum Tidur”, Baskara Putra—lakon di balik Hindia—merilis lagi materi baru yang menambah jajaran kolaborator dalam diskografinya.

“Membasuh”, yang resmi rilis pada tanggal 17 Juli diproduseri oleh Ibnu Dian (Matter Halo) atau melalui lagunya bersama Nadin Amizah. Tidak main-main, kali ini Hindia berkolaborasi dengan Rara Sekar (eks-Banda Neira).

“Setelah saya, Petra [Sihombing] dan Tama (sound engineer dari banyak lagu .Feast dan Hindia) sama-sama tahu bahwa judul album perdana Hindia adalah ‘Membasuh’, saya merasa rela mengundur perilisan album jika lagu ‘Membasuh’ ini belum sempurna—bahkan disaat lagu-lagu lain sudah siap,” ucap Baskara Putra.

“Lagu ini lahir satu hari setelah Petra mengoper kepemilikan gitar akustiknya yang sederhana kepada saya” lanjutnya.

“Membasuh” menjadi jembatan Hindia untuk memberikan sedikit ketenangan dan kebahagiaan pada pendengarnya.

“(‘Membasuh’) tidak sebijak ‘Evaluasi’, semahir ‘Jam Makan Siang’ dalam menyadur, secanggih ‘Secukupnya’, atau sekompleks ‘Belum Tidur’. Yang ia miliki adalah kejujuran,” ungkap Bas.

Benar saja, lagu ini, adalah ;agu yang penuh kejujuran. Musik minimalis yang dominan dibalut tipis dengan gitar akustik, seakan menggarisbawahi pernyataan ini. Tidak maju dengan  serbuan gimmick, lagu ini mengalun terus terang.

“Proses mixing dan mastering-nya pun seadanya, sebisanya, dan secukupnya,” lanjutnya menjelaskan.

Layaknya ruang interaksi “tambahan” dengan pendengar, skema serupa dengan sederet lagu Hindia sebelumnya turut diterapkan di video klip single ini.

Beberapa waktu sebelum dirilis, Hindia mengajak teman-temannya di internet untuk mengirimkan video berisikan hal, figur, atau aktivitas yang membuat mereka bahagia. Akhirnya, kumpulan video itu dikompilasi ke dalam sebuah video dan dirilis di kanal YouTube Sun Eater.

“Membasuh”, yang dirilis oleh label rekaman Sun Eater, sudah dapat dinikmati di seluruh layanan musik digital. “Membasuh” ditulis oleh Baskara, dinyanyikan oleh dia dan Rara, diproduseri oleh Ibnu, dan dibantu oleh Dicky Renanda (.Feast) untuk gitar dan Ibnu Dian untuk piano. Sementara sampul single adalah karya Baskara dan Ibnu, dengan bantuan oleh Meidiana Tahir.

Simak dan dengarkan “Membasuh” melalui video klipnya di bawah ini:

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    BANDA NEIRA