Hip-Hop dan R&B Resmi Kalahkan Rock Sebagai Musik Terpopuler di AS Saat Ini

  • By: NTP
  • Rabu, 10 January 2018
  • 3591 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Menurut laporan akhir tahun Nielsen Soundscan, hip-hop dan R&B akhirnya menyalip rock sebagai musik terpopuler Amerika Serikat di 2017. Ini adalah kali pertama hip-hop dan R&B lebih banyak dikonsumsi ketimbang rock di AS.

Delapan dari sepuluh album terlaris di 2017 adalah album hip-hop dan R&B. Beberapa album tersebut adalah DAMN dari Kendrick Lamar, More Life dari Drake, dan 24K Magic milik Bruno Mars. Faktor krusial pergeseran ini adalah meningkatnya konsumen layanan streaming musik sebanyak 72% dari 2016.

Delapan dari sepuluh artis dan musisi terpopuler dalam laporan tersebut memainkan hip-hop atau R&B. Perhitungan Nielsen Soundscan memuat penjualan album digital, pemutaran lagu sejumlah album dan streaming audio/video. Peringkat sepuluh besar ini diisi Drake, Kendrick Lamar, Future, The Weeknd dan Eminem.

Musisi dan artis hip-hop/R&B meraup 25,1% total konsumsi musik di AS, sementara rock meraih 23%. Pergantian ini dipengaruhi angka konsumsi musik via layanan streaming. Album rock sendiri masih meraih 40% dari total penjualan album di AS. Namun, penjualan itu didominasi oleh nama-nama lama, yakni The Beatles, Linkin Park dan Metallica.

Sementara itu hip-hop dan R&B meraup 29% dari layanan streaming musik di AS. Dua genre tersebut adalah musik terpopuler pada layanan streaming musik seperti Spotify dan Apple Music, ketimbang rock dan pop. Sepuluh lagu paling populer di layanan musik streaming di 2017 adalah hip-hop dan R&B.

Di bawah ini tabel peringkat 10 musisi terlaris.

Di bawah ini tabel jumlah penjualan untuk genre rock.

0 COMMENTS