hip-hop anime

Hip-Hop dan Anime, Dua Budaya yang Mulai 'Fusion'

  • By: NND
  • Selasa, 30 June 2020
  • 452 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dari masa-masa perkembangan awalnya, hip-hop memang sudah memiliki “percampuran budaya” di dalam DNA-nya, bahkan hingga masih berbentuk disco dan breakbeats. Hingga sekarang, hal tersebut pun masih sering kita jumpai, salah satunya adalah referensi anime, kartun animasi buatan Jepang.

Rapper muda kenamaan macam Lil Uzi Vert, Duckwrth, dan Ski Mask the Slump God, misalnya; mereka kerap mengangkat referensi seputar Naruto--animasi ninja terkenal di Jepang. Adapula mendiang Lil Peep, Denzel Curry, dan Open Mike Eagle yang sempat menyinggung Death Note ke atas kertas rima mereka.

Pemain besar dalam kancah rap juga sama; Kanye West, RZA dari Wu-Tang Clan, hingga jagoan sirkuit underground seperti MF Doom dan Ghostface Killah juga kerap lari ke jagad anime untuk mengisi rima-rima ketat mereka, berisikan referensi anime tua macam film Akira, atau serial Dragon Ball dan lain sebagainya.

Generasi baru pun melahirkan rapper baru, juga anime baru, dan keduanya pun sering berkelindan. Sebagai contoh, coba lihat Attack on Titans dan Tokyo Ghouls--keduanya merupakan anime baru, dan rapper-rapper muda seperti Xavier Wulf dan Scarlxrd pun menjadikannya bahan lirik yang apik.

Di lain sisi, anime pun juga banyak menggunakan elemen hip-hop ke dalam penyajiannya. Beberapa bahkan meggunakan hip-hop sebagai unsur utama dalam serial mereka, contoh saja serial Samurai Champloo yang diberkati theme song dan scoring dari Nujabes dan Fat Jon--dua ikon hip-hop Jepang yang mendunia. Adapula film dan serial Afro Samurai, yang pengerjaan soundtrack-nya digarap oleh RZA.

Jadi, hip-hop dan anime? Ternyata berjodoh.

0 COMMENTS