MASKED ROCKER: 5 BAND ROCK BERTAMPANG "PALING" HORROR

  • By: OGP
  • Senin, 3 October 2016
  • 11127 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dengan karisma yang dibawa ke atas panggung, sudah sewajarnya seorang Rock Star menjadi pusat perhatian – bisa lewat dari gerakan menghentak hingga penampilan yang agresif. Seperti Elvis Presley, Iggy Pop atau rocker lainnya, tidak sedikit yang sengaja bersembunyi di balik identitas lain yang mereka ciptakan. Selain skill musikalitas yang mumpuni, persona unik dengan atribut yang mencolok (bahkan cenderung seram) biasanya menjadi identitas yang akan diingat para fans dan khalayak umum.  

Intip lima unit cadas dengan gimmick teraneh hingga persona terunik di dunia rock dan heavy metal: Brace yourself, Halloween is coming!

 

KISS

Siapa yang tidak kenal KISS? Cara paling mudah mengidentifikasi mereka, lihat saja riasan cat muka bermotif hitam-putih yang mereka kenakan, lengkap dengan pakaian kulit dan sepatu boot hak tinggi. Sejak 1973 band Hard Rock gaek beranggotakan The Starchild (Paul Stanley), The Demon (Gene Simmons), The Spaceman/Space Ace (Ace Frehley) dan The Catman (Peter Criss) asal New York ini mengambil inspirasi riasan Kabuki dari negeri Sakura. Setelah Criss dan Frehley keluar dari KISS di tahun 1982, KISS memutuskan untuk tampil tanpa riasan ikonis mereka sejak tahun 1983.

SLIPKNOT

Pasukan bertopeng seram asal kota Des Moines, Iowa ini lebih mirip sekumpulan pembunuh berantai ketimbang rocker. Mulai dari montir ala Michael Myers, pinhead dan boogeyman, frontman Corey Taylor cs sukses menciptakan karakter makhluk dari alam mimpi buruk yang sesuai dengan musik serta lirik yang mereka bawakan. Dengan mengenakan emblem kode identitas berwujud angka di samping lengannya, siapa yang mengira kalau personil SLIPKNOT, terutama Taylor, terlihat lebih cocok menjadi model/bintang film.

GWAR

Dengan mengangkat konsep visual fiksi fantasi, band heavy metal/hardcore punk asal Richmond, Virginia ini lebih terlihat seperti mainan action figure musuh He-Man ketimbang band Heavy Metal. Lengkap dengan senjata perang fantasi ala tentara barbar antar dimensi, kumpulan nama alias aneh – seperti Pustulus Maximus, Blothar, hingga Bone Snapper, GRAW yang beranggotakan 8 orang (dengan lusinan personil yang selalu berganti) selalu mempertontonkan aksi panggung yang over the top layaknya pertunjukkan horror. Mulai dari menyemprotkan urin, hingga darah yang keluar dari kostum payudara Vulvatron (Kim Dylla), tidak heran banyak media yang menyebut GWAR sebagai band "shock rock"

GHOST

Band Heavy Metal populer asal Swedia ini mengambil konsep gaya yang terinspirasi dari pemuka Gereja Katolik Roma, namun diparodikan menjadi pemuja setan. Dipimpin Papa Emeritus (dan dua penerusnya) sebagai vokal, personil GHOST yang disebut Nameless Ghouls hanya menggunakan nama elemen (air, api, bumi, angin dan ether) sebagai identitas mereka. Hebatnya, hingga sekarang belum ada yang mengetahui identitas sesungguhnya setiap personil GHOST secara publik.

MESIN TEMPUR

Sementara dari dalam negeri, tidak ketinggalan koalisi grind core nyentrik asal Kota Kembang – Bandung, MESIN TEMPUR. Dengan mengenakan topeng berlogo tengkorak, hingga kini belum ada yang tahu persis identitas di balik topeng tersebut. Walau terlihat seram, aksi panggung mereka lebih condong ke arah kocak, mulai dari melakukan koprol, bagi-bagi celana, hingga menulis lirik lagu berbahasa Sunda (Becak Tiguling, Supir Angkot Goblok, Apa itu Hip-Hop, dan Mari Membaca), yang berujung dengan moshing sambil tertawa.

0 COMMENTS