Ini 5 Sosok Gitaris Legendaris Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Ini 5 Sosok Gitaris Legendaris Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

  • By:
  • Jumat, 19 February 2021
  • 494 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Band-band yang namanya terdengar di hampir seluruh penjuru dunia tidak akan bisa meraih sukses besar seperti itu tanpa kehadiran gitaris berbakat. Gitaris legendaris itu yang mampu menghidupkan power chord, rif, string bending, dan finger tapping di setiap lagu ikonik dari band-band ternama dunia.

Di antara sosok-sosok gitaris legendaris itu, kepiawaian mereka bermain gitar sudah tidak dapat diragukan lagi kemampuannya. Bahkan, mereka bisa dibilang sebagai gitaris terbaik sepanjang masa.

Nama-nama lawas memang menghiasi sosok yang dianggap sebagai gitaris legendaris. Selain karena kepiawaiannya, mereka disebut gitaris legendaris karena punya pengaruh dan menjadi inspirasi bagi musisi-musisi kiwari. Berikut daftar gitaris legendaris yang sudah kami rangkum untuk Anda.

Gitaris Legendaris: Jimi Hendrix

Sosok satu ini memang sudah lama meninggal, gitaris legendaris Jimi Hendrix tewas pada 18 September 1970 di mana hasil autopsi menunjukkan Jim Hendrix meninggal karena asfiksia (kadar oksigen di dalam tubuh berkurang) akibat overdosis vesperax (obat tidur). Meski begitu, namanya tetap dikenang sebagai gitaris legendaris.

Jimi Hendrix dianggap sebagai salah satu gitaris terhebat di dunia bukan hanya karena kemampuannya, melainkan juga keunikannya dalam memainkan gitar. Jimi Hendrix merupakan seorang pemain gitar dengan tangan kidal dan banyak yang beranggapan bahwa Jimi memainkannya dengan terbalik.

Namun kenyataannya, Jimi Hendrix merangkai gitarnya seperti gitar kidal dengan senar E rendah di bagian atas dan E tinggi di bagian bawah. Pengaturan yang sangat unik ini yang memberi Jimi Hendrix suara yang juga unik saat memainkan gitarnya.

Penampilan ikoniknya di Festival Woodstock pada 1969, dianggap sebagai salah satu pertunjukan rock paling populer sepanjang masa. Sebagai musisi dan gitaris yang terkenal serta sohor pada masanya, kepergian Jimi Hendrix menjadi kehilangan besar bagi jagat musik dunia. Tak heran jika berpuluh-puluh tahun berlalu tribute untuk mendiang Jimi Hendrix masih mengalir dari berbagai penjuru dunia.

Tempat tinggal Jimi Hendrix di London dari 1968-1969 dipulihkan pada 2016 dan dibangun persis seperti saat ia tinggal di sana kemudian dibuka sebagai museum. Pada 2018, Anggota Kongres Adam Smith dari Washington berperan penting dalam mengesahkan RUU untuk menamai kantor pos di Seattle Renton menjadi Kantor Pos James Marshall 'Jimi Hendrix'.

Gitaris Legendaris: Stevie Ray Vaughan

Daftar gitaris legendaris lainnya yaitu Stevie Ray Vaughan. Ia adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman asal Amerika yang paling dikenal sebagai gitaris dan frontman dari band blues rock, Double Trouble.

Meskipun kariernya di industri mainstream hanya berlangsung tujuh tahun, dia dianggap sebagai salah satu musisi paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah musik blues, dan salah satu gitaris terhebat sepanjang masa.

Gitaris legendaris Stevie Ray meninggal di usia 35 tahun pada Agustus 1990. Ia meninggal setelah helikopter yang ditumpanginya mengalami crash. 

Gitaris Legendaris: Joe Satriani

Memiliki nama lengkap Joseph Satriani, gitaris legendaris satu ini dikenal sebagai musisi rock, komposer, penulis lagu, dan seorang guru gitar. Pada awal kariernya, Joe Satriani pernah bekerja sebagai guru gitar selama 3 tahun.

Banyak dari mantan murid gitaris legendaris satu ini yang meraih sukses besar dan ketenaran, seperti Steve Vai, Larry LaLonde, Rick Hunolt, Kirk Hammett (Metallica), Andy Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, dan Alex Skolnick.

Gitaris Legendaris: Eddie Van Halen

Founder dari band legendaris, Van Halen, Eddie Van Halen juga masuk ke dalam daftar gitaris legendaris pilihan kami. Bersama adiknya, Alex Van Halen, ia meraih sukses besar bersama Van Halen.

Eddie Van Halen dikenal sebagai master riff, seperti di “Unchained,” “Eruption,” dan “Take Your Whiskey Home.” Selain itu, dia adalah seorang jenius dalam hal harmoni dan tekstur dalam musiknya. Van Halen juga terkenal memegang pick gitarnya di antara ibu jari dan jari tengahnya, yang membuka jari telunjuknya untuk finger tapping.

Eddie Van Halen meninggal pada Selasa (6/10/2020) pagi waktu Amerika Serikat atau Rabu (7/10) pagi waktu Indonesia. Perjuangan berat Eddie Van Halen untuk tetap hidup tiba pada tahun 2000 ketika dirinya didiagnosa mengidap kanker lidah. Ia menyebut kebiasaannya menggigit pick gitar di mulut sebagai penyebab hadirnya kanker lidah yang diderita olehnya.

Menariknya, ada darah Indonesia mengalir di dalam tubuh gitaris legendaris Eddie Van Halen. Ayahnya yang merupakan seorang musisi sempat tinggal di Indonesia di akhir pemerintahan kolonial Belanda. Di Indonesia itu ayahnya bertemu dengan Eugenia Van Beers, perempuan blasteran Belanda-Indonesia asal Rangkasbitung, Banten, yang menjadi istrinya.

Keluarga Van Halen kemudian pindah ke Belanda pada 1953. Jalin kasih di antara mereka lantas melahirkan Eddie Van Halen pada 26 Januari 1955 di Amsterdam. Eddie memiliki satu saudara, Alex Van Halen, yang juga lahir di Belanda.

Gitaris Legendaris: Angus Young

Satu lagi daftar gitaris legendaris yaitu founder dari unit veteran metal asal Australia, AC/DC, Angus Young. Gitaris legendaris ini merupakan sosok di balik riff gitar ikonik dari lagu AC/DC macam Highway To Hell atau Back in Black.

Seperti halnya salah satu gitaris handal blantika rock, Angus Young meluncurkan sebuah buku biografi berjudul High Voltage: The Life Of Angus Young pada 2017. Sekelumit kisah-kisah Young semasa menahkodai AC/DC itu ditulis detail oleh Jeff Apter. Perjalanan panjang pria asal Australia itu saat menggebrak industri musik internasional juga dipaparkan secara mendalam oleh Apter.

Adapun, perjalanan karier Angus Young dengan AC/DC masih terus berlanjut. Bahkan, mereka baru saja merilis album studio ke-18 bertajuk Power Up.

0 COMMENTS