Ini Kumpulan Musik Rock yang Cocok Masuk Playlist Lo!

Ini Kumpulan Musik Rock yang Cocok Masuk Playlist Lo!

  • By:
  • Senin, 12 April 2021
  • 264 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kumpulan musik rock kerap mengisi hits crossover setiap tahunnya. Musik rock bukanlah sebuah genre yang simpel, memiliki banyak sekali subgenre, saling bersilang dan melahirkan genre-genre baru yang—hingga sekarang—masih terus berkembang dan berevolusi.

Hal ini karena musik seperti halnya musik rock, merupakan sebuah kultur; dan kultur akan terus berubah dan bersilang seiring berjalannya kehidupan manusia yang mendorong perkembangan zaman.

Kemunculan band-band rock juga terus bertambah seiring perkembangan musik rock. Perkembangan itu membuat band-band yang muncul tersebut membawakan inovasi musik-musik rock seperti pop rock atau punk rock. Memang ada yang melejit namanya setelah bergabung dengan major label, namun tidak sedikit juga musisi-musisi yang dikenal merintis dari jalur indie.

Kini, Supermusic sudah merangkum kumpulan musik rock dari band-band rock yang terbentuk dari tahun 2010-an ke atas. Simak daftarnya di bawah ini, apakah ada band favorit kalian?

Kumpulan Musik Rock: 5 Seconds of Summer - She Looks So Perfect

Kumpulan musik rock pertama hadir dari salah satu nomor band pop rock asal Australia, 5 Seconds of Summer (5SOS). Kumpulan musik rock tersebut berjudul She Looks So Perfect yang berasal dari album debut 5 Second of Summer.

Dirilis pada tahun 2014, kumpulan musik rock dari 5SOS ini mendapat respons positif. Hal ini dibuktikan dengan nangkringnya mereka di posisi puncak tangga lagu di Australia, Selandia Baru, Irlandia, dan di Britania Raya.

Begitu larisnya kumpulan musik rock dari 5SOS ini sampai-sampai mendapatkan sertifikat triple platinum dari Australian Industry Association (ARIA) setelah terjual lebih dari 210 ribu kopi. Lagu ini juga dinobatkan sebagai Song of the Year oleh ARIA Music Awards 2014. Ed Sheeran sampai pernah mengcover lagu tersebut pada sebuah acara di stasiun radio Capital FM.

Kumpuluan Musik Rock: Greta Van Fleet- Highway Tune

Kumpulan musik rock selanjutnya hadir dari unit rock asal Michigan, Amerika Serikat, Greta Van Fleet. Salah satu kumpulan musik rock terbaik dari band yang beranggotakan Josh Kiszka, Jake Kiszka, Sam Kiszka, dan Danny Wagner ini berjudul Highway Tune.

Highway Tune sendiri merupakan single pembuka dari debut EP Greta Van Fleet bertajuk Black Smoke Rising yang rilis pada 2017. Pada September tahun yang sama, kumpulan musik rock ini berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Mainstream Rock dan Active Rock.

Hal ini menjadikan Greta Van Fleet sebagai band pertama tercepat yang bisa memuncaki tangga lagu Billboard dengan lagu debut sejak Tantric pada 2001 dan 3 Doors Down pada 2000. Media musik internasional macam Loudwire bahkan menobatkan kumpulan musik rock ini sebagai lagu kedua terbaik hard rock pada 2017.

Kumpulan Musik Rock: Wolf Alice- Moaning Lisa Smile

Untuk kumpulan musik rock berikutnya adalah nomor milik band rock alternatif asal London Inggris, Wolf Alice. Band yang digawangi oleh vokalis Ellie Rowsell dan gitaris Joff Oddie, bassist Theo Ellis, dan drummer Joel Amey ini merilis lagu berjudul Moaning Lisa Smile pada April 2014.

Lagu tersebut masuk ke dalam nomor di EP kedua Wolf Alice bertajuk Creature Songs dan album debut mereka My Love Is Cool. Kumpulan musik rock ini menduduki posisi kesembilan pada tangga lagu Alternative Song Billboard. Semakin terbukti keren kumpulan musik rock milik Wolf Alice tersebut karena masuk nominasi Best Rock Performance untuk Grammy Awards ke-58.

Kumpulan musik rock dari Wolf Alice ini semakin terkenal karena digunakan dalam beberapa acara televisi seperti The Leftovers, Arrow, dan menjadi soundtrack dari video game MLB The Show 16 (video game tentang Liga Baseball Amerika Serikat).

Kumpulan Musik Rock: Royal Blood- Figure It Out

Kumpulan musik rock berikutnya hadir dari duo rock asal Inggris, Royal Blood. Grup musik yang digawangi oleh Mike Kerr sebagai vokalis dan Ben Thatcher ini merilis lagu berjudul Figure It Out pada 2014.

Lagu tersebut sebetulnya masuk sebagai salah satu nomor di album kedua Royal Blood. Kumpulan musik rock dari Royal Blood ini mendapat sambutan cukup baik dengan menduduki posisi pertama di tangga lagu rock Kanada, posisi ke-18 US Hot Rock & Alternative Song, dan peringkat keenam di US Rock Airplay.

Kumpulan Musik Rock: Big Thief- Masterpiece

Untuk kumpulan musik rock berikutnya berasal dari unit indie rock yang berbasis di New York Amerika Serikat, Big Thief. Band yang digawangi oleh Adrianne Lenker, Buck Meek, Max Oleartchik, dan James Krivchenia ini merupakan lulusan dari universitas yang sama yaitu Berklee College of Music.

Salah satu lagu terbaik yang dibuat oleh Big Thief berasal dari album debut mereka bertajuk Masterpiece (2016). Dengan judul lagu yang sama seperti albumnya, Big Thief membawakan nuansa blues rock. 

0 COMMENTS