Ini Tips Beli Gitar Elektrik Biar Nggak Salah Pilih

Ini Tips Beli Gitar Elektrik Biar Nggak Salah Pilih

  • By:
  • Kamis, 4 March 2021
  • 396 Views
  • 1 Likes
  • 7 Shares

Gitar baik akustik maupun elektrik menjadi salah satu instrumen alat musik paling sering ditemui, sehingga tips beli gitar elektrik menjadi hal yang terbilang penting diketahui oleh Superfriends yang punya rencana untuk membeli alat musik bersenar itu.

Jika ingin membeli sesuatu termasuk juga gitar, Superfriends perlu mempelajari seluk-beluk serta bagaimana kualitas yang bagus dari barang yang ingin dibeli. Ini adalah salah satu bagian dari tips beli gitar yang perlu dipahami.

Perlu diwaspadai juga terhadap pedagang nakal yang membanderol harga tinggi atau mahal namun kualitas gitar ternyata rendah. Oleh karena itu menjadi penting untuk mengetahui tips beli gitar sebelum Superfriends membelinya.

Saat membeli gitar untuk pemula, penting untuk mendapatkan gitar yang ukurannya tepat, terdengar bagus, dan cocok dengan selera dan aspirasi musik. Jika Anda tidak tahu, cari tahu jenis gitar yang Anda inginkan dan siapa sosok gitaris yang Anda jadikan panutan atau idolai.

Baca juga: Memperbaiki Kerusakan Gitar Akibat Kena Air Banjir

Baca juga: 10 Amplifier Gitar Paling Ikonis di Dunia

Mempelajari beberapa aspek sederhana tentang desain gitar elektrik, serta memikirkan selera musik Anda, dapat membantu Anda memutuskan. Area yang tercakup dalam panduan tips beli gitar untuk membantu menginformasikan keputusan Anda meliputi beberapa hal yaitu desain dan bahan, ukuran dan tipe, merek, biaya, hingga aksesoris.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips beli gitar elektrik yang perlu Superfriends ketahui agar mendapatkan gitar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Tips beli gitar: Tentukan budget

Tips beli gitar elektrik yang pertama adalah menentukan budget yang Anda miliki. Harga gitar sendiri bervariasi, yang membedakan adalah kualitas material yang digunakan, merek, hingga nilai historis dari gitar itu.

Dengan kata lain, harga menjadi salah satu faktor kunci dalam tips beli gitar dan memutuskan mana yang akan dibeli. Perlu diingat bahwa semakin baik gitar yang digunakan pemain baru, semakin besar kemungkinan mereka untuk terus belajar dan bermain. Instrumen yang sulit dimainkan atau tidak selaras akan menghalangi bahkan pemula yang paling antusias sekalipun.

Selain itu, di tips beli gitar perlu dipahami juga bahwa saat membeli gitar elektrik ada beberapa aksesoris lain yang dibutuhkan untuk menunjang saat memainkannya. Alat ini meliputi tuner, picks, ekstra strings, dan juga case, serta amplifier, dan kabel.

Tips beli gitar: Periksa neck gitar

Daftar lain dari tips beli gitar adalah memerhatikan neck gitar atau leher gitar sebagai bahan pertimbangan. Ada beberapa jenis neck gitar yang bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan Anda saat memainkan gitar dan tidak memengaruhi kualitas gitar elektrik.

Namun yang perlu Anda perhatikan di tips beli gitar ini, neck yang kokoh lebih baik daripada neck yang “lembek”, karena jika neck tidak kuat, dalam jangka waktu singkat akan mudah berubah setelannya atau bengkok. Alhasil setelan gitar akan selalu fals. Penting untuk melihat terlebih dahulu neck sebuah gitar lurus atau tidak (dari ujung ke ujung), jika bengkok, maka dipastikan gitar bersuara fals.

Dalam neck juga ada fret atau kolom gitar dengan berbagai variasi, ada yang 22 fret dan 24 fret. Anda bisa memilih yang menurut Anda nyaman dan sesuai gaya bermain Anda. Dan hal ini pun tidak mempengaruhi kualitas sebuah gitar elektrik.

Tips beli gitar: Tentukan karakter suara

Tips beli gitar selanjutnya adalah memerhatikan karakter suara, selain bagian konstruksi gitar. Karakter suara gitar bisa terbentuk dari berbagai faktor seperti pickup, body, senar, dan juga jenis kayu yang digunakan dalam pembuatannya.

Jika cenderung ingin memainkan karakter suara yang lembut, Anda bisa memilih jenis gitar hollow (gitar elektrik yang berongga seperti gitar akustik). Gitar ini biasanya menampilkan archtop, dan lebih rentan terhadap umpan balik. Banyak gitaris jazz lebih menyukai bodi berongga karena nada yang kaya, penuh, dan respons bass yang dalam.

Jika lebih menyukai karakter suara yang lebih garang dan keras, Anda bisa memilih gitar dengan double pickup atau humbucker. Suara yang dihasilkan lebih tebal dan cocok untuk musik-musik rock yang cadas.

Tips beli gitar: Pilih pickup

Tips beli gitar berikutnya adalah memilih jenis pickup. Terkadang, indikator mahal atau murahnya harga gitar tergantung dari pickup yang digunakan. Semakin bagus pickup, semakin mahal harganya dan kualitas suara yang dihasilkan lebih kuat.

Pickup pada gitar listrik dibagi menjadi tiga kategori umum, yaitu single coil, humbucker dan p90. Pickup single coil menggunakan magnet tunggal dan karakter suara yang dihasilkan pickup ini dianggap lebih cerah.

Sementara pickup humbucker adalah dua pickup single coil yang digabung, terkadang juga disebut dengan double coil pickup. Humbucker dirancang untuk “melawan” dengung. Pickup jenis ini memiliki nada yang “warm” dibandingkan dengan pickup koil tunggal.

Karena output volume yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk menahan distorsi-distorsi tinggi seperti musik metal dan rock.

Kemudian pickup P90 adalah pertengahan antara pickup single coil dan humbucker. Memiliki output suara yang lebih tinggi daripada single coil, tetapi tidak memiliki output sebesar humbuckers.

Berikut tadi adalah beberapa tips beli gitar yang bisa Superfriend terapkan ketika ingin membeli sebuah gitar. Selain cara di atas, dalam tips beli gitar juga pastikan untuk selalu membaca review tentang produk yang ingin dibeli.

Beberapa produsen hampir selalu bisa dipercaya akan membuat gitar yang layak, tetapi bahkan dalam satu merek, kualitasnya dapat berubah dari satu gitar ke yang berikutnya, bahkan pada titik harga yang sama. Selain itu, jika Anda membeli gitar langsung di toko, pastikan untuk mendengarkan suara gitar saat dimainkan jika Anda bisa.

Dengan kata lain, membeli langsung ke toko merupakan cara terbaik untuk menguji apakah Anda menyukai suaranya. Namun, kebanyakan orang suka memesan secara online, dan ini bukan berarti Anda tidak bisa mendengarkan suara gitarnya. Anda bisa mencarinya di YouTube atau bahkan video di situs web produsen.

Tips beli gitar selanjutnya adalah jangan melakukan pembelian yang sia-sia. Tidak sedikit gitaris merasa bersalah karena tergoda dengan kata-kata seperti "vintage" dan "edisi terbatas".

0 COMMENTS