Ini Tips Bikin Lagu Sendiri yang Berkualitas

Ini Tips Bikin Lagu Sendiri yang Berkualitas

  • By:
  • Selasa, 27 April 2021
  • 446 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kemampuan bikin lagu sendiri diperlukan oleh seseorang, baik oleh seseorang yang ingin merintis menjadi penyanyi maupun musisi sekalipun karena kemajuan teknologi dan zaman saat ini sudah memudahkan seseorang untuk mendistribusikan lagu mereka.

Oleh karena itu kesempatan yang hadir berkat kemajuan zaman tersebut harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Ambil contoh platform digital macam Spotify, SoundCloud, hingga YouTube dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi tempat favorit untuk mengunggah karya.

Tidak sedikit dari mereka yang membawakan lagu cover bahkan karya original sehingga tips bikin lagu dibutuhkan saat ini. Tidak sedikit pula penyanyi terkenal sekarang merupakan "lulusan" dari penyanyi di media sosial.

Nah, berikut Supermusic sudah merangkum beberapa tips bikin lagu sendiri dari Kreativv dan Masterclass. Simak tips bikin lagu sendiri di bawah ini Superfriends.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Cari Inspirasi

Inspirasi menjadi tips bikin lagu sendiri yang mendasar untuk kalian lakukan. Inspirasi tentunya bisa datang dari mana saja dan dalam bentuk yang berbeda-berbeda. Inspirasi bisa kalian temukan dari pengalaman pribadi, orang lain, atau hal-hal yang terjadi di sekitar kalian.

Untuk tips bikin lagu sendiri ini, kalian bahkan bisa melakukan riset tersendiri untuk menemukan inspirasi. Kalian juga bisa mendapatkan inspirasi dari karya-karya yang sudah ada.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Menulis Lirik

Setelah menemukan inspirasi, tips bikin lagu sendiri berikutnya adalah mulai menuliskan lirik. Lirik memegang fungsi penting dalam menampilkan pesan yang dibawa oleh seorang musisi.

Kalian juga bisa memilih jenis penggunaan kata dalam lirik lagu yang dibuat. Tidak sedikit musisi Tanah Air, misalnya, yang menggunakan lirik kayak kosa kata. Menurut Masterclass dalam tips bikin lagu sendiri, ada baiknya jika kalian mencoba untuk tidak menuliskan lirik sambil memainkan instrumen musik melainkan memainkan melodi di dalam kepala lalu dituangkan ke instrumen musik.

Menulis lirik itu rumit. Miliki rencana untuk proses penulisan lirik kalian, tetapi sisakan ruang untuk penemuan yang lain. Ketika kalian sudah memiliki judul dan menuliskan lirik lagu, upayakan untuk membuat ide baru tetap bisa hadir.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Tentukan Genre Musik

Langkah selanjutnya dalam tips bikin lagu sendiri adalah menentukan genre yang akan kalian mainkan untuk membawakan lagu yang sudah ditulis. Dalam hal ini, kalian bisa mengambil pertimbangan untuk menyesuaikan teknik dan kesatuan cerita yang ingin disampaikan agar lagu kalian enak didengarkan.

Jika pengetahuan soal genre musik masih terbatas, melakukan riset menjadi tips bikin lagu sendiri yang harus dilakukan. Dari sana kalian bisa menemukan karakter lagu yang sesuai dengan diri kalian dan mengaplikasikannya ke dalam lagu ciptaan kalian.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Tentukan Struktur Lagu

Menentukan struktur lagu menjadi tips bikin lagu sendiri selanjutnya. Langkah ini diawali dengan menentukan bagian awal, pertengahan dan akhir dari lagu ciptaan kalian. Berapa banyak verse yang ingin kalian buat, bagaimana bridge-nya, chorus, hingga memilih jenis penutup, kalian tentukan secara garis besar di tahap ini.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Menentukan Nada

Langkah ini sangat penting dalam tips bikin lagu sendiri karena menentukan nada dasar akan membuat kalian mengetahui seberapa jauh jangkauan nada yang ingin kalian mainkan dalam lagu. Nada yang digunakan harus disesuaikan dengan vokal.

Setelah menentukan nada dasar, kalian bisa menentukan nada-nada lain di lagu ciptaan kalian. Dari Masterclass lagi, tips bikin lagu sendiri di tahap ini upayakan untuk membuat melodi yang menarik. Melodi yang baik akan berpengaruh terhadap kesesuaian lagu yang kalian buat.

Tips bikin lagu sendiri di tahap ini juga disarankan untuk menggunakan berbagai jenis akord. Jika kalian hanya berpegang pada beberapa akord yang sama, akan membatasi ruang lingkup ide musik. Cobalah membuat lagu yang berisi semua jenis akor — mayor, minor, dominant, diminished, dan augmented — untuk suara yang lebih kompleks dan menarik.

Tips Bikin Lagu Sendiri: Rekam dan Unggah

Setelah tahapan-tahapan menulis lirik dan menentukan nada sudah dilakukan, tips bikin lagu sendiri berikutnya adalah merekam lagu yang sudah kalian buat dan susun. Sebelum itu, cobalah untuk memainkan lagu untuk memastikan kesesuaian lagu dengan keinginan kalian.

Setelah merasa cukup, kalian bisa merekam lagu yang sudah kalian tulis baik dengan alat seadanya, semi profesional, atau pun melakukan proses rekaman di studio. Hasil rekaman tersebut bisa kalian bagikan kepada teman-teman atau kerabat, serta jangan lupa untuk minta pendapat mereka.

Selain itu, tips bikin lagu sendiri di tahap terakhir ini adalah cobalah untuk mengunggah rekaman lagu karya kalian sendiri di berbagai platform musik untuk mendapat kesempatan didengarkan oleh lebih banyak orang.

0 COMMENTS