Inilah 5 Musisi Rock Aktif yang Memiliki Gelar PhD

Inilah 5 Musisi Rock Aktif yang Memiliki Gelar PhD

  • By:
  • Selasa, 25 May 2021
  • 610 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Musik rock dan akademik dianggap sebagai hal yang saling bertolak belakang. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa musisi rock didominasi oleh orang-orang yang tidak mendapatkan kualitas pendidikan terbaik semasa hidupnya. Hal tersebut bisa dimaklumi dengan memerhatikan stigma atau persona musisi rock yang flamboyan dan cuek. Namun, nyatanya banyak di antara musisi rock dunia yang mampu mendapatkan kualitas pendidikan terbaik, bahkan meraih gelar PhD atau doktor. 

Gelar PhD dan doktor yang disandang oleh para musisi rock dunia tersebut merupakan sebuah bentuk dedikasi bahwa tidak hanya bermusik, tapi pendidikan juga merupakan elemen penting yang dibutuhkan seiring beranjaknya umur menjadi dewasa. Pasalnya untuk mendapatkan gelar tersebut, para musisi rock ini tidak sekadar meluangkan waktu untuk belajar saja. Banyak hal yang perlu dicurahkan oleh para musisi rock ini secara serius dalam mengemban pendidikan demi gelar PhD atau doktor yang mereka kejar saat itu. Apalagi banyak dari musisi rock ini yang mendapatkan gelarnya di universitas ternama dunia. Maka, keseriusan adalah modal utama para musisi rock ini dalam meraih mimpinya. Sama halnya juga dalam bermusik. Buat kalian yang penasaran, berikut adalah nama-nama musisi rock yang berhasil meraih gelar PhD atau doktor namun masih tetap berkarier sebagai musisi secara penuh.

  1. Milo Aukerman - Descendents

    Dok. Christian Bertrand/Shutterstock

    Bagi beberapa penikmat musik, Milo Aukerman dianggap sebagai panutan bahwa seorang yang gemar belajar pun mampu jadi ikon untuk musik rock. Musisi rock yang mengisi Descendents sebagai seorang vokalis ini juga serius dalam mengejar gelar PhD dalam hidupnya. Milo Aukerman mendapatkan gelar PhD untuk jurusan biochemistry di University of California, Amerika Serikat. Namun dalam mendapatkan gelar akademiknya, musisi rock di ranah punk satu ini harus rela untuk meninggalkan Descendents sejenak. Perpisahan Milo Aukerman dan Descendents tersebut bertepatan dengan rilisnya album perdana band punk tersebut yang akhirnya diberi judul Milo Goes To College pada tahun 1982. Milo Aukerman tidak hanya sekadar mengejar gelarnya saja. Musisi rock satu ini juga berkontribusi terhadap dunia pendidikan dengan menjadi dosen untuk University of Delaware.

  2. Dexter Holland - The Offspring


    Dok. Billboard

    Skena punk juga punya nama lain yang terkenal memiliki gelar PhD atau doktor. Kali ini Dexter Holland, pentolan The Offspring satu ini berhasil meraih gelar PhD untuk jurusan molecular Biology di University of South California. Keinginan musisi rock satu ini dalam menjunjung tinggi pendidikan memang sudah diutarakannya saat masih muda. Di tahun 1995 saja, Dexter Holland mengumumkan keinginannya untuk menjadi pengajar ketika menginjak usia 40 tahun daripada bermain musik secara penuh. Meskipun masih aktif bermusik dan belum berhasil merealisasikan mimpinya, musisi rock satu ini juga cukup aktif ikut serta di ranah penelitian biologi. Selain itu, Dexter Holland juga memiliki bisnis produksi saus sambal bernama Gringo Bandito.

  3. Dr. Mikannibal - Sigh


    Dok. Roppongi Rocks

    Dr. Mikannibal mungkin bukan satu-satunya musisi rock perempuan yang berhasil meraih gelar PhD semasa hidupnya. Namun, tidak dapat dipungkiri, berkat aktif di skena bawah tanah bersama Sigh yang fokus di musik experimental metal, musisi rock satu ini cukup mendapatkan sorotan ketika diketahui memiliki gelar tertinggi di ranah pendidikan. Dr. Mikannibal atau Mika Kawashima memiliki gelar PhD untuk jurusan fisika yang diberikan oleh University of Tokyo, Jepang. Musisi rock satu ini juga dinilai pandai menutupi kehidupan pribadinya dengan gaya di atas panggung yang cukup ekstrem. Sehingga banyak orang tidak menyangka jika Dr. Mikannibal merupakan salah satu musisi rock yang tidak hanya terpelajar namun juga memiliki gelar yang cukup tinggi. Setidaknya musisi rock satu ini bisa membuktikan bahwa gelar di nama panggungnya tersebut memiliki arti yang riil.

  4. Don Anderson - Agalloch


    Dok. Metal Maniac

    Di ranah metal lainnya, yaitu black metal, Don Anderson merupakan perwakilan musisi rock dengan gelar PhD atau doktor yang masih aktif bermusik hingga saat ini. Musisi rock satu ini mendapatkan gelar PhD untuk sastra Inggris dari University of Washington, AS. Musisi rock yang tergabung di dalam band Agalloch ini juga merupakan seorang pengajar literatur Inggris untuk SUNY Westchester Community College, Valhalla, New York. Don Anderson menjelaskan bahwa kesibukannya menjadi pengajar bukanlah hal yang cukup mengganggunya dalam bermusik. Bahkan diakui oleh dirinya, jadwal bermain musik secara serius akan dirinya ikuti ketika jadwal kuliah sedang libur. Cukup terlihat perjuangan musisi rock satu ini dalam mempertahankan kualitasnya sebagai dosen dan nyatanya sejak tahun 1995, dirinya masih tetap bergabung dengan harmonis bersama Agalloch hingga saat ini

  5. Greg Graffin - Bad Religion


    Dok. Padu_Foto/Shutterstock

    Di skena musik punk, musisi rock satu ini memang dinilai selalu serius dalam menjalankan kegiatannya. Baik itu bermusik untuk Bad Religion maupun menjadi bos untuk Epitaph Records. Kesibukan tersebut ternyata masih bisa dimaksimalisasi oleh Greg Graffin untuk melanjutkan pendidikannya hingga mendapatkan gelar PhD. Musisi rock satu ini menyandang gelar PhD untuk jurusan zoologi yang didapatnya dari Cornell University, Amerika Serikat. Tidak berhenti di situ, musisi rock satu ini juga melanjutkan tugasnya sebagai pengajar untuk jurusan ilmu alam di dua yaitu, University of California, Los Angeles dan Cornell University. Greg Graffin juga dinilai sebagai salah seorang sosok yang cukup keras mendukung keberlangsungan hidup alam dan manusia secara lebih baik. Dedikasi yang dimiliki musisi rock satu ini berhasil membuatnya mendapatkan penghargaan Rushdie Award for Cultural Humanism dari Harvard Humanist Chaplaincy pada tahun 2008.

 

Image banner courtesy of Billboard

0 COMMENTS