Inilah 5 Rock Stars yang Sukses Menulis Komik

Inilah 5 Rock Stars yang Sukses Menulis Komik

  • By:
  • Kamis, 17 June 2021
  • 134 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di mata para penggemar, rock stars identik dengan gaya hidup glamor, selalu dalam perjalanan tur konser, pesta, dan berkarya demi mengutarakan isi hati dan pengalaman hidupnya. Setidaknya itu yang lekat dengan citra rock stars jika melihat era glam rock yang jadi acuan. Namun di zaman modern seperti ini, banyak rock stars yang mencoba untuk memisahkan dirinya di atas panggung dan kehidupan pribadinya. Rock stars saat inimencoba untuk menghadirkan sisi lain dengan melakukan aktivitas menyenangkan di luar musik. Banyak rock stars yang menjalani profesi juga sebagai seniman, desainer, dosen, bahkan penulis buku komik.

Industri buku komik di luar negeri memang memiliki audiens yang cukup luas. Buku komik juga menarik perhatian banyak orang dewasa. Oleh karena itu, banyak dari rock stars di zaman modern ini yang menyalurkan kreativitasnya dalam menulis buku komik. Berita kumpulan rock stars yang juga aktif menulis buku ini terungkap berkat suksesnya serial The Umbrella Academy yang materi utamanya berasal dari buku komik yang ditulis oleh Gerard Way dari My Chemical Romance. Berikut adalah daftar rock stars yang juga berhasil menjalankan profesinya sebagai penulis buku komik.

  1. Gerard Way

    Dok. Gerard Way

    Sebagaimana yang telah diungkap di atas bahwa Gerard Way merupakan salah satu rock stars yang berhasil mendapatkan kesuksesan sebagai penulis buku komik melalui serial The Umbrella Academy. Salah satu rock stars yang tergabung di dalam My Chemical Romance ini pertama kali menulis komik The Umbrella Academy sejak tahun 2007 hingga saat ini bersama rekannya, seorang ilustrator bernama Gabriel Ba. Banyak yang mengira buku komik yang rilis di tahun 2007 tersebut merupakan komik pertama yang ditulis oleh salah satu rock stars ini. Nyatanya, di tahun 1994 Gerard Way pernah menulis untuk komik berjudul On Raven Wings selama 2 terbitan. Gerard Way juga pernah menulis buku komik untuk membangun jembatan untuk melengkapi dunia yang ingin dibangun oleh My Chemical Romance berjudul The True Lives of the Fabulous Killjoys.

  2. Tom Morello

    Dok. TDC Photography/Shutterstock

    Memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi sebagai rock stars dan aktivis kemanusiaan, ternyata tidak membuat Tom Morello kehilangan waktu untuk menyalurkan kreativitasnya dalam menulis buku komik. Salah satu rock stars yang tergabung di dalam band Rage Against The Machine ini sempat menulis buku komik di tahun 2011. Proyek komik dari salah satu rock stars dunia ini merupakan inisiasi Dark Horse Comics. Dark Horse Comics merupakan salah satu penerbit komik independen yang dikenal suka melakukan kolaborasi dengan penggiat industri kreatif lainnya. Proyek antara salah satu rock stars dunia dengan Dark Horse Comics ini menghasilkan sebuah konsep buku komik yang selaras dengan nilai-nilai yang dipegang oleh Tom Morello. Komik berjudul Orchid ini mengambil latar tempat di masa depan tentang perjuangan atas ketidak adilan yang ada di dunia. Selain Tom Morello, Dark Horse Comics juga mengundang beberapa kelompok aktivis untuk membantu proses penulisan salah satu rock stars tersebut agar menghadirkan cerita yang kaya dan memiliki unsur relevan terhadap apa yang terjadi di dunia saat itu.

  3. Tom DeLonge

    Dok. yakub88/Shutterstock

    Di luar musik, Tom DeLonge memang aktif juga berkarier dalam dunia penulisan. Salah satu rock stars yang menjadi motor untuk Angels & Airwaves ini sudah beberapa kali merilis buku fiksi ilmiah yang cukup populer. Namun, salah satu rock stars yang menjadi pendiri untuk Blink-182 ini juga akhirnya memutuskan untuk menulis buku komik. Buku komik yang ditulis oleh Tom DeLonge ini pertama kali rilis pada tahun 2015 berjudul Poet Anderson: The Dream Walker. Salah satu rock stars dunia ini ditulis secara terbatas dan hanya tersedia dalam 3 bagian. Cerita yang ditulis oleh rock stars dunia tersebut adalah sebuah prequel dari proyek film pendek dengan judul yang sama. Tom DeLonge bekerja sama dengan seorang penulis komik lainnya Ben Kull dan seorang ilustrator bernama Djet. Sang rock stars menceritakan sosok pahlawan yang menjaga mimpi dari serangan makhluk jahat yang dapat merusak kehidupan banyak orang di dunia nyata.

  4. Glenn Danzig

    Dok. Glenn Danzig

    Salah satu rock stars dari band punk legendaris, Misfits, Glenn Danzig juga sempat merasakan profesi sebagai penulis buku komik. Di tahun 1994, vokalis dari Misfits ini berhasil menulis buku komik dengan konsep yang diinginkan, yaitu mengarah ke audiens yang dewasa. Oleh karena itu, Glenn Danzig pun akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah rumah penerbitan buku komik bernama Verotik. Hingga saat ini sudah banyak judul yang ditulis oleh salah satu rock stars yang tergabung di Misfits tersebut, di antaranya adalah Veronica, Satanika, Jaguar God, Death Dealer, dan Grub Girl. Pemilihan audiens yang lebih dewasa tersebut memudahkan bagi Glenn Danzig untuk menyajikan unsur-unsur kekerasan di dalam cerita yang ditulisnya. Karakter yang ditulis untuk komiknya saat ini juga berhasil menarik minat rumah produksi film, Cleopatra Entertainment dan sedang masuk tahap penggarapan proses adaptasi ke layar lebar yang juga melibatkan rock stars dari Misfits tersebut.

  5. Corey Taylor

    Dok. Milan Risky/Shutterstock

    Corey Taylor memang dikenal sebagai musisi serba bisa. Bahkan sejak tahun 2001 dirinya sudah menyelam ke dalam industri penulisan, baik untuk media maupun menulis buku. Kepiawaian rock stars yang tergabung di dalam Slipknot dan Sour Stone ini pun akhirnya dikembangkan ke medium buku komik. Pengembangan talenta yang dilakukan Corey Taylor ini terjadi ketika dirinya mendapatkan kesempatan menulis serial mini untuk Dark Horse Comics berjudul House Of Gold & Bones. Untuk buku komik tersebut, Corey Taylor menghadirkan konsep penulisan yang mampu menghadirkan keselarasan dan pengalaman yang padu bagi para penggemarnya di ranah visual dan musik.

Image courtesy of Dok. TDC Photography/Shutterstock

0 COMMENTS