Inilah 7 Soundtrack Video Game yang Didominasi oleh genre metal dan hip hop

7 Soundtrack Video Game Didominasi Genre Metal dan Hip Hop

  • By:
  • Senin, 11 January 2021
  • 493 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tidak hanya film, kerap kali musisi juga menyumbangkan karya-karya terbaiknya untuk kebutuhan soundtrack video game. Kerja sama ini juga hadir dalam versi beragam. Ada kalanya, lagu soundtrack video game diambil dari karya-karya yang telah dirilis dalam album atau single sebelumnya. Namun tidak jarang juga lagu soundtrack video game digarap sebagai sebuah karya eksklusif. 

Untuk soundtrack video game, biasanya lagu-lagu yang dipilih berasal dari genre metal, hip hop, serta punk. Namun tidak jarang juga lagu-lagu yang berasal dari ranah electro pop dipilih untuk mengisi sebuah soundtrack video game. Pemilihan tersebut biasanya didasari dari tema utama dari video game tersebut sehingga lagu yang dipilih sebagai soundtrack video game bisa mewakili tema dengan baik dan optimal. 

Agar bermain game lebih mengasyikan, berikut adalah daftar mengenai soundtrack video game yang berasal dari tangan dingin berbagai musisi kenamaan dunia.

  1. Avenged Sevenfold - Call of Duty: Black Ops II

    Meskipun bukan sebagai kontributor tunggal, Avenged Sevenfold cukup menyumbang beragam kontribusi kreatif untuk soundtrack video game bergenre first person shooter, Call of Duty: Black Ops II. Avenged Sevenfold mengenalkan sebuah lagu berjudul Carry On yang digunakan sebagai lagu penutup untuk soundtrack video game dari Call of Duty: Black Ops II. 

    Para penikmat game tersebut akan menemukan lagu Carry On diputar ketika mereka menyelesaikan campaign atau story mode dari Call of Duty: Black Ops II. Bahkan seusai bagian credit title, para pemain akan menemukan sebuah video klip animasi yang menggambarkan Avenged Sevenfold memainkan lagu tersebut.

  2. Skrillex - Far Cry 3

    Tahun 2012 masuk ke dalam salah satu masa keemasan dalam perkembangan karier Skrillex. Bahkan produser dan musisi yang mengusung genre dubstep, EDM, dan hip hop ini dipercaya untuk mengisi soundtrack video game untuk judul Far Cry 3 oleh rumah produksi game Ubisoft. Untuk keperluan soundtrack video game Far Cry 3, Skrillex menyumbang 1 dari 3 buah lagu yang digunakan untuk keperluan soundtrack video game ini. Skrillex mengenalkan lagu berjudul Make It Bun Dem hasil kolaborasinya bersama Damian Marley. Para penikmat game ini bisa mendengarkan lagu ini ketika sedang mulai menyelesaikan misi dengan untuk bagian cerita berjudul Kick the Hornet's Nest. 

    Untuk lagu yang digunakan sebagai soundtrack video game Far Cry 3, Skrillex menggabungkan beberapa elemen musik. Skrillex menggabungkan elemen dubstep, hip hop, dan reggae yang selaras dengan karakter vokal milik anak dari Bob Marley tersebut.

  3. Rage Against The Machine - Tony Hawk Pro Skater 1+2

    Tony Hawk Pro Skater 1+2 yang baru saja dirilis kembali untuk dapat dimainkan di lini konsol next gen tentu saja membawa daftar putar soundtrack video game yang cukup mengembalikan kenangan dari tahun 2000. Salah satunya adalah lagu Guerilla Radio dari Rage Against The Machine. Lagu ini awalnya digunakan untuk soundtrack video game seri Tony Hawk Pro Skater 2 yang rilis di tahun 2000. Lagu untuk soundtrack video game dari Rage Against The Machine ini bisa didengarkan oleh para pemain game tersebut sesaat ketika permainan skateboard dimulai. Dengan konsep permainan yang tidak mengenal time limit, ketika lagu dari Rage Against The Machine tersebut selesai, maka akan dilanjutkan dengan lagu-lagu lain dari daftar soundtrack video game Tony Hawk Pro Skater 1+2 yang didominasi oleh musik punk dan hardcore.

  4. Chvrches - Death Stranding

    Demi mengenalkan proyek terbarunya, Hideo Kojima membutuhkan sebuah lagu yang dapat mengaksentuasi nuansa serta tema dari video game yang dirinya buat. Oleh karena itu, Hideo Kojima bersama RCA Records menghubungi Chvrches dan beberapa musisi lainnya untuk mengisi soundtrack video game tersebut. Chvrches memperkenalkan sebuah single dengan judul yang sama dengan nama video game tersebut, Death Stranding. 

    Mengusung tema distopia, lagu garapan Chvrches yang digunakan untuk soundtrack video game Death Stranding dianggap oleh Hideo Kojima sebagai sebuah representasi yang tepat untuk menggambarkan akhir dari permainan tersebut. Bahkan, saat mendengarkan salah satu single untuk soundtrack video game miliknya, Hideo Kojima sempat mengeluarkan air mata rasa bahagia dan terharu.

  5. A$AP Rocky - Cyberpunk 2077

    Selain Grimes, A$AP Rocky menambah daftar nomor hip hop untuk soundtrack video game Cyberpunk 2077. Untuk video game yang baru rilis pada bulan Desember 2020 ini, A$AP Rocky memperkenalkan lagu berjudul Flacko Lacko yang digunakan sebagai soundtrack video game Cyberpunk 2077. Dianggap sebagai salah satu video game yang punya hype besar di tahun 2020, maka akan sangat aneh jika permainan ini tidak memiliki daftar nama musisi berkualitas untuk soundtrack video game untuk menemani para gamers saat memainkannya.

  6. Ramengvrl - Need For Speed: Heat

    Perkembangan karier musik Ramengvrl semakin hari semakin pesat. Bahkan popularitas rapper Tanah Air ini berhasil melirik EA Games untuk mengajaknya mengisi lagu untuk soundtrack video game Need For Speed: Heat. Lagu Ramengvrl yang digunakan untuk keperluan soundtrack video game Need For Speed: Heat ini adalah lagu I Am Me, yang sempat sang musisi rilis di tahun 2018. Di dalam video game tersebut, lagu dari Ramengvrl ini juga bersanding dengan lagu Break Of Dawn” (Duke & Jones Remix) besutan Yellow Claw. Secara resmi, EA Games memperkenalkan soundtrack video game serta trailernya pada bulan Agustus di tahun 2019 silam.

  7. Dream Theater - God Of War III

    Tidak hanya musisi-musisi yang sedang naik daun atau hype, nyatanya band sekelas legenda seperti Dream Theater pun jadi salah satu nama pilihan untuk mengisi soundtrack video game God Of War III. Untuk soundtrack video game tersebut, Dream Theater menyumbang lagu berjudul Raw Dog. Lagu Raw Dog merupakan lagu instrumental pertama yang Dream Theater rilis sejak tahun 2003.

0 COMMENTS