umlaut

Intip Sejarah Penggunaan 'Umlaut' dalam Kancah Rock dan Metal

  • By: NND
  • Selasa, 30 June 2020
  • 869 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Apakah kalian tahu apa arti dari dua titik di atas huruf O dalam Motörhead? Dua titik tersebut dinamakan umlaut dalam bahasa Jerman kontemporer. Pada aslinya, umlaut digunakan dalam sebuah penulisan untuk membatu proses pengejaan ketika kata tersebut mengandung transisi huruf vokal--ketika dalam satu huruf tersebut, ada dua huruf vokal yang bergabung. Berbicara umlaut dalam padanan bahasa Jerman, ia pertama kali dikemukakan oleh Jacob Grimm (dari Grimm bersaudara) untuk membantu mempermudah pelafalan.

Namun, di jagad metal, umlaut--terlepas dari digunakan secara tepat atau tidak--memiliki tempat yang spesial di hati para metalheads lintas negara. Entah apa yang dihadirkan oleh “metal umlaut”, namun ketika ia diterapkan kedalam nama band atau judul lagu, rasa-rasanya nama itu berhasil dibuat lebih terkesan “metal”. Setuju atau tidak, lebih baik simak sejarah penggunaan umlaut dalam beberapa band di kancah rock dan metal, di bawah ini:

***

1. Amon Düül

Tak aneh kalau nama pertama dalam daftar ini berasal dari Jerman; Amon Düül adalah kolektif art rock/psych/eksperimental, dan mereka menjadi salah satu yang pertama dalam menggunakan umlaut untuk penamaan--dari tahun 1967. Amon Düül menyatakan bahwa penggunaan umlaut di nama mereka itu tidak mengikuti aturan resminya. Ya, mereka hanya mengabungkan kata-kata (Amon: dewa matahari dari Mesir), namun hasil akhirnya cukup keren, bukan?

2. Blue Öyster Cult

Pecinta klasik rock mungkin ada yang tahu dengan band ini. Mereka dikenal sebagai pelantun lagu klasik macam “Don’t Fear the Reaper”, hadir di tahun 1970. Grup yang awalnya bernama Soft White Underbelly ini megubah namanya karena terinspirasi dari puisi yang ditulis oleh manager mereka. Lucunya, hingga sekarang, masih ada perdebatan terkait siapa yang menyarankan menambahkan umlaut O di nama tersebut.

3. Motörhead

Umlaut O dalam nama Motörhead dicanangkan oleh frontman melegenda Lemmy. Itu saja sebenarnya sudah cukup untuk dijadikan sebagai alasan, mengingat seberapa gaharnya seorang Lemmy. Namun usut punya usut, ternyata ia mengaku terinspirasi dari teman-temannya di Blue Öyster Cult, lho. Motörhead selaku salah satu nama favorit dalam daftar band ber-umlaut, mendarat di nomor ketiga karena lahir di tahun 1975.

4. Hüsker Dü

Giliran punggawa punk rock/alternative yang melantang. Hüsker Dü, dibentuk tahun 1979, mengaku mendapatkan nama mereka ketika sedang mendengarkan lagu dari Talking Heads, “Pyscho Killer”. Di dalam lagu tersebut ada penggunaan lirik Perancis yang tidak bisa mereka hafalkan. Alhasil, improvisasi nyrempet candaan--mereka meneriakan kata-kata eropa tiga silabel yang mereka ketahui: board games Hūsker Dū, yang kemudian mengganti garis di atas U (macrons) menjadi umlaut.

5. Mötley Crüe

Menurut Vince Neil, vokalis dari raksasa glam rock Amerika Mötley Crüe yang dibentuk pada tahun 1980, ia ingat betul bagaimana umlaut tersebut mendarat di atas huruf O dan U dari nama band mereka. “Kita menempatkannya agar terdengar seperti band Eropa,” tuturnya, dilansir dari Kerrang!. Lucunya, ketika akhirnya berhasil tur ke Jerman, mereka bingung ketika semua orang berteriak nama mereka “Mutley Cruh! Mutley Cruh!”--karena begitulah jadinya jika dibaca dengan umlaut.

6. Green Jellÿ

Untuk nomor keenam, kita punya grup yang menamakan dirinya “World’s worst band”. Siapa lagi kalau bukan aksi comedy Green Jellÿ. Awal terbentuk di tahun 1981, grup ini bernama Green Jellö, namun harus mengganti namanya karena terkena lawsuit dari brand makanan Jell-o. Grup yang juga sempat merumahi frontman Tool, Maydarn James Keenan ini menyatakan bahwa umlaut Y membuat pelafalannya menjadi huruf O--jadi mereka tetap bisa mempertahankan namanya menggunakan penggunaan umlaut yang benar. Cerdik juga, nih!

7. Spinal Tap

Meskipun aslinya dibentuk pada tahun 1979, barulah pada tahun 1984 logo dari band untuk film comedy This Is Spinal Tap dikemukakan. Terkait umlautnya, vokalis Michael McKean menyatakan, “Kalian melihat umlaut itu, dan ia melihat balik.” Mungkin menurut mereka, umlaut N di nama bandnya itu hidup? Hati-hati, jangan terlalu lama melihatnya, ya!

Kalau menurut kalian sendiri, apa band ber-umlaut favorit yang tidak ada di daftar ini? Coba tulis dan jelaskan, di kolom komentar, ya!

0 COMMENTS