Irama Pantai Selatan

Irama Pantai Selatan Senandungkan Single Ketiga dari Album Perdana

  • By: NND
  • Jumat, 7 June 2019
  • 284 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Duo folk lokal, Irama Pantai Selatan, telah resmi merilis single ketiga mereka, "Pulang", yang diambil dari album debutnya, berjudul Dendang Samudra. Menyambangi makna yang dipegang oleh "Pulang", trek tersebut ditulis tentang seorang awak kapal yang akhirnya pulang ke rumah untuk bertemu kembali dengan kedua orang tuanya setelah bertahun-tahun terpisah akibat merantau.

Mengingat pesan yang diangkat, itulah sebabnya nomor ini dirilis seiring dengan musim mudik yang selalu hadir di bulan Ramadhan ini. Menurut Irama Pantai Selatan, lagu ini memiliki relevansi dan keterikatan dengan perasaan orang-orang yang sedang melalui perjalanan mudik, untuk pulang ke rumah dan bertemu sanak keluarga mereka.

Artwork dari single merupakan sebuah visualisasi yang terinspirasi dari seniman visual asal negara sakura, Hiroshi Nagai. Dikerjakan oleh Sigit Ezra, satu dari dua orang di dalam Irama Pantai Selatan. Melalui trek ini, mereka mencoba menggunakan pendekatan yang lebih sederhana ketimbang artwork yang dipeluk pada materi-materi sebelumnya. Kapal ferry yang dihadirkan dalam artwork tersebut digambarkan sebagai awak kapal yang sedang dalam perjalanan pulang ke rumahnya—sebagaimana pesan dari lagu tersebut.

Pertemuan ulang Sigit Ezra dan Arief Fauzan, kedua teman yang sudah lama tidak saling jumpa, pada akhir tahun 2017 menjadi sulut dari berdirinya Irama Pantai Selatan. Keduanya mengusung musik yang disebut mereka sebagai "maritim folk"—di mana ukulele, nada-nada menyiur dan mendayu, serta harmonisasi vokal dari keduanya, macam the Beach Boys, menjadi senjata andalan mereka dalam menggagas sebuah karya.

Dengarkan single ketiga dan terbaru dari Irama Pantai Selatan, "Pulang", dari album debut mereka, Dendang Sumdra, melalui video di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
202 views
superbuzz
391 views
superbuzz
384 views
superbuzz
392 views