csd 2019

Isi Weekend Lo dengan Cassette Store Day 2019!

  • By: NND
  • Kamis, 10 October 2019
  • 554 Views
  • 5 Likes
  • 4 Shares

Cassette Store Day (CSD) merupakan sebuah hari peringatan internasional untuk membudidayakan kaset pita sebagai sebuah format musik. Awalnya digelar pada tahun 2013, ia resmi dimulai pada tanggal 7 September. Sekarang, menapak masuk dalam usia ke-7, CSD 2019 resmi jatuh pada tanggal 12 Oktober mendatang—tepatnya di hari Sabtu besok.

Menilik kembali sejarahnya, CSD diprakarsai di Inggris oleh beberapa label rekaman independen; yakni Sexbeat, Suplex Cassettes, dan Kissability. Semenjak itu, CSD sudah berhasil merambah menjadi sebuah gerakan yang masif hingga meliputi hampir satu dunia. Perkembangan yang cepat itu mengambil rupa perayaan serupa di negara-negara lain macam Amerika, Eropa, Jepang, China, Australia, dan New Zealand. Tak jauh berbeda dengan Records Store Day (RSD), sudah seperti sebuah tradisi bahwa akan ada beberapa rilisan eksklusif yang dilepas pada hari perayaan ini.

DJ Jen Long—dalam tulisannya di NME pada Juli 2013—menjelaskan bagaimana ia berkolaborasi dengan Steven Rose dari Sexbeat Records dan Matt Flag dari Suplex Cassettes untuk menggelar CSD yang pertama, di Inggris, kala itu.

“Tidak seperti RSD, tujuan utama CSD bukanlah untuk memberi support kepada toko-toko musik, namun lebih berperan untuk merayakan format kaset yang memang seperti dihidupkan kembali dalam beberapa waktu belakangan ini. Saya bisa membayangkan lingkaran pertamanan saya di luar lingkaran independen ini mencibir, ‘hipster banget dia!’ Tapi ini bukan soal keren-kerenan bernostalgia belaka. Kaset menjadi relevan kembali dan masuk akal, tidak hanya dalam iklim ekonomi, tapi juga dalam musik; maka dari itu, perlu rasanya diadakan hari perayaan ini,” terangnya dalam tulisannya itu.

Di Indonesia sendiri, @Cassettestoredayjakarta menjadi salah satu penggerak yang paling prominen dalam merayakan hari kaset sedunia ini. Dimeriahkan oleh penampilan dari Jeslla, Tanayu, Rull Darwis, Gulf Of Meru, serta Harlan Boer x Bangkutaman; lalu asupan musik dari para selektor macam Acum, Djoha (Fever Soundsytem), dan Kumyka; hingga talkshow dan penampilan modular synth dari Henry Foundation dan Firzi O—CSD Jakarta 2019 akan digelar di Pan Head, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Tidak pas rasanya berbicara CSD tanpa adanya rilisan eksklusif. Untuk itu, mereka sudah menyiapkan segudang rilisan yang khusus mengudara pada gelaran tersebut. Tercantum nama-nama dari Rumahsakit, Jimi Jazz, Moon for Sun, Zul Muchasin, Tanayu, dan Jeslla. Tentunya, masih banyak lagi rilisan-rilisan lain yang seru dan menarik.

Untuk info lengkap terkait acara tersebut, kalian bisa langsung kunjungi akun Instagram resmi mereka di @cassettestoredayjakarta.

Nah, udah siap merogoh kocek untuk jajan-jajan kaset belum di weekend ini? Selamat berburu, Superfriends!

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

@upontheroof.selecta presents : Cassette Store Day 2019 Saturday, 12 October 2019, From 12.00 - 22.00 WIB. At Rooftop @panhead.jkt Jalan Radio Dalam Raya No.191, Jakarta. FREE! Performers : @jeslla.id @tanayudjanuismadi @rulldarwis @gulfofmeru @harlan_boer x @bangkutaman_id DJs : @iqbaldjoha @feversoundsystem @wahyuacum @gila_vinyl @bckwrds @kumyka Cassette Stores : @bombayrecords @bonoken75 @hellasrecs & @denses.record @heyfolksshop @jackmusicandfriends @jajankaset @langensrawarecords @vinyl_piringanhitamcorps @senengsenengstore @svara.records @toko.roetjitra @valourmusic Supported by : @panhead.jkt @audiotechnica_id @polkysound @srmbands @feversoundsystem @gila_vinyl

A post shared by Cassette Store Day Jakarta (@cassettestoredayjakarta) on

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
598 views
superbuzz
2720 views