Jack White’s Third Man Records Buka Vinyl Pressing Plant Baru di Detroit

  • By: LS
  • Rabu, 25 November 2015
  • 1388 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Label rekaman Third Man Records bakal membuka vinyl pressing plant mereka sendiri di Detroit. Ini merupakan vinyl pressing plant baru yang pertama semenjak tahun 1960-an di kota ini. Kebutuhan pressing vinyl yang kian meningkat jelas menjadi alasan rencana yang dilakukan oleh Third Man Records ini. Bagaimana tidak, Jack White, merupakan salah satu musisi yang melakukan pressing vinyl lebih sering dari siapapun, bersamaan dengan Daft Punk dan Radiohead.

Ben Blackwell dari Third Man Records sebelumnya menyatakan keresahannya tentang kurangnya vinyl pressing plant saat ini kepada Pitchfork. Blunderbuss (Jack White) terjual 70 sampai 80.000 buah. Itu cuma angka dari lima tahun yang lalu, yang bakal membuat otak meledak. Sekarang, Daft Punk, Vampire Weekend, Queens of the Stone Age masing-masing memiliki penjualan vinyl minggu pertama sebanyak 15, 20, 30.000 – shit like that,” cetus Blackwell.

[bacajuga]

Saat ini terdapat sekitar 20 perusahaan vinyl pressing plant yang masih beroperasi di Amerika Serikat. Menurut Blackwell, orang-orang yang bisa menjalankan vinyl pressing plant tidak lah banyak. Ada kesulitan teknikal yang menjadi kendala untuk memulai perusahaan vinyl pressing plant baru.

Dengan memiliki vinyl pressing plant sendiri, Third Man Record yang bekerjasama dengan musisi-musisi lokal yang audiensnya lebih kecil, akan lebih mudah melakukan produksi. “Bagian dari perhatian di dunia ini adalah vinyl bisa dengan mudah menjadi hal eksklusif… Tapi, ini akan menjadi lebih mudah untuk band punk kecil yang mau membuat 300 keping vinyl 7?” ujar Blackwell.

Foto: pittsburghmagazine.com, thirdmanrecords.com, pastemagazine.com

 

0 COMMENTS