Jajaran Musisi yang Pensiun dari Panggung di Tahun 2018

  • By: NTP
  • Minggu, 4 March 2018
  • 3132 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Band dan musisi yang ingin menyudahi kariernya memiliki beberapa pilihan; pensiun tanpa perpisahan, atau undur diri setelah menggelar tur terakhir. Tahun ini, beberapa nama besar mengikuti jejak KISS, Led Zeppelin, Mötley Crüe dan Black Sabbath dengan mengakhiri karier panggung lewat tur.

Rentetan pengumuman pensiun dan jadwal tur perpisahan telah dimulai sejak akhir tahun lalu. Beberapa nama ini adalah musisi dan band kawakan yang memiliki penggemar di seantero dunia. Tak mengherankan jika beberapa nama memang menggelar tur perpisahan global. Berikut adalah band dan musisi yang mundur permanen dari panggung musik:

Elton John

Musisi serba bisa dan pencipta lagu yang terkenal dengan gaya glamornya ini akan menutup kariernya dengan cara serupa. John dijadwalkan akan tampil dalam rangkaian tur  Farewell Brick Road Tour sepanjang 300 kota selama tiga tahun. Tur ini dimulai pada September mendatang.

John mengaku ia akan menyudahi karier musiknya setelah tur tersebut selesai.

“Saya bukan Cher walau saya suka memakai gaunnya. Setelah ini, semuanya usai sudah. Saya akan menghabiskan masa pensiun untuk mengantar putra saya ke akademi sepak bola, hal ini sangat penting,” ujar John.

Ozzy Osbourne

Walau menggelar tur perpisahan, Ozzy mengaku tidak akan pensiun dari dunia musik. Setelah menutup babak karier Black Sabbath tahun lalu, Ozzy menyatakan bahwa tur perpisahannya di Amerika Utara berarti ia tidak akan menggelar tur lagi.

Pangeran Kegelapan asal Birmingham ini akan tetap merilis album, dan akan tetap tampil untuk gelaran besar, “kecuali Coachella,” imbuh Ozzy. Tur perpisahan Ozzy dimulai pada Agustus mendatang dan akan berakhir pada 2020.

“Saya hanya pensiun menggelar tur dunia, tapi saya tetap berada di dunia musik,” ucap Ozzy.

Paul Simon

Simon memutuskan untuk pensiun setelah Vincent N'guini, sahabat dan gitarisnya, berpulang pada Desember lalu. Vokalis berusia 76 tahu ini akhirnya memutuskan pensiun setelah melakukan pertimbangan selama bertahun-tahun. Tur perpisahan Simon dimulai di Hyde Park, London, Inggris pada Mei mendatang dan berakhir di bulan Juni, bertempat di AS.

“Saya merasa tergoncang, bersemangat sekaligus lega. Saya suka bermain musik, vokal saya masih bertenaga, band saya pun terdiri dari musisi yang luar biasa berbakat. Saya terus menerus memikirkan soal musik,” cuit Simon di akun Twitternya, 5 Februari lalu.

Soft Cell

Duo synth-pop Soft Cell akan menutup karier mereka dengan konser pamungkas, pada 30 September di O2 Arena, London. Konser ini hampir bertepatan dengan ulang tahun album seminal Non-Stop Erotic Cabaret, yang dirilis pada November 1981.

Konser ini adalah penampilan pertama Soft Cell selama 15 tahun terakhir. Menurut Marc Almond (vokal) menyatakan bahwa konser ini adalah “perpisahan yang tepat.”

“Saya selalu merasa ada urusan yang belum selesai bersama Soft Cell. Konser pamungkas itu akan menjadi penutup terbaik, sebuah pernyataan dan pelepasan, sekaligus ucapan terima kasih bagi tiap penggemar,” pungkas Almond.

Lynyrd Skynyrd

Empat puluh tahun setelah album perdana Pronounced 'Lĕh-'nérd 'Skin-'nérd, Lynyrd Skynyrd akan menutup babak musik, dimulai pada Mei mendatang. Grup asal Alabama, AS, ini akan menggelar tur di Eropa dan AS.

Gitaris dan satu-satunya personel asli Lynyrd Skynyrd, Gary Rossington meminta para penggemar menanggapi tur perpisahan ini sebagai “istirahat bertahap.” Salah satu faktor terbesar tur ini digelar adalah kesehatannya yang semakin menurun. Beberapa penampilan Skynyrd bahkan harus ditunda lantaran kondisi jantung Rossington.

“Pastinya kami akan beristirahat setelah tur perpisahan ini selesai, itu rencananya. Setelah itu, siapa yang tahu? Saya tidak tahu apakah band ini akan berakhir, tapi langkah menuju ke titik itu dimulai dari sini,” papar Rossington.

Slayer

Berbeda dengan nama-nama sebelumnya, Slayer tidak mengumumkan tur perpisahan secara eksplisit. Bahkan, para personel asli seperti Kerry King dan Tom Araya pun belum berkomentar apapun soal tur ini. Slayer baru merilis video pendek bertuliskan “The end is near.”

Walau demikian, beberapa pihak seperti gitaris Gary Holt menolak berkomentar, baru Ayesha King (istri Kerry), yang menyatakan suaminya akan tetap merilis album jika Slayer benar-benar berakhir. Hingga saat ini Slayer baru merilis jadwal tur AS mereka, belum diketahui apakah kuartet Big Four ini akan menggelar tur perpisahan global. Konser terakhir Slayer di AS jatuh pada 20 Juni mendatang  di Austin, Texas.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
268 views
superbuzz
2602 views
superbuzz
461 views
superbuzz
1876 views

5 Reuni Band Rock Terlaris