James Hetfield Mengaku Tak Setuju dengan Arah Musik Album 'Load' dan 'Reload'

  • By: NTP
  • Jumat, 8 December 2017
  • 3092 Views
  • 0 Likes
  • 2 Shares

Masa pasang surut agaknya tidak bisa dihindari oleh band manapun. Kuartet thrash metal legendaris, Metallica sempat mengalami ini pada periode 90-an, saat merilis Load (1996) dan Reload (1997). Usaha Metallica meraih pasar pendengar yang lebih besar membuat mereka ditinggalkan penggemar lama karena perubahan sound ke arah hard rock.

Pada wawancara dengan Clash Magazine, 22 November lalu, James Hetfield menyatakan bahwa ia tidak sepenuhnya setuju dengan arah Load dan Reload. Hetfield merasa berkompromi dengan visi kreatif Lars Ulrich dan Kirk Hammett.

“Rasanya menarik karena kami sebetulnya tengah menciptakan arus utama baru. Kami sudah sangat jujur dengan diri kami sendiri, termasuk berbagai kompromi tersebut. Harus selalu ada kompromi, khususnya di dalam band berisi empat orang. Ada dua orang yang menyetir band ini, saya dan Lars, jadi ketika kami tidak sepakat, harus ada kompromi yang tercapai,” ujar Hetfield.

[bacajuga]

“Sejauh ini ada beberapa hal yang terasa tidak tepat, saya yakin hal ini sudah terjadi beberapa kali, seperti era Load dan Reload. Bagi saya masa-masa itu rasanya kami telah melakukan kesalahan, saya tidak 100% setuju dengan arah album itu, itulah kompromi di pihak saya. Saya akan mengikuti visi Lars dan Kirk di album ini. Mereka sangat bersemangat akan arah tersebut, maka saya akan mengikutinya karena ketika kami berempat mengerjakannya bersama-sama, maka hasilnya akan lebih bagus.”

“Saya melakukan yang terbaik walaupun hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya. Namun saya tidak menyesal, karena saat itu pilihan kami terasa tepat,” imbuh Hetfield.

Pria berjanggut tebal ini juga menyiratkan bahwa Metallica sebetulnya tidak berencana menyeberang ke industri musik arus utama. Album-album Metallica sepanjang dekade 90-an hingga 2000 kerap dikritik karena berkelok ke arah hard rock dan meninggalkan thrash metal.

Ulrich baru-baru ini juga menyatakan kedua album tersebut awalnya tidak mencapai mufakat. Sementara Hetfield juga merasa jika almarhum Cliff Burton masih hidup, ia akan menentang sound Load dan Reload. Walau demikian, Hetfield tetap merasa musik Metallica terbuka bagi semua orang.

“Ini adalah pesat kami, kamu juga diundang! Semua orang diundang! Ketika kita bisa menerimanya, jadilah bagian dari perjalanan kami. Jika semuanya mulai terasa tidak mengenakkan, kamu bisa pergi kapan saja karena, mudah-mudahan akan selalu ada seseorang yang menikmati dan antusias terhadap proses kreatif kami. Dan kami selalu menerima orang seperti itu,” pungkas Hetfield.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
681 views
superbuzz
1098 views
superbuzz
1837 views
superbuzz
1113 views