Jangar Angkat Sejarah Kelam Indonesia Lewat Singel Pertama ‘Gestok’

  • By: LS
  • Rabu, 23 March 2016
  • 2435 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Pembantaian manusia yang terjadi setelah peristiwa Gerakan 30 September (G30S) atau dikenal pula dengan sebutan Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) dan Gestok (Gerakan Satu Oktober), merupakan sejarah kelam yang tidak bisa luput dari tubuh Indonesia. Setelah Partai Komunis Indonesia (PKI) dituduh sebagai pelaku G30S pada tahun 1965, lebih dari satu juta orang yang dituduh komunis, etnis Tioghoa, dan intelektual dibunuh dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Peristiwa keji ini sempat menjadi inspirasi sutradara asal Amerika Serikat Joshua Oppenheimer dalam pembuatan Jagal (2012) dan Senyap (2014).

Unit rock asal Bali dengan ngaran Jangar pun mengambil peristiwa tersebut sebagai latar belakang dari salah satu karya mereka. Baru-baru ini Jangar menetaskan singel pertama mereka yang berjudul “Gestok”.

Seperti yang dikutip dari rilis, mereka menyampaikan, “Lirik dari single Gestok terinspirasi dari peristiwa genosida terencana yang terjadi 51 tahun silam, yaitu pembantaian besar-besaran terhadap simpatisan Partai Komunis Indonesia serta organisasi-organisasi dan perkumpulan yang dianggap berafiliasi dengan PKI di seluruh pelosok negeri yang menelan korban lebih dari 3 juta jiwa”.

Band yang beranggotakan Gusten Keniten (vokal), Pasek Darmawaysya (drum), Dewa Adi (gitar) serta Rai Biomantara (bass) ini memperkenalkan “Gestok” sebagai ancang-ancang. Rencananya Jangar bakal merilis album mini dalam format kaset pada April mendatang.

Foto: dok. Jangar

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
18 views
superbuzz
18 views
superbuzz
18 views
superbuzz
18 views
superbuzz
18 views
superbuzz
17 views