javabass soundsystem 20 tahun drum n bass

Javabass Soundsystem, 20 Tahun Konsisten Menggulirkan Drum n Bass di Lantai Dansa Ibu Kota

  • By: NND
  • Selasa, 31 December 2019
  • 668 Views
  • 9 Likes
  • 14 Shares

Berani menyandang gelar "pionir" itu bukanlah sebuah hal yang biasa. Perlu ada aktualisasi yang membelakanginya; tidak bisa sembarang angkat tangan dan mengaku, butuh bukti konkrit yang memperkokoh latarnya. Semua itu–baik aktualisasi berwujud, atau bukti sejarah yang tidak bisa bohong–ada dan membadani gelar "pionir" yang terpajang dalam nama Javabass Soundsystem.

SUPERMUSIC akan mengajak lo berkenalan sama Javabass Soundsystem, dan apa saja yang mereka lakukan. Gambaran ringkasnya, mereka adalah "pioneers and frontrunners of Indonesian drum n bass culture," sebagaimana tertulisnya di laman resminya. Kita pun sepakat, gelar tersebut memang selayaknya bersama mereka.

Tentu banyak dari kalian, terutama yang sudah cukup lama menyelami jagad musik elektronik lokal, sudah pernah mendengar nama ini. Bagi yang belum, mereka adalah entitas yang sudah berdiri sedari akhir tahun 1999. Cukup lama, bukan? Dan dalam 20 tahun pergerakannya di skena musik elektronika lokal, mereka telah berhasil menjadi salah satu, jika tidak yang paling konsisten di antara banyaknya kolektif-kolektif lain yang ada. Menilik gelar mereka itu, sudah cukup terus terang apa yang mereka sajikan: Musik jungle–entah drum n bass, grime, UK garage, dan saudara-saudara lainnya.

Phunktion

Dibadani oleh sosok-sosok besar bawah tanah seperti Jerome, Random, DFMC, OSGD, Muztang, dan lain sebagainya; Javabass Soundsystem berhasil menjadi sebuah wadah yang sudah dikenal luas, party-party mereka telah menjadi go-to paling terpercaya terkait penyajian musik jungle, drum n bass, dan lain sebagainya. Berbicara perkara "party", adalah Phunktion, salah satu "drum n bass night" paling konsisten milik Jakarta, dan Indonesia.

Sebagai salah satu serial party jebolan Javabass, Phunktion dicanangkan sebagai "Jakarta's longest running drum n bass party". Melaluinya, tercatat banyak sejarah pesta-pesta bawah tanah Jakarta–mulai dari klab-klab yang sudah tutup, beberapa DJ internasional, hingga keseruan yang terjadi di setiap gelarannya. Phunktion pertama kali digelar pada tahun 2003, dan hingga tahun 2019 ini, ia masih kerap membuat semua menggila. Gelaran teranyar Phunktion digelar pada September kemarin: Phunktion edisi ke-136. Angka yang sekali lagi menggaris bawahi konsistensi apik Javabass Soundsystem.

Javabass Recordings

Dua dekade perjalanan Javabass tidak hanya membuahkan ajang-ajang bawah tanah yang mampu menjadi rangkuman sejarah musik jungle secara luas di Indonesia. Sebuah karya, logisnya, akan lebih nyata bila memiliki wujud yang kekal; maka terlihat jelas apa jawabannya. Didorong pula oleh kehadiran-kehadiran kolektif drum n bass yang mulai meramaikan kancah elektronika lokal dan memberikan warna-warna baru bagi musik jungle lokal, Javabass pun mendirikan labelnya sendiri circa tahun 2007-2008, Javabass Recording. Melalui label itu mereka hendak "merepresentasikan sebuah ide yang terus relevan meski diuji oleh waktu," sebagaimana tertulis di laman resminya.

Semakin maraknya produser baru yang mulai menggubah musik drum n bass, serta dipondasikan oleh kecintaan mereka terhadap musik yang mereka usung, Javabass Recording menjadi sebuah sarana yang terus menampung dan menyuplai sajian musik jungle yang terkurasi dengan apik kepada publik luas. Nampak sejumlah nama-nama baru turut dirangkul oleh mereka. rilisan-rilisan Javabass Recording pun berlaku bak cornerstone perkembangan musik jungle. Hal inipun kembali memperkuat eksistensi mereka sebagai salah satu kolektif drum n bass yang paling berpengaruh di Indonesia. Sambangi laman Beatport mereka untuk mencicipi jajaran rilisan penuh ragam mereka, mulai dari serial Homegrown, remixes, hingga single-single baru yang patut diwaspadai.

Javabass Podcast

Dewasa ini, podcast menjadi format yang banyak digunakan oleh publik. Sifatnya cukup fleksibel, ia bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan; dan bagi kolektif musik, tak jarang ia didapuk menjadi sarana penyajian musik yang fungsinya 11-12 dengan radio. Itupula yang turut dilakukan oleh Javabass Soundsystem. Menyikapi kemajuan teknologi, Javabass Podcast menjadi salah satu "anak" terbaru kolektif bernafas panjang ini.

Javabass Podcast dibumbui oleh bahasan-bahasan seputar musik drum n bass yang segar–baik itu meliputi iklim skena lokal, musik-musik baru, sejarah, hingga selebihnya. In the background, ekspektasikan trek-trek jungle apik yang sudah terkurasi dengan baik.  Podcast ini sudah mulai dilambungkan dari setahun lalu; hingga sekarang, mereka telah mengantongi 13 episode. Bagi mereka yang hendak menapak masuk ke dunia jungle, Javabass Podcast mampu menjadi asupan yang tepat untuk kalian. Simak keutuhan episode mereka di laman Mixcloud Javabass Soundsystem.

Javabass 20th Anniversary

Kembali ke bahasan usia, 20 tahun itu cukup monumental, dan tentu perlu ada perayaan untuk memperingati hari jadi tersebut. Maka tepat pada tanggal 30 November kemarin, party 20th anniversary Javabass Soundsystem pun resmi digelar di SafeHouse Jakarta. Melaluinya, keutuhan roster Javabass turut menjajah deck dan melepas sebuah perayaan yang panas, intens, dan seru. Adapula sajian visual dari Vulture Syndicate yang menambah pakemnya keseruan malam itu. Selayaknya sebuah momen yang perlu dikenang, Javabass Soundsystem pun turut membuka lapak merch edisi khusus 20 tahun di gelaran tersebut.

Berkarya selama 20 tahun itu tentu mengantongi sejumlah pahit dan manis, namun atas nama musik, semua bisa dilalui dan terus dilalui. Setidaknya, itulah yang nampak dari Javabass Soundsystem. Selain itu, 20 tahun tentunya membutuhkan loyalitas yang kuat. Identitas harus terus dipeluk, dan drum n bass terus mengalir di darah mereka selama 20 tahun, mungkin pula hingga 40 tahun.

"Kita seperti cockroach, nggak bisa punah," ungkap Jerome di podcast teranyar mereka.

Selamat berulang tahun untuk yang ke-20, Javabass, teruslah berkarya!

*Feature photo: sumber

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Edannnn

Info Terkait