jevin julian

Jevin Julian Bahas Sisi Negatif Media Sosial Melalui ‘Ambisi Publikasi’

  • By: NND
  • Minggu, 10 May 2020
  • 231 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Di tengah masa-masa karantina ini, solois muda lokal Jevin Julian kembali merilis sebuah single baru bertajuk “Ambisi Publikasi” yang mengambil inspirasi dari jagad maya dan media sosial. Sebelumnya, pria kelahiran tahun 1991 ini juga telah merilis album self-title debutnya di akhir tahun 2019 kemarin.

Lagu anyar yang resmi rilis pada tanggal 8 Mei 2020 ini juga menjadi pembuka untuk materi album baru berjudul Samsara yang diagendakan akan rilis pada bulan Oktober tahun 2020 ini. Kalian dapat mendengarkannya melalui kanal musik digital pada umumnya, atau menyimak video liriknya yang akan ditayangkan di channel YouTube Jevin, di bawah ini:

Membahas lagu barunya ini, Jevin mendapuk fenomena internet dan media sosial sebagai sumber inspirasinya. Kehidupan era sekarang menggiring situasi nyata di mana konten yang kita unggah ke jagad maya menjadi takaran sentral dalam memahami kita sebagai manusia. Dengan kata lain, mengutip siaran pers single ini, “banyak yang menganggap media sosial (dan internet) itu sudah seperti kehidupa nyata.”

Jevin menulis “Ambisi Publikasi” dengan menakar kepada ambisi-ambisi para manusia kontemporer yang kerap muncul seiring dengan interaksi mereka di internet dan media sosial. Sudah diketahui secara umum bahwa ambisi kita dalam berinteraksi online banyak yang berwujud kebaikan, namun tidak bisa dipungkiri pula bahwa banyak yang menjadi belati bagi manusia lain dan diri sendiri. Contoh virtual bullying, menyebar hoaks, menjatuhkan orang lain, dan lain sebagainya; semua itu sudah menjadi the new normal, dan atas semua itulah lagu ini ditulis.

“Gue pun pernah ngalamin hal ini. Sampe anak kecil yang ngga tau apa apa pun pernah kena,” Ungkapnya lanjut menjelaskan. “Gue rasa, etika, perkataan dalam menggunakan sosial media itu sangat penting, kaya hidup di dunia nyata.Karena kita gatau pengaruh apa yang di dapatkan sang korban. Apakah mempengaruhi mental? Sangat.”

Ditengah masa swakarantina yang mendorong kita untuk lebih aktif di internet, mungkin lagu ini bisa menjadi pengingat yang tepat daya terkait apa saja yang sudah dan akan kita lakukan di sana. Dunia yang serba terhubung memang hadir dengan keuntungan yang hebat, namun di lain sisi, tentu ada tantangan yang juga muncul dan perlu disikapi secara bijak.

0 COMMENTS