John Frusciante ex-RHCP 18 Track Gratis, Bentuk Ekspresi Artistik dari Seorang Musisi

  • By: LS
  • Kamis, 26 November 2015
  • 3725 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Para musisi nampaknya sedang ingin berbaik hati kepada pendengar mereka. Baru saja kemarin Foo Fighters merilis EP Saint Cecilia secara cuma-cuma buat fans, kini giliran mantan gitaris Red Hot Chili Peppers John Frusciante yang melakukan hal nyaris serupa. Melalui akun Bandcamp dan Soundcloud miliknya, ia memberikan kejutan untuk para fans: 18 track gratis.

Kebanyakan track yang Frusciante rilis merupakan materi yang belum pernah dirilis sebelumnya. Ia pun merilis lagu yang melibatkan Omar Rodriguez-Lopez dari At The Drive In/The Mars Volta. Seperti yang dilansir oleh situs NME, delapan dari keseluruhan track yang ia rilis merupakan lagu elektronik yang direkam antara tahun 2009-2011.

[bacajuga]

Mungkin bakal agak membingungkan jika Frusciante tiba-tiba merilis semua lagu gratis ini tanpa pemberitahuan sama sekali. Ya, tentu saja ia menyertakan pesan bersamaan dengan kado spesial untuk para penikmat musik ini. “Memberikan orang-orang musik gratis secara online adalah hal biasa, ini juga menjadi pengingat bahwa ekspresi artistik selalu tentang bagaimana kita memberi, bukan mengambil, atau menjual,” cetus Frusciante.

Ia juga membicarakan bagaimana dirinya memandang musik dan perbedaan antara menjual dengan memberikan musik secara cuma-cuma. “Menjual adalah bagian untuk menghasilkan uang, sedangkan ekspresi artistik adalah bagian dari memberi. Kedua hal ini berbeda satu sama lain dan ini adalah kepercayaan saya bahwa musik harus selalu dibuat karena seseorang mencintai musik, meskipun seseorang memiliki rencana menjualnya atau tidak,” tutur Frusciante.

Selamat menikmati musik gratis dari Frusciante!

Foto: mikepiscitelli.com, consequenceofsound.net, alternativenation.net

 

0 COMMENTS