John Legend

John Legend Raih Penghargaan dari PBB atas Keadilan Sosial

  • By:
  • Jumat, 8 January 2021
  • 282 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Selain dikenal melalui karyanya, tidak jarang musisi juga dikenal melalui pergerakannya dalam meningkatkan kondisi sosial bagi seluruh orang di dunia. Salah satu musisi yang dikenal mengusung pergerakan tersebut adalah John Legend. Musisi dan produser beraliran R&B ini baru saja mendapatkan sebuah penghargaan High Note Global Prize dari Persatuan Bangsa-Bangsa atau PBB. 

Penghargaan yang dinobatkan PBB untuk John Legend tersebut merupakan penghargaan tertinggi kedua di dalam organisasi tersebut. High Note Global Prize merupakan sebuah penghargaan yang mengakui segala bentuk pencapaian John Legend di dalam industri musik serta aktivitasnya sebagai salah satu figur yang memperjuangkan keadilan sosial di seluruh dunia. 

Dalam pidato yang diungkapkan oleh John Legend terkait penerimaan penghargaan High Note Global Prize dari PBB, dirinya mengakui bahwa musik memiliki peran dan kekuatan yang besar untuk dapat menginspirasi dan memengaruhi banyak orang. John Legend juga mendukung pernyataannya dengan percaya bahwa musik dapat menyatukan hati dari satu manusia ke manusia lainnya untuk dapat menyuarakan sebuah perasaan yang mungkin belum pernah diungkapkan. John Legend juga mengungkapkan bahwa musisi memiliki keterkaitan yang mengakar dengan sejarah tentang aktivisme. Menurutnya, musisi memiliki sebuah kesempatan yang unik dalam mengungkapkan pandangan tentang dunia tanpa harus terbentur dengan tembok-tembok politik di dunia.

Menurut John Legend, penghargaan yang didapatnya dari PBB tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri. Namun juga jadi sebuah harapan baru bagi para musisi dan aktivis di luar sana yang perjuangannya lambat laun mulai diakui dan didukung oleh organisasi dengan skala dunia. John Legend juga menambahkan, tanpa ide dan semangat dari para musisi dan aktivis yang lebih dulu memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan sosial, suaranya mungkin tidak akan didengar dan mampu teramplifikasi dengan baik seperti saat ini. Dirinya pun berharap dengan mendapatkan penghargaan High Note Global Prize, John Legend mampu terus berkomitmen untuk tetap menjaga misi utamanya dalam menghadirkan kesejahteraan sosial di seluruh dunia.

Selama lebih dari 20 tahun kariernya menjadi seorang musisi, John Legend kerap kali diasosiasikan dengan pergerakan yang mendukung soal kesejahteraan dan keadilan sosial. Salah satu contohnya hadir di tahun 2007. Kala itu John Legend membuat sebuah kampanye guna menyuarakan peningkatan akses edukasi yang lebih mudah dan menyentuh setiap kalangan melalui Show Me Campaign. Selanjutnya, John Legend juga aktif di kegiatan aktivisme yang dilakukan oleh Bail Project. 

Bail Project merupakan salah satu dari banyaknya kegiatan aktivisme yang dilakukan oleh John Legend dengan tujuan memberi kemudahan bagi para mantan narapidana untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara memodifikasi regulasi tentang catatan kriminal di masa lampau. Untuk kegiatan terkini, John Legend sedang menyuarakan kampanye #FreeAmerika yang bertujuan agar para pemegang jabatan di negara Amerika Serikat mau melakukan reformasi secara besar-besaran terhadap aspek keadilan di ranah sipil. 

Mendapatkan penghargaan High Note Global Prize bukanlah kali pertama John Legend bersinggungan dengan PBB. Pada tahun 2016, John Legend sempat menanda tangani sebuah surat protes untuk Sekjen PBB, Ban Ki-Moon. Surat yang ditanda tangani oleh John Legend tersebut berisi tentang harapan dirinya bersama Richard Branson, Jane Fonda and George Shultz terkait hukuman kriminal dari para terdakwa kasus narkotika untuk lebih dapat ditegakkan dengan cara yang lebih manusiawi. Di tahun 2017, John Legend juga membantu renovasi sebuah auditorium untuk Springfield City School District dengan memberikan donasi sebesar 500.000 dolar Amerika Serikat. Aksi yang dilakukan oleh John Legend untuk membantu Springfield City School District bukanlah kali pertama. Mundur ke tahun 2005, John Legend juga sempat membuat sebuah konser amal yang dananya disalurkan agar dapat membayar denda pajak untuk Springfield City School District.

Penghargaan yang John Legend raih di tahun 2020 menambah rekam jejak yang telah dilakukannya selama berada di masa pandemi. Pada bulan Juni 2020 John Legend juga sempat merilis album ketujuhnya berjudul Bigger Love dan berhasil mendapatkan nominasi untuk kategori Best R&B Album untuk ajang Grammy Awards. Proses pengerjaan album Bigger Love dimulai oleh John Legend sejak tahun 2019. Namun, dirinya baru berhasil merampungkan materi dan proses rekamannya pada bulan Februari 2020. Rilis di bulan Juni 2020, John Legend berharap album terbarunya tersebut bisa jadi sebuah penyemangat di tengah duka yang tengah dialami oleh banyak orang yang ikut serta dalam protes terhadap kematian George Floyd. Pasalnya, unjuk rasa yang dilakukan oleh hampir seluruh warga Amerika Serikat tersebut terjadi di minggu awal perilisan album ketujuh dari John Legend ini.

Pada bulan Desember lalu juga John Legend ikut serta dalam acara Global Citizen Prize dengan bertindak sebagai seorang host dan juga penampil pada acara penghargaan tersebut. Global Citizen Prize merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang penting yang memiliki misi untuk menyudahi kemiskinan dan membuktikan melalui berbagai aspek di bidang pekerjaannya. Untuk acara penghargaan tersebut, John Legend memandu acara yang menampilkan penampilan dari Gwen Stefani, Alessia Cara, Carrie Underwood, Common, JoJo, Tori Kelly, John Oliver, Nick Jonas, Priyanka Chopra Jonas, dan Nikolaj Coster-Waldau. Global Citizen Award yang dipandu oleh John Legend pada bulan Desember lalu akan menganugerahi nama-nama seperti, Bryan Stevenson, Sir Elton John, Temie Giwa-Tubosun, Ursula von der Leyen, Warren Buffett, Sesame Workshop, dan para pendiri dari gerakan aktivisme Black Lives Matter.

0 COMMENTS